Top

Mendengarkan Podcast Cerita Anak, Lebih Hemat Kuota Manfaatnya Luar Biasa

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

26 Des 2022

  |  

Edukasi

Sebuah dongeng bisa dinikmati oleh anak-anak era digital melalui berbagai macam cara, yaitu dengan membaca buku dongeng secara mandiri, mendengarkan buku cerita yang dibacakan oleh orang tuanya, menonton video dongeng di platform YouTube, atau mendengarkan podcast dongeng anak dalam bentuk audio.

Ada keunikan manfaat tersendiri saat anak-anak mendengarkan dongeng dalam bentuk audio atau saat anak mendengarkan dongeng dari buku yang dibacakan oleh orang tuanya. Dikutip dari assistiveware.com, Shelley Harris berpendapat:

“Mendengar cerita membantu anak-anak membentuk visualisasi dalam pikiran mereka dan menggunakan imajinasi mereka sendiri. Keterampilan ini akan membantu anak-anak membayangkan dan memahami kata-kata saat mereka membaca buku secara mandiri.”

Bila Ayah dan Bunda gemar mendengarkan sandiwara radio, pasti merasakan sensasi tersendiri saat mendengarkan melalui siaran radio atau dalam bentuk audio. Anda akan dibawa dalam alam imajinasi yang bisa membuat Anda bisa dengan lebih bebas memvisualisasikan apa yang dengarkan.

Lalu, apa saja manfaat mendengarkan dongeng podcast atau dalam bentuk audio? Untuk lebih memahami manfaat selengkapnya, silakan disimak dengan seksama artikel berikut ini!

1. Mengembangkan Daya Imajinasi

Daya imajinasi perlu dikembangkan sejak dini karena kemampuan ini membantu anak untuk semakin mampu berpikir kreatif dan analitis. Kognitif anak juga akan mengalami peningkatan, karena ia akan lebih mampu menguasai ilmu pengetahuan baru dengan daya imajinasinya.

Saat si kecil mendengarkan dongeng dalam bentuk audio, ia akan diajak untuk membayangkan seperti apa kejadian dalam cerita tersebut, di mana tempat kejadiannya, serta apa yang dilakukan oleh setiap tokoh di dalam cerita. Ia bisa menggunakan daya imajinasinya tanpa batas, bahkan mungkin bisa lebih luar biasa daripada versi videonya.

Berbeda halnya bila anak sudah melihat kejadian di dalam dongeng dalam bentuk gambar atau video (film). Imajinasi anak akan dibatasi oleh gambar atau video dongeng yang ia lihat.

Mengembangkan daya imajinasi anak juga bisa menggunakan media lagu. Salah satu lagu menarik dan bisa diberikan kepada si kecil adalah lagu di bawah ini!

2. Meningkatkan Kegemaran Membaca Buku

Saat mendengarkan dongeng dalam bentuk podcast, anak mungkin akan menebak wajah para tokoh seperti apa, tempat kejadiannya seperti apa, bentuk benda-benda dalam dongeng seperti apa dan hal-hal lain yang ada di dalam bayangan atau imajinasi anak sendiri. Anak juga akan mendengarkan aneka kosakata baru yang tidak ia pahami sebelumnya. Selain mengasyikkan bagi anak berusia dini, hal ini juga akan meningkatkan rasa penasarannya.

Rasa penasaran inilah yang kemudian bisa meningkatkan minat anak untuk membaca versi bukunya. Setelah membaca bukunya, rasa penasaran anak akan terpuaskan. Ia menjadi semakin paham makna kosakata baru yang ia dengarkan dalam bentuk audio.

Untuk mengaplikasikan manfaat ini, Ayah dan Bunda bisa mengajak anak untuk mendengarkan versi podcast dari dongeng yang berjudul "Batu Menangis". yang kini hadir di platform open.noice.id.

Setelah anak mendengarkan versi podcast-nya dan memahami isi ceritanya, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil membaca versi e-booknya. Pasti si kecil akan semakin bersemangat dan menikmati aktivitas mendengarkan serta membaca dongeng.

Anda bisa mendapatkan versi e-book dari dongeng berjudul "Batu Menangis" di Playstore. Ada versi gratisnya, lho... . 

3. Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi dan Bersosialisasi

Saat mendengarkan podcast dongeng, si kecil bisa menilai seorang tokoh yang baik hati dari tutur katanya yang sopan, lembut, dan tertata dengan baik. Sedangkan, tokoh yang jahat biasanya akan berkata-kata dengan nada bicara dan bahasa yang kurang nyaman untuk didengarkan.

Dalam kehidupan sehari-hari si kecil akan termotivasi untuk berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan nada bicara yang sopan agar semakin diterima, dihormati, dan disayang oleh teman-temannya.

Pesan moral di dalam cerita atau dongeng akan menginspirasi anak-anak untuk melakukan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Selain pesan moral, sebenarnya ada banyak ajaran-ajaran kebaikan yang terkandung di dalam sebuah dongeng. Misalnya tentang sopan santun saat berbicara dengan orang tua, cara yang pantas saat meminta tolong kepada teman, dan perilaku baik lain yang sering diterapkan dalam hidup sehari-hari oleh setiap tokoh dongeng. Semua itu bisa dipelajari anak saat menikmati dongeng dalam bentuk podcast atau audio.

Agar si kecil makin terampil bersosialisasi dan agar ia kian memiliki banyak teman, Ayah dan Bunda juga bisa mengajarinya dengan dongeng pembangun karakter anak di bawah ini!

4. Melatih Kemampuan Berkonsentrasi

Kemampuan berkonsentrasi bisa membantu si kecil saat ia belajar di sekolah. Saat pembelajaran di sekolah biasanya anak-anak akan menerima instruksi dari guru atau perlu mendengarkan penjelasan suatu materi pelajaran. Kemampuan berkonsentrasi adalah hal penting untuk bisa melakukan aktivitas memperhatikan atau mendengarkan dengan baik.

Anak usia dini biasanya akan kesulitan untuk duduk diam, bila hanya diminta mendengarkan dongeng dalam bentuk suara saja. Ia perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi kebosanan.

Agar kegiatan mendengarkan podcast dongeng terasa lebih menyenangkan, serta bisa meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, Ayah dan Bunda bisa meminta anak menggambar atau menulis sesuatu (bila anak sudah mampu menulis) yang berhubungan dengan dongeng yang ia dengarkan. Selain itu, Anda juga bisa memintanya untuk memainkan mainan kesukaannya sambil menikmati podcast dongeng.

Podcast dongeng menarik lainnya, bisa Anda dengarkan juga di platform Spotify dan Anchor. Silakan nikmati koleksi dongengnya dengan klik gambar di bawah ini!

5. Mengembangkan Keterampilan Menghafal atau Mengingat

Agar keterampilan menghafal atau mengingat anak bisa berkembang dengan lebih optimal serta efektif, Ayah dan Bunda perlu mengusahakan agar si kecil mengonsumsi satu atau dua judul cerita saja dalam satu minggu. Sangat disarankan agar judul cerita yang didengarkan tidak terlalu banyak dalam satu momen tertentu. Namun, Ayah dan Bunda bisa memutarkan satu judul dongeng secara berulang-ulang, terutama di saat si kecil sedang asyik bermain atau sebagai dongeng pengantar tidur. Biarkan si kecil mengingat nama setiap tokoh, urutan kejadian, latar cerita, kosakata baru, dan aneka pengetahuan lainnya dengan sangat baik.

Agar si kecil lebih tertantang untuk mengingat aneka hal yang berhubungan dengan dongeng, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil berdiskusi tentang aneka hal yang berhubungan dengan dongeng yang ia dengarkan atau mengadakan mini quiz berupa aktivitas tanya jawab. Bila si kecil bisa menjawab sebagian besar pertanyaan, Ayah dan Bunda bisa memberikan hadiah yang menarik. 

Setelah membaca artikel ini, semoga Ayah dan Bunda semakin bersemangat untuk mengembangkan aneka keterampilan si kecil dengan media podcast dongeng ini, ya! Selamat mengaplikasikannya bersama sang buah hati di rumah!

Baca juga:

15 Manfaat Bermain Musik bagi Perkembangan Anak

Tak Terduga, Inilah Manfaat Fabel bagi Anak


Sumber Referensi:

1. Harris, S. (2016). Listening to stories is real reading [1]

2. Freepik. (2022). Beautiful child listening music dancing home [2]

3. Freepik. (2022). Asian boy library room school [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.