Top

Ternyata, Orang Tua Terbuka Ungkapkan Cinta, Bikin Anak Lebih Cerdas

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

22 Des 2022

  |  

Parenting

Kasih sayang orang tua sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Dilansir dari gov.wales, seorang pakar anak mengatakan:

“Menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak Anda adalah hal yang penting. Cinta dan kasih sayang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak anak yang sehat.”

Seperti kita tahu, otak adalah pusat dari aneka kecerdasan anak. Semakin sering orang tua mengungkapkan perasaan sayang kepada sang buah hati, ia akan semakin merasa bahagia. Kasih sayang bisa diungkapkan baik dalam perbuatan maupun perkataan.

Semakin besar rasa bahagia yang si kecil rasakan, ia akan semakin bersemangat untuk belajar dan beraktivitas, dan tentu saja ia akan semakin tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Bagaimana mengungkapkan perasaan sayang orang tua kepada anak? Mari kita simak!

1. Memberikan Pelukan dan Sentuhan

Dalam aktivitas sehari-hari, misalnya saat anak bermain, tertidur, dan melakukan aktivitas lainnya, berikan waktu Anda untuk memberikan pelukan dan sentuhan. Beberapa efek positif dari pelukan dan sentuhan kepada anak adalah:

  • Mencegah stres.
  • Memberikan ketenangan.
  • Memberikan kenyamanan
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Mencegah rasa “haus kasih sayang” saat ia dewasa kelak.
  • Memperkuat bonding orang tua dan anak.
  • Memberkan rasa aman dan merasa dilindungi.

Baca juga:

7 Cara Efektif Mendidik Anak Semakin Produktif

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak orang tua sibuk dengan ponsel pintarnya. Ayah dan Bunda perlu sejenak meluangkan waktu untuk menjadi pendengar baik saat si kecil bercerita. Letakkan ponsel pintar Anda dan tunjukkan ketulusan serta kesungguhan hati Anda dalam mendengarkan celoteh si kecil.

Semakin sering Ayah dan Bunda menjadi pendengar yang baik bagi si kecil, Anda akan semakin memahami aneka persoalan yang sedang dialaminya, serta dapat membantu menemukan jalan keluarnya. Si kecil pasti akan semakin merasakan kasih sayang Ayah dan Bunda.

3. Bermain Bersama

Dunia anak adalah dunia bermain. Saat Ayah dan Bunda bisa memasuki dunia si kecil, maka ia akan semakin merasa bahwa Anda begitu menyayanginya. Saat bermain, Ayah dan Bunda juga bisa mengajarkan banyak hal. Lakukan interaksi dengan sang buah hati, agar si kecil juga semakin aktif berkomunikasi dan semakin termotivasi untuk aktif berbicara dan bergerak.

Saat mengajak anak bermain, Ayah dan Bunda bisa memilih aneka permainan yang edukatif dan ramah anak. Salah satunya adalah gim online yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan kecerdasan si kecil. Gim ini berjudul "Marbel Pelajaran TK dan PAUD".

4. Berikan Hadiah di Momen Istimewa

Ulang tahun adalah salah satu momen istimewa bagi si kecil untuk mendapatkan hadiah dari Ayah dan Bunda. Namun, sebenarnya masih banyak momen yang bisa Anda pilih sebagai saat yang baik untuk memberikan hadiah, misalnya saat anak berbuat baik, saat ia meraih prestasi, saat ia bisa menyelesaikan tugasnya, dan lainnya.

Berikan hadiah dengan hati yang tulus, penuh suka cita, dan jadikan momen memberikan hadiah sebagai saat istimewa. Jelaskan mengapa si kecil mendapatkan hadiah, dan ungkapkan perasaan bangga dan sayang kepadanya. Sehingga si kecil benar-benar merasa diperhatikan dan disayang.

Hadiah yang Ayah dan Bunda berikan tidaklah harus sesuatu yang mahal harganya. Mungkin hanya sebuah pensil, penghapus, atau buku yang Anda berikan. Namun, bila benda-benda tersebut bergambar tokoh kartun kesayangan si kecil, pasti ia akan menyukainya.

Ayah dan Bunda juga bisa memberikan hadiah yang bisa digunakan sebagai sarana belajar si kecil. Silakan dapatkan aneka hadiah edukatif tersebut di Toko Marbel Junior.

5. Berusaha Ada saat Ia Tidak Merasa Bahagia

Karena kesibukan, kadang Ayah dan Bunda mungkin tidak menyadari bahwa si kecil sedang ada dalam suatu persoalan. Ayah dan Bunda perlu peka terhadap segala situasi hati si kecil. Ayah dan Bunda harus bisa berusaha ada saat si kecil sedang bersedih atau saat hatinya terbebani.

Ajak si kecil bercerita, bermain bersama, bernyanyi bersama, dan memberikan pelukan kasih sayang. Berikan kata-kata nasihat dan motivasi agar si kecil kembali bersemangat dan ceria.

Ayah dan Bunda juga bisa menghibur si kecil dengan cara menceritakan dongeng-dongeng yang sarat akan pesan moral dan inspiratif. Beberapa contoh koleksi dongeng bisa didengarkan di Spotify.

6. Memahami Apa yang Ia Suka

Ada banyak hal yang anak Anda suka, misalnya makanan, olahraga, musik, minuman, permainan, dan lainnya. Ayah dan Bunda bisa mengetahui apa yang anak suka dengan bertanya langsung atau dengan mengamati anak saat beraktivitas sehari-hari.

Anak-anak pasti akan bahagia bila:

  • Ia sering melihat makanan kesukaannya tersaji di meja makan,
  • Ayah dan Bunda mengajaknya bermain permainan favoritnya.
  • Dibelikan baju dengan warna yang paling ia gemari.

Sang buah hati pasti akan semakin merasa disayang karena orang tuanya begitu memperhatikan dan memahami apa yang ia suka.

7. Banyak Mengalah

Ayah dan Bunda mungkin pernah mengalami perbedaan pendapat pada si kecil, misalnya hari ini mau makan apa, di akhir pekan hendak pergi ke mana, atau hal-hal sederhana tapi bisa memicu perdebatan. Ayah dan Bunda perlu lebih banyak mengalah saat menghadapi situasi ini. Yang terbaik dan perlu Anda lakukan adalah memberikan pertimbangan dan pandangan kepada si kecil.

Misalnya ada opsi A dan B. Ayah dan Bunda perlu memberikan pandangan, sisi positif dan negatif dari opsi A dan B tersebut, sehingga si kecil bisa menentukan pilihan terbaik. Pembiasaan ini juga bisa melatih keterampilan berpikir kritis anak lho.

Pembiasaan-pembiasaan di atas hanyalah pedoman bagi Ayah dan Bunda untuk bisa mengungkapkan kasih sayang kepada sang buah hati. Bagaimanapun sikap spontan yang disertai ketulusan hati Ayah dan Bunda saat memberikan senyuman, pelukan, sentuhan, serta kesabaran dalam mengasuh sang buah hati akan lebih dirasakan si kecil secara lebih dalam. Karena perbuatan yang disertai kasih sayang yang tulus akan benar-benar memberikan kenyamanan dan kebahagiaan yang besar bagi si kecil, sehingga memberikan dampak yang besar bagi perkembangan kecerdasannya.

Kesuksesan anak di masa depan, akan sangat ditentukan oleh kecerdasannya. Melalui artikel ini, kita juga diajak untuk memahami bahwa kesuksesan anak akan sangat dipengaruhi oleh kasih sayang yang Ayah dan Bunda berikan setiap hari dan setiap saat. Selamat belajar menjadi orang tua yang penuh dengan cinta kasih ya, Ayah dan Bunda.


Sumber Referensi:

1. Gov.wales. (2022). Tips for guiding childrens behaviour make time for love and affection [1]

2. Freepik. (2022). Happy attractive young asian family portrait healthy harmony [2]

2. Freepik. (2022). Happy asian tender son hugging mother [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.