Top

12 Ide Lomba Ramadan Unik dan Menarik Anak PAUD untuk Usia 4-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

22 Mar 2024

  |  

Edukasi

Perlombaan adalah salah satu kegiatan anak PAUD yang banyak digemari. Anak-anak didik usia 4-6 tahun bisa diajak untuk mengikuti aneka perlombaan di sekolah selama bulan Ramadan. Selain bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan sosial, kegiatan lomba bisa mengembangkan keterampilan motorik, mengembangkan rasa percaya diri, menstimulasi kreativits, dan mengajarkan aneka nilai-nilai kehidupan.

Bulan Ramadan, bisa menjadi momen yang tepat untuk mengajak anak-anak usia dini untuk mengikuti kegiatan lomba yang diadakan di sekolah. Lomba apa saja yang cocok diberikan kepada anak usia 4-6 tahun?

KABI (Kisah Teladan Nabi): Mengajarkan Nilai-Nilai Islami kepada Anak Usia Dini

 

 

1. Membuat Miniatur Masjid

Anak-anak didik diizinkan untuk membuat miniatur Masjid dari bahan-bahan alam dan bahan lain yang mudah ditemukan di sekitar, misalnya kardus, tanah liat, dan lainnya. Mintalah mereka untuk menghiasinya pula agar terlihat lebih indah dan menarik.

Baca juga:
7 Ide Kegiatan Ramadan Anak Usia 2-3 Tahun di Rumah dan Manfaatnya: Full 1 Minggu
2 Jam Efektif: Kegiatan Bulan Ramadan Anak PAUD Usia 2-3 Tahun di Bulan Ramadan

2. Menghias Topi Ta’jil

Anak-anak didik diajak untuk membuat sebuah topi yang nantinya bisa dikenakan saat berbuka puasa. Biarkan anak-anak membuat desain topinya sendiri atau bisa dibantu oleh orang tua mereka.

3. Menghafal Surat Pendek Al-Qur’an

Lomba ini mengajak anak-anak didik untuk menghafal dan mengucapkan surat pendek Al-Qur’an. Biarkan anak-anak menghafal dan mengucap surat pendek tersebut sesuai dengan kemampuan mereka.

4. Lomba Menghafal dan Mengucapkan Doa-doa Harian

Ajak anak-anak didik berlomba menghafal doa-doa harian, lalu mengucapkannya saat acara perlombaan. Beberapa contoh doa harian yang bisa diberikan adalah doa sebelum makan, sesuadah makan, dan sesudah tidur, dan lainnya.

 

Ajak Si Kecil Mendoakan Ragam Doa Harian dengan Aplikasi ini

5. Lomba Peragaan Busana Muslim

Ajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam lomba fashion show dengan mengenakan busana lebaran atau baju muslim. Saat berada di atas panggung, mintalah anak-anak didik untuk berjalan dengan gagah (untuk laki-laki) dan anggun (untuk perempuan).

6. Lomba Menulis dan Membaca Puisi

Mintalah orang tua siswa untuk menulis puisi tentang Lebaran yang nantinya akan dibacakan oleh buah hatinya. Lomba ini akan sangat seru dan bisa mempererat bonding antara anak didik dan orang tuanya.

7. Lomba Membuat Poster

Mintalah anak didik untuk menggambar dan menuliskan pesan sosial dengan kata-kata yang menarik bertema lembaran, misalnya “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” di atas kertas gambar.

8. Lomba Menulis Kaligrafi Sederhana

Ajak anak didik untuk berlomba membuat kaligrafi sederhana dengan tema Islami seperti "Bismillah" atau "Allah".

Setelah selesai, anak didik diizinkan untuk menghiasinya dengan pensil warna, kertas emas, gliter, atau dengan bahan-bahan menarik lainnya.

9. Lomba Bernyanyi

Lagu-lagu yang diizinkan untuk dinyanyikan adalah lagu-lagu Islami atau bertema Ramadan. Anak didik diperkenankan untuk menyanyikan lagu dengan gerakan-gerakan sederhana dan menarik.

10. Lomba Pengenalan Huruf Arab

Ajak anak-anak didik untuk semakin mengenal huruf Arab dengan aneka permainan, misalnya tebak-tebakan, dan permainan yang menggunakan media menarik, misalnya flash card, boneka, dan lainnya.

11. Lomba Melakukan Shalat Berjamaah

Anak-anak dapat berpartisipasi dalam lomba shalat berjamaah yang dipimpin oleh guru atau orang dewasa dengan mengikuti gerakan shalat yang sederhana.

12. Lomba Bercerita Tentang Ramadan

Anak-anak didik dapat berpartisipasi dalam lomba bercerita tentang pengalaman Ramadan mereka, cerita tentang perbuatan baik selama bulan Ramadan, atau kisah teladan Nabi.

13. Lomba Mewarnai Gambar Islami

Anak-anak didik dapat mengikuti lomba mewarnai gambar dengan tema Islami seperti gambar masjid, orang sedang shalat, kegiatan di bulan Ramadan, atau pemandangan Ramadan.

14. Lomba Membuat Craft Ramadan

Ajak anak-anak didik untuk membuat craft sederhana dengan tema Ramadan seperti lentera dari kertas, kartu ucapan Ramadan, atau miniatur masjid.

15. Lomba Menghias Kue Lebaran

Ajak anak-anak didik berpartisipasi dalam lomba menghias kue kering atau kue lebaran dengan tema Ramadan, misalnya cupcake, donat, kue manis, dan lainnya.

Aneka lomba diatas bisa diberikan kepada anak-anak berusia 4 hingga 6 tahun. Pastikan guru bisa membangkitkan suasana yang nyaman, gembira, dan penuh semangat. Semoga aneka lomba di atas juga mendukung perkembangan anak ke arah positif dan bisa mengembangkan karakter anak agar semakin memiliki jiwa kompetitif.


Sumber Referensi:

1. Alquranclasses.com. (2022). 10 Ways islam encourages healthy competition [1]

2. Sahlahacademy.net. (2022). Islamic games for kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.