Top

7 Kegiatan Seru di Rumah Saat Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Des 2022

  |  

Edukasi

Tahun tahun baru adalah suatu peristiwa penting yang dirayakan oleh semua orang di seluruh dunia. Akan lebih baik, bila perayaan tahun baru ini Anda rayakan bersama dengan keluarga. Mengapa? Wendy Wisner, penulis di verywellfamily.com, berpendapat:

“Merayakan Tahun Baru sebagai sebuah keluarga memberikan kesempatan berharga kepada kita untuk merasakan kebahagiaan yang begitu besar selama masa liburan. Selain itu, merayakan tahun baru bersama keluarga merupakan saat dimana kita mendapatkan kesempatan untuk merenung dan memeriksa kehidupan kita di dalam keluarga.”

Merayakan tahun baru di luar rumah, misalnya dengan melakukan perjalanan ke puncak atau menginap di sebuah vila, tentu saja merupakan hal yang menyenangkan. Namun, kadang suasana yang terlalu hiruk-pikuk dan jalanan yang macet terkadang menjadi suatu hal yang kurang menyenangkan.

Pilihan lain merayakan tahun baru adalah membuat acara seru atau melakukan aktivitas menyenangkan di rumah. Aktivitas apa saja yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan bersama keluarga selama masa liburan tahun baru ini?

1. Menonton Film Terbaru

Film bertema keluarga adalah film yang cocok ditonton saat bersama si kecil. Selain ramah anak, film-film ini juga sarat akan pesan-pesan kebaikan. Beberapa judul film terbaru tersebut antara lain (silakan klik judulnya untuk melihat versi trailer-nya):

  • Keluarga Cemara
    Menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga yang mengalami kebangkrutan karena menjadi korban penipuan. Mereka harus beradaptasi dengan kehidupan di desa yang jauh berbeda dari kehidupan mereka sebelumnya.
  • New Year’s Eve
    Suasana tahun baru yang seharusnya meriah dan membahagiakan berubah menjadi kurang menyenangkan. Banyak persoalan-persoalan terjadi di malam tahun baru yang banyak dialami keluarga ini.
  • The Boss Baby 2: Family Business
    Film ini mengisahkan tentang hubungan kakak beradik Tim dan Theo yang telah dewasa. Namun, Theo merindukan saat-saat ia menjadi the Boss Baby serta berniat menjadi bos bayi lagi.
    Penonton akan disuguhkan berbagai adegan yang lucu terutama saat Tim dan Theo bertengkar.
  • Raya and the Last Dragon
    Raya adalah seorang putri mahkota. Ia mencari keberadaan Sisi, naga terakhir yang dipercaya dapat menyelamatkan negerinya yang sedang ada dalam pengaruh roh jahat. Roh jahat itu dapat mengubah seluruh penduduk menjadi patung batu.

Selain itu, Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil menonton koleksi dongeng RIRI, Cerita Anak Interaktif yang bisa dinikmati dalam bentuk video maupun dalam versi podcast (audio saja). Video koleksi dongeng RIRI, Cerita Anak Interaktif bisa ditemukan di kanal Youtube, sedangkan bentuk podcast-nya ada di aplikasi noice.id.

2. Makan Bersama

Makan bersama dipercaya dapat membuat hubungan keluarga menjadi lebih erat dan harmonis. Ayah dan Bunda bisa memasak aneka hidangan di rumah bersama si kecil atau memesan makanan melalui jasa antar makanan yang tersedia di banyak restoran.

Ingin si kecil belajar tentang pengenalan jenis makanan, aneka alat masak, dan cara memasak? Ajak si kecil bermain sambil belajar dengan aplikasi "Marbel Memasak di Restoran".

3. Berkaraoke Bersama

Bila Ayah dan Bunda serta si kecil memiliki hobi bernyanyi, tidak ada salahnya bila selama liburan tahun baru melakukan karaoke bersama. Siapkan minuman yang segar dan cemilan yang lezat untuk menemani saat-saat berkaraoke.

Agar si kecil semakin memiliki banyak perbendaharaan lagu yang ramah anak dan edukatif, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil bernyanyi lagu-lagu di Kanal Youtube Educa Studio. Koleksi lagunya ada di daftar lagu "Kolak, Koleksi Lagu Anak."

4. Bertukar Kado

Setiap anggota keluarga pasti sudah saling mengetahui benda atau barang apa yang disuka. Maka akan lebih baik sebelum bertukar kado setiap anggota keluarga sudah mengetahui akan memberikan kado kepada siapa. Misalnya, Ayah memberikan kado untuk Bunda, Bunda memberikan kado untuk Kakak, Kakak memberikan kado untuk Adik, dan Adik memberikan kado untuk Ayah, sehingga setiap anggota keluarga mendapatkan apa yang benar-benar ia suka.

Mau memberikan kado yang bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan anak dan sangat menyenangkan untuk dimainkan? Yuk, kunjungi Toko Marbel Junior. Ada banyak produk menarik untuk anak yang sangat edukatif yang bisa Anda dapatkan dan bisa digunakan sebagai kado spesial untuk si kecil.

5. Berfoto Bersama dengan Tema Tertentu

Agar liburan tahun baru bisa menjadi kenangan yang indah, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil untuk berfoto bersama. Tentukan tema tertentu agar foto yang dihasilkan menjadi lebih seru. Setiap anggota keluarga harus menggunakan pakaian dan aksesoris menarik yang sesuai dengan tema yang ditentukan.

Berfoto ria bersama keluarga tidak hanya suatu momen untuk mengabadikan pengalaman istimewa bersama orang tersayang. Bila Ayah dan Bunda gemar berfoto ria dengan cara yang unik dan menarik, silakan ikuti "Holiday Photo Competition" yang diadakan oleh Educa Studio. Apa saja hadiahnya? Bagaimana syarat dan ketentuannya? Silakan klik gambar di bawah ini!

6. Melakukan Refleksi dan Mengucapkan Resolusi

Dalam acara ini, Ayah dan Bunda mengajak si kecil untuk menceritakan hal-hal yang menyenangkan di tahun yang lama. Setelah itu, setiap anggota keluarga juga menceritakan harapan-harapan di tahun yang baru. Harapan-harapan yang baru bisa ditujukan untuk diri sendiri ataupun anggota keluarga yang lain.

Melalui aktivitas ini, setiap anggota keluarga akan semakin memahami makna keterbukaan demi masa depan yang lebih baik. Jangan lupa untuk mengucapkan setiap harapan saat berdoa bersama keluarga.

7. Bermain Bersama

Ada banyak permainan yang bisa menjadi pilihan di zaman sekarang. Ada permainan yang bisa dilakukan secara online, maupun permainan yang bisa dilakukan secara offline.

Bila anda ingin melakukan permainan secara online, disarankan untuk melakukannya secara bersama antar anggota keluarga. Jadi, jangan bermain sendiri-sendiri ya Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda bisa menjadi partner atau lawan saat melakukan permainan. 

Bagaimana? Menarik bukan aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga di atas? Manfaatkan waktu liburan tahun baru dengan aktivitas yang berkualitas dan membahagiakan, agar di dalam hati terbangun semangat serta keceriaan yang baru. Selamat menyambut tahun baru untuk seluruh anggota keluarga tercinta!

Baca juga:

1. Saatnya Anak Kembali ke Sekolah, Persiapkan 5 Hal Ini Yuk!

2. 9 Aktivitas Belajar Mengenal Hewan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sumber Referensi

1. Johnson, Aaron. (2022). New years eve celebration ideas for the entire family [1]

2. Freepik. (2022). Parents kids praying before eating [2]

3. Freepik. (2022). Happy young asian family play together [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.