Top

7 Ide Resolusi Sederhana Demi Keluarga yang Sejahtera dan Bahagia di Tahun Baru 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

29 Des 2022

  |  

Edukasi

Demi mewujudkan keluarga yang semakin rukun, bahagia, dan sejahtera, Ayah dan Bunda perlu membuat resolusi di tahun yang baru, yaitu tahun 2023. Mengapa? Dilansir dari parentingthemodernfamily.com, seorang pakar parenting mengatakan:

"Membuat resolusi tahun baru keluarga memungkinkan orang tua modern untuk fokus kembali, mengevaluasi kembali, dan menyempurnakan rencana pengasuhan mereka."

Setiap orang tua, tentu mengharapkan keluarganya menjadi semakin baik, semakin bahagia, semakin bersemangat, dan aneka harapan lain yang membuat kehidupan berkeluarga menjadi lebih indah. Itulah mengapa setiap awal tahun baru, Ayah dan Bunda perlu menyusun aneka resolusi yang penting dan mudah untuk dicapai. Inilah beberapa resolusi yang bisa Anda pilih!

1. Memperbanyak Relasi dan Pergaulan yang Positif

Keberhasilan suatu rencana kerja Anda sangat ditentukan oleh keterampilan Anda dalam berteman dan berelasi. Pada era digital seperti sekarang, setiap orang tidak bisa bekerja secara individu. Semakin banyak relasi maka akan semakin terbuka banyak kesempatan untuk membuka pintu rezeki. 

Temukan relasi atau teman-teman baru di tempat yang positif, misalnya di lingkungan komunitas keagamaan, komunitas sosial, atau komunitas lain yang memiliki visi dan misi mulia dan sesuai dengan passion Anda. Media sosial juga bisa menjadi sarana untuk berkenalan dengan teman-teman yang baru. Bila anda ingin berkenalan melalui media sosial pastikan teman baru Anda tersebut memiliki rekam jejak yang baik atau direkomendasikan oleh teman yang Anda percaya.

Untuk memperluas relasi dan mengembangkan keterampilan bersosialisasi anak, Ayah dan Bunda bisa mengajaknya bermain dengan teman sebaya di lingkungan tempat tinggal. Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil mengunjungi tempat tinggal rekan kerja atau kerabat dekat agar terbiasa berkenalan dengan orang baru.

2. Memiliki Pola Hidup Sehat

Pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga bisa makan tepat waktu, memiliki waktu beristirahat yang cukup, melakukan olahraga, dan menjaga asupan gizi makanan yang dikonsumsi. 

Hal terpenting agar tubuh tetap sehat adalah mengurangi asupan gula dan garam yang berlebihan. Bila kadar gula dan garam yang dikonsumsi Ayah dan Bunda serta si kecil tidak berlebihan, Anda dan seluruh anggota keluarga akan menjadi lebih sehat, semakin produktif, dan semangat dalam beraktivitas.

Aktivitas menggosok gigi adalah salah satu cara menjaga kesehatan badan. Ayah dan Bunda bisa mengajarkan cara menggosok gigi yang baik dengan lagu di bawah ini!

3. Menata Rumah agar Bersih, Rapi, dan Tertata

Rumah yang bersih, rapi, dan tertata akan membuat pikiran menjadi lebih positif dan jernih. Karena Anda tidak perlu bingung untuk menemukan barang-barang penting yang Anda butuhkan. 

Bila perlu, Anda bisa menata ulang ruangan dan setiap sudut rumah dengan formasi dan dekorasi yang baru. Manfaatnya adalah supaya Anda memiliki suasana rumah dan semangat hati yang baru, serta membantu mengatasi kebosanan saat berada di rumah. Si kecil pasti juga akan merasa senang melihat keadaan dan suasana interior rumah yang baru.

Ajarkan cara menjaga kebersihan lingkungan kepada si kecil dengan media dongeng, yuk! Silakan ajak ia menonton video di bawah ini!

4. Belajar Aneka Keterampilan yang Baru

Era digital membuat ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Banyak perusahaan-perusahaan memproduksi aplikasi, software, buku, dan media lain yang penting untuk dikuasai demi meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Ayah dan Bunda perlu menjadi seorang pembelajar abadi agar tetap survive di era teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang. Jangan lelah dan bosan untuk menguasai aneka keterampilan baru yang akan sangat berguna dalam dunia kerja.

Anda juga bisa memanfaatkan aneka keterampilan yang Anda kuasai untuk diajarkan kepada sang buah hati. Bagaimanapun, Si kecil juga perlu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan aneka bakat dan keterampilanya. Semakin banyak keterampilan yang Anda kuasai, semakin banyak juga keterampilan yang bisa diajarkan kepada anak. Semakin banyak keterampilan yang ia kuasai, semakin terbuka kesempatan bagi sang buah hati untuk meraih prestasi. Ia juga akan semakin tumbuh menjadi anak yang semakin cerdas dan percaya diri dengan aneka keterampilan yang dikuasai.

Selain mengembangkan keterampilan baru, Ayah dan Bunda perlu mengajarkan pendidikan karakter kepada anak sejak dini, supaya di tahun yang baru ia makin tumbuh menjadi anak yang baik dan berhati mulia. Ajak si kecil mentonton video "Kabi", ada banyak koleksi cerita tentang "Kisah Nabi".

5. Semakin Bijaksana Mengatur Keuangan

Ayah dan Bunda perlu mengatur skala prioritas barang-barang yang benar-benar dibutuhkan untuk dibeli dan dikonsumsi. Meskipun berita tentang badai resesi yang mungkin menerjang bangsa kita belum tentu terjamin kebenarannya, tapi hal ini perlu tetap diwaspadai. Anda perlu menyimpan dana darurat atau berinvestasi sebagai jaminan hidup yang sejahtera di hari tua.

Semakin dewasa usia anak, kebutuhan yang perlu ia penuhi juga akan semakin beragam, terutama untuk biaya pendidikan, kesehatan, serta kebutuhan harian. Hindari gaya hidup yang mengarah pada pemborosan dengan membiasakan diri hidup hemat. Jangan lupa untuk menabung juga ya, Ayah dan Bunda.

Bila Ayah dan Bunda ingin mengajarkan dan mengembangkan keterampilan literasi keuangan bagi sang buah hati, silakan disimak artikel berikut ini.

6. Semakin Mampu Bersyukur dan Berbahagia

Ayah dan Bunda memiliki kehidupan keluarga sendiri. Hindari perasaan iri saat melihat kehidupan keluarga lain, terutama pada tetangga Anda. Syukuri setiap orang yang masih peduli dan mengasihi Anda, harta benda yang Anda miliki, dan kesehatan yang masih tetap terjaga dengan baik. 

Ayah dan Bunda bisa mengucapkan setiap rasa syukur di dalam doa-doa Anda atau ungkapkan setiap rasa syukur di dalam perkataan atau cukup di dalam hati Anda, demi membangun suasana hati yang selalu gembira.

7. Meningkatkan Rasa Cinta Diri

Rasa cinta pada diri sendiri akan membuat hidup menjadi lebih bahagia dan membuat kesehatan mental Anda tetap terjaga. Tingkatkan ketekunan dalam mempelajari serta mencoba hal-hal baru dan yang sesuai dengan minat serta potensi diri, sehingga bisa meningkatkan kualitas pribadi.

Walaupun Anda disibukkan dengan aneka aktivitas dan pekerjaan, luangkan waktu untuk melakukan me time, dengan cara melakukan rerkreasi, merawat diri, atau menyalurkan hobi. Semakin Anda mencintai diri Anda sendiri, Anda akan semakin mudah mencintai si kecil, seluruh anggota keluarga, dan orang-orang terkasih.

Yuk, susun resolusi bagi keluarga Anda mulai sekarang. Semakin banyak resolusi yang Anda susun, pasti akan membuat kehidupan berkeluarga menjadi penuh harapan dan semakin bersemangat serta bergairah. 

Oh iya, Ayah dan Bunda, untuk menutup akhir tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023 perusahaan yang sudah memproduksi ratusan aplikasi gim dan video dongeng edukasi terbesar di Indonesia, Educa Studio, mengadakan "Holiday Photo Competition". Kompetisi berfoto bersama keluarga saat liburan ini akan memperebutkan hadiah yang menarik. Cukup post foto atau video keseruan orang tua atau wali bersama anak menggunakan aplikasi Marbel Pelajaran TK dan Paud atau Riri, Cerita Anak Interaktif atau Kabi (Kisah Nabi) di Instagram feed. Info selengkapnya, silakan klik gambar di bawah ini!

Selamat menyongsong tahun baru 2023 dengan hati gembira bersama keluarga dan orang-orang tercinta! 

Baca juga:

5 Ide Resolusi Tahun Baru yang Menunjang Kesuksesan Anak

Kiat Membangun Karakter Anak agar Berhati Mulia dan Bahagia


Sumber Referensi:

1. Parentingthemodernfamily.com. (2022). How to make family new years resolutions [1]

2. Freepik. (2022). Asian family strong together against covid virus [2]

3. Freepik. (2022). Asian family travel concept happiness dad mom [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.