Top

7 Tips Foto Keluarga Biar Jadi Family Goals

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

29 Des 2022

  |  

Edukasi

Tidak hanya untuk kenang-kenangan, foto keluarga ternyata juga penting untuk mempererat tali kasih antara anak dan orang tua, biar jadi family goals. Dilansir dari platform kiddipedia, seorang pakar parenting berpendapat:

“Dokumentasi dalam bentuk gambar (potret) memungkinkan anak-anak mengembangkan kesadaran diri melalui dorongan perasaan mereka; dan menumbuhkan perasaan cinta serta memiliki di luar kehadiran fisik mereka.”

Foto yang terlihat berkualitas dan menawan tentu akan menjadi kenangan yang indah bagi seluruh anggota keluarga. Saat si kecil beranjak dewasa dan melihat kembali foto keluarganya, pasti ia akan merasakan kembali kasih sayang dari kedua orangnya.

Anda sendiri pasti pernah juga bukan, melihat foto Anda di masa kecil bersama orang tua sambil tersenyum-senyum bahagia? Bagaimana agar foto yang dihasilkan menjadi terlihat lebih menawan dan berkualitas, sehingga menarik untuk disimpan di album foto atau bahkan dipajang di rumah?

Ayah dan Bunda, silakan menyimak tips berikut ini!

1. Memilih Latar Belakang yang Simpel dan Berwarna Terang

Agar foto terlihat lebih jelas dan menarik, Ayah dan Bunda bisa memilih latar belakang yang berwarna terang, misalnya putih, kuning, biru langit yang cenderung lembut dan putih, serta warna terang lainnya. Saat berfoto, hindarilah benda-benda berwarna gelap berada di belakang Anda untuk hasil yang lebih baik.

2. Buat Si Kecil Gembira

Ayah dan Bunda tentu sudah tahu bagaimana cara membuat si kecil bahagia sehingga wajahnya terlihat ceria, misalnya dengan memberikan hadiah mainan kesukaan, memasakkan makanan favorit, diajak menonton film kesukaan dan lainnya. Setelah itu, Ayah dan Bunda bisa melakukan foto bersama. Pasti pancaran kebahagiaan dari si kecil akan terlihat lebih tulus dan berseri.

Agar si kecil memancarkan ekspresi wajah yang cerita, Ayah dan Bunda bisa mengajaknya bernyanyi sebelum mengambil gambar. Ajak ia bernyanyi lagu di bawah ini! Pasti ia akan tersenyum bahagia.

3. Manfaatkan Aksesori dan Kenakan Kostum yang Seragam

Ayah dan Bunda bisa mengenakan aksesori dan pakaian yang seragam sehingga terlihat kompak, lebih catchy, dan terasa family goals. Kostum yang bisa menjadi pilihan antara lain topi, kaos, sepatu, dan lainnya.

Aksesoris yang bisa Anda pegang atau gunakan misalnya:

  • Buku (untuk membuat adegan membaca buku bersama).
  • Ponsel pintar (untuk membuat adegan bermain ponsel pintar bersama).
  • Alat makan dan aneka makanan (untuk membuat adegan makan bersama).

Foto yang dihasilkan pasti akan sebagus model-model anggota keluarga yang berfoto bersama.

4. Foto Candid

Foto candid adalah istilah dari cara mengambil gambar secara tersembunyi. Keistimewaan dari foto candid adalah ekspresi wajah terlihat lebih spontan dan alami. Ayah dan Bunda bisa mengambil gambar saat si kecil sedang ngambek, sedang tertidur pulas, atau sedang tersenyum berseri. Gaya saat difoto bak pemain sinetron bisa Anda hasilkan di momen yang tepat dengan foto candid

Agar foto candid dengan hasil yang berkualitas bisa diambil sewaktu-waktu, tentu saja Anda harus siapkan kamera Anda setiap saat.

5. Manfaatkan Pencahayaan Alami

Sinar matahari adalah pencahayaan yang terbaik saat berfoto ria. Namun, tentu saja cahaya matahari tidak boleh secara langsung mengenai wajah, karena bisa menghasilkan gambar wajah yang terlalu menyilaukan dan terkadang menghasilkan bayangan yang terlihat sangat gelap.

Cuaca berawan adalah saat yang baik untuk mengambil gambar di alam bebas, karena awan akan membuat cahaya tidak terlalu menyilaukan, cenderung lembut, dan bahkan akan menghasilkan warna yang menawan. Bayangan yang dihasilkan pada saat berfoto juga akan lebih lembut dan sedikit. Oh iya, ada satu cara lagi untuk meredam cahaya yang terlalu terang, yaitu dengan berfoto di bawah pohon yang rindang.

5. Manfaatkan Tripod

Tripod adalah salah satu properti penting pada saat berfoto bersama keluarga. Mengambil gambar dengan memanfaatkan tripod akan menghasilkan gambar yang lebih stabil. Sedangkan bila kita mengambil gambar dengan menggunakan kedua tangan terkadang tangan kita bergerak atau bergetar (gemetar) secara tidak sadar.

6. Gaya Alami Anak-anak Lebih Menggemaskan

Saat berfoto ria mungkin terkadang Ayah dan Bunda menginstruksikan kepada anak-anak untuk bergaya sesuai dengan keinginan Anda. Padahal ekspresi polos dari anak-anak justru akan terlihat lebih menggemaskan. Ekspresi polos dan lucu dari anak-anak hanya bisa didapatkan saat Anda membiarkan si kecil berekspresi secara mandiri tanpa ada unsur paksaan.

Bermain gim adalah salah satu momen yang bisa membuat si kecil bahagia. Silakan ajak si kecil bermain gim keren, lucu, dan edukatif di bawah ini, lalu ambil gambarnya saat ia tersenyum ceria!

7. Tunjukkan Keharmonisan dan Keakraban Keluarga Anda

Agar keharmonisan dan keakraban di dalam keluarga lebih terlihat nyata, saat berfoto Anda bisa mengajak si kecil mengobrol, mengatakan sesuatu yang bisa membuat si kecil tersenyum, atau melakukan sesuatu yang bisa membuatnya tertawa. Gambar yang dihasilkan pasti akan lebih indah karena ada pancaran kebahagiaan yang alami.

Bagi Anda yang gemar berfoto ria bersama keluarga, pasti tidak akan menyia-nyiakan event istimewa yang diadakan oleh Educa Studio di kala liburan tahun ini. Perusahaan penghasil ratusan aplikasi gim dan video dongeng edukasi terbesar di Indonesia ini mengadakan "Holiday Photo Competition". Kompetisi berfoto bersama keluarga saat liburan ini akan memperebutkan hadiah yang menarik. Cukup post foto atau video keseruan orang tua atau wali bersama anak menggunakan aplikasi Marbel Pelajaran TK dan Paud atau Riri, Cerita Anak Interaktif atau Kabi (Kisah Nabi) di Instagram feed. Info selengkapnya silakan klik gambar di bawah ini.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda yang sedang menikmati masa liburan bersama si kecil. Jangan lupa mengabadikan momen-momen seru dan indah, agar menjadi kenangan yang mengesankan. Selamat mencoba!

Baca juga:

9 Kegiatan Harian Anak yang Seru dan Mencerdaskan

6 Tips Mengembangkan Keterampilan Berwirausaha bagi Sang Buah Hati


Sumber Referensi:

1. Kiddipedia. (2022). 4 reasons why family portraits are important for a childs development [1]

2. Freepik. (2022). Asian grandmother happy using smartphone taking selfie photo [2]

3. Freepik. (2022). Asian family enjoy cooking salad showing bell pepper together [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.