Top

5 Tips Mengajar Menyenangkan untuk Anak PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Mei 2022

  |  

Edukasi

Anak-anak sangat menyukai suasana belajar yang menyenangkan. Materi pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik sangat menentukan suasana belajar di kelas. Namun, tentu saja peran guru adalah yang paling penting. Ada beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian seorang guru agar bisa mengajar dengan baik, menarik, dan menyenangkan.

1. Perhatikan Kesederhanaan Kata-kata Agar Mudah Dipahami

Anak-anak tidak membutuhkan kalimat yang terlalu panjang. Kalimat yang baku, namun bila diucapkan dengan kata-kata sederhana sangat membantu anak dalam menerima instruksi yang diberikan oleh gurunya. Misalnya dengan kalimat, "Ini namanya apa?", "Ini warnanya apa?", "Itu terbuat dari apa?" anak-anak akan langsung memahami pertanyaan guru dan menjawabnya dengan baik. Selain itu, ucapkanlah kalimat-kalimat saat pembelajaran dengan jelas dan tidak terlalu cepat.

2. Aktivitas "Play-Time"

Meski pun ada beberapa mata pelajaran yang diajarkan di PAUD, namun ada satu aktivitas yang disukai anak-anak. Aktivitas ini bernama "Play-Time". Di dalam aktivitas ini, anak-anak bebas melakukan aktivitas yang mereka suka. Ada pun aktivitas yang bisa dipilih anak-anak misalnya bermain balok, bermain boneka, menggambar, mewarnai, membaca buku, dan lainnya. Melalui aktivitas ini, biasanya guru semakin memahami aktivitas atau kegemaran apa yang menjadi favorit anak-anak didiknya. Dengan semakin memahami aktivitas favorit anak didik, pendidik PAUD menjadi semakin paham cara mengembangkan bakat serta minat anak-anak didiknya.

3. Memaksimalkan Penggunaan Alat Peraga

Dengan alat peraga, anak-anak tidak hanya belajar dengan melihat, namun juga menyentuh benda nyata. Jangan lupa pula untuk memaksimalkan penggunaan alat peraga di sekolah. Hanya dengan satu buah alat peraga, kita bisa bertanya kepada anak didik tentang apa warnanya, apa bentuknya, apa bahan pembuatnya, jumlahnya berapa, dan lainnya. Alat peraga juga sangat membantu anak didik dalam memahami dan mengingat materi pelajaran yang diajarkan. Dan tentu saja, dengan menggunakan alat peraga, biasanya anak-anak merasa lebih bersemangat dan suka hati.

4. Media Lagu

Ada aneka aktivitas yang berhubungan dengan lagu, yaitu bernyanyi bersama, melakukan gerak lagu, menonton video klip lagu, atau mendengarkan audio lagu. Aktivitas yang paling menyenangkan dan berhubungan dengan lagu adalah melakukan gerak dan lagu. Selain itu, bila Anda bisa memainkan alat musik dan mengajak anak bernyanyi bersama sambil memainkan alat musik biasanya akan menjadi sesuatu yang "wow banget". Anak-anak akan lebih antusias bisa melihat gurunya memainkan suatu alat musik, apalagi sambil mengiringi mereka bernyanyi.
Pasti anak-anak menjadi lebih semangat.

5. Memberikan Penghargaan

Agar anak-anak semakin antusias dalam mengikuti setiap aktivitas yang diajarkan oleh gurunya, guru bisa menyiapkan aneka penghargaan. Penghargaan diberikan kepada anak-anak didiknya yang bisa melakukan aktivitas sesuai instruksi. Penghargaan biasanya berupa benda, misalnya stiker, alat tulis, mainan, dan benda menarik lainnya. Namun, penghargaan juga bisa berupa bintang atau "smile" yang dituliskan di lembar kerja anak, setelah ia berhasil menyelesaikannya dengan baik. Penghargaan bisa pula berupa pujian yang diucapkan dari hati yang tulis. Dengan mendapatkan penghargaan dari gurunya, biasanya anak akan lebih semangat dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.