Top

6 Ide Lomba Unik Ramadan untuk Anak Kelompok Bermain ( Usia 2-4 Tahun )

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Mar 2024

  |  

Edukasi

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak usia dini di bulan Ramadan, salah satunya adalah kegiatan lomba. Kegiatan lomba memberikan kesempatan kepada anak-anak usia dini untuk melakukan hal positif dan edukatif.

Selain itu, aneka lomba juga bisa meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan diantara anak-anak usia dini dan orang tuanya, tentu saja, aneka lomba diharapkan juga bisa mengembangkan pengetahuan anak-anak usia dini dalam bidang agama Islam.

Inilah 6 ide lomba menarik yang bisa dilakukan oleh anak-anak PAUD, khususnya untuk anak usia KB / Kelompok Bermain / 2-4 tahun.

1. Lomba Adzan

Sebelum memulai lomba, berikan penjelasan singkat kepada anak-anak tentang apa itu adzan, mengapa penting, dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Kemudian, Berikan contoh adzan yang baik dan benar kepada anak-anak. Anda bisa menggunakan rekaman adzan yang jelas dan mengalihkannya ke perangkat audio agar terdengar lebih jelas.

Anak-anak bisa berlomba-lomba dalam memberikan adzan dengan suara lembut dan jelas.

Belajar huruf Hijaiyah akan menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan media belajar di bawah ini.
- Hijaiyah Letters #1
- Hijaiyah Letters #3
- Hijaiyah Letters #4

2. Menghafal dan Mengucapkan Doa Sehari-hari

Lomba doa harian untuk anak Muslim dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya berdoa dalam kehidupan sehari-hari.

Berikan penjelasan singkat kepada anak-anak tentang apa itu doa, mengapa penting untuk berdoa, dan bagaimana cara melakukannya dengan baik.

Lakukan penilaian dengan memberikan poin untuk kejelasan pengucapan, kelancaran bacaan, dan pemahaman makna doa.

Ajak Si Kecil Mensyukuri Kebaikan Tuhan dengan Lagu CIPTAAN TUHAN

 

3. Lomba Bercerita Kisah / Dongeng Islami

KABI (Kisah Teladan Nabi): Mengajarkan Nilai-Nilai Islami kepada Anak Usia Dini
Lomba cerita anak untuk anak Muslim dapat menjadi cara yang menyenangkan dan edukatif untuk mengajarkan nilai-nilai Islam dan meningkatkan kreativitas anak-anak.

Tentukan tema cerita yang sesuai dengan nilai-nilai Islam atau kisah-kisah dari Al-Quran atau hadis. Misalnya, tema tentang kesabaran, kejujuran, atau kisah nabi dan rasul.

Lakukan penilaian dengan memberikan poin untuk kekreatifan dalam bercerita, kesesuaian dengan tema, dan nilai-nilai yang disampaikan dalam cerita.

4. Lomba Menghias Kue Kering

Menghias kue kering dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, kreatif, dan edukatif untuk anak-anak PAUD. Ajak anak-anak untuk menghias kue kering dengan tema Ramadan, seperti bentuk bulan sabit, bintang, atau kata-kata islami.

Kegiatan ini akan lebih seru bila dilakukan dalam kelompok. Pastikan ada pengawasan dari orang dewasa untuk membantu anak-anak jika diperlukan.

Penilaian dilakukan dengan memberikan poin untuk kreativitas, kerapihan, dan keindahan dari hasil hiasan kue kering yang dibuat oleh setiap kelompok. Hasil karya anak-anak bisa dipamerkan atau dijual kepada orang tua yang menyaksikan.

5. Lomba Bermain Peran tentang Kisah Nabi

  • Anak-anak dapat bermain peran sebagai seorang Nabi dengan berpakaian seperti beliau dan menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Lomba ini dilakukan dalam kelompok.
  • Berikan waktu bagi setiap kelompok untuk berlatih memainkan peran mereka. Dorong mereka untuk menggunakan suara, gerakan, dan ekspresi wajah yang sesuai dengan karakter yang diperankan.
  • Setelah semua kelompok selesai berlatih, berikan waktu bagi mereka untuk mempertunjukkan pementasan kisah nabi yang telah dipersiapkan di depan para peserta lainnya.

Lakukan penilaian dengan memberikan poin untuk kejelasan cerita, kreativitas dalam memainkan peran, dan pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam kisah nabi tersebut.

6. Lomba Berdoa Bersama

Lomba doa bersama untuk anak PAUD dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya berdoa dan meningkatkan kebersamaan mereka dalam beribadah.

  • Pertama-tama, ajak anak-anak untuk membuat sebuah kelompok, lalu berikan penjelasan singkat kepada anak-anak tentang apa itu doa, mengapa penting untuk berdoa, dan bagaimana cara melakukannya dengan baik.
  • Pilih beberapa doa yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak, seperti doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa sebelum belajar, dan sebagainya. Lalu, berikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk berlatih.
  • Setelah semua kelompok selesai berlatih, ajak mereka untuk melakukan pementasan doa bersama di depan para peserta lainnya. Pastikan setiap kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk tampil.

Lakukan penilaian dengan memberikan poin untuk kejelasan pengucapan, kelancaran bacaan, dan pemahaman makna doa.

Semoga ide-ide tersebut dapat memberikan inspirasi untuk lomba-lomba yang unik dan bermanfaat selama bulan Ramadan bagi anak-anak usia 2-4 tahun.


Sumber Referensi:
1. sahlahacademy.net. (2022). Islamic games for kids [1]

2. Medium.com. (2022). 25 Preschool islamic learning activities [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.