Top

7 Ide Kegiatan Ramadan Anak Usia 2-3 Tahun di Rumah dan Manfaatnya: Full 1 Minggu

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Mar 2024

  |  

Edukasi

Anak-anak usia dini membutuhkan pembelajaran menyenangkan, sekaligus dapat mengenal serta menghayati nilai-nilai Islami. Mereka juga diharapkan akan semakin beriman dan bertakwa kepada Allah, terutama di bulan Ramadan tahun 2024 ini.

Berikut ini adalah 7 ide kegiatan Ramadan bersama Ayah Bunda dan Si Kecil yang berusia 2-3 tahun selama 1 minggu atau 7 hari. Ajak Si Kecil melakukan variasi kegiatan setiap hari agar ia tidak bosan, selalu bersemangat, dan mendapatkan pengetahuan baru di bulan Ramadan.

KABI (Kisah Teladan Nabi): Media Mengembangkan Karakter Anak dengan Video Animasi

 

a. Hari 1: Menjelaskan Makna Bulan Ramadan

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil membaca buku atau menonton video animasi tentang Ramadan. Ayah Bunda juga perlu menjelaskan makna dan pentingnya ibadah puasa dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti Si Kecil, misalnya dengan menjelaskan bahwa saat menunggu waktu berbuka puasa, kita semua bisa belajar tentang arti sikap sabar.

  • Manfaat dari kegiatan ini adalah mengembangkan kognitif Si Kecil, terutama pengetahuan tentang konsep serta makna Ramadan dan puasa. Si Kecil bisa belajar tentang karakter kesabaran.

Baca juga: Aneka Kegiatan Ramadan Seru untuk Anak Usia 2-3 Tahun Lainnya

b. Hari 2: Berkreasi dengan Membuat Kartu Ramadan

Ayah Bunda bisa membantu menyiapkan kertas manila putih atau warna terang yang sudah dibuat bentuk kartu ucapan. Sebagai alat dan bahan dekorasi Ayah Bunda bisa menyiapkan pensil warna, spidol, stiker, dan gambar-gambar menarik (yang bisa didapatkan dari Google Image).

Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil menuliskan kata-kata ucapan dan nama penerima kartu ucapan, misalnya “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”. Si Kecil bisa memberikan dekorasi tambahan dengan gliter atau kertas warna-warni.

  • Manfaat dari membuat kreasi ini adalah mengajarkan kepada Si Kecil tentang sikap peduli dan pentingnya menjalin silaturahmi atau bersosialisasi. Si Kecil juga belajar mengembangkan kreativitas dan daya imajinasinya dengan membuat kreasi ini.

Baca juga: Kegiatan Lengkap PAUD di Bulan Ramadan

c. Hari ke-3: Membuat dan Menghias Masjid Mini

Masjid mini ini bisa dibuat sendiri dengan alat dan bahan kertas manila, lem, gunting, spidol / krayon, stiker dan hiasan tambahan lainnya. Masjid mini bisa dibuat sendiri dengan metode menjiplak. Gambar masjid bisa ditemukan di Google Image (pilih gambar yang sederhana). Bila kurang tebal, Ayah Bunda bisa melapisinya dengan kertas karton berukuran tebal.
Bantu Si Kecil saat menghias dengan spidol, kertas warna, stiker, gliter, dan aneka bahan dekorasi lainnya.

Cara ke dua, Ayah Bunda juga bisa membeli masjid mini di toko-toko, dan meminta Si Kecil menghiasinya.

  • Manfaat dari membuat kreasi ini adalah mengembangkan kreativitas, stimulasi motorik halus, meningkatkan fokus, dan pengenalan bentuk, warna, serta pola.

Ajak Si Kecil Mengerjakan Lembar Kerja Anak. Ada Banyak Variasi LKA di Platform Educa Studio, yaitu:
- Menghitung
- Menulis
- Menggunting

d. Hari ke-4: Menjelaskan Tentang Adab Berbuka Puasa

Untuk menjelaskan tentang adab berbuka puasa, Ayah Bunda bisa mengajarkannya dengan metode bercerita atau bermain peran dengan tema tersebut.

Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil mewarnai gambar, misalnya gambar anak sedang membawa kurma, berbagi kepada sesama, berdoa, makan dengan sopan, dan lainnya. Ajarkan pula kepada Si Kecil tentang cara menggunakan alat-alat makan dengan sopan saat berbuka puasa.

  • Manfaat dari kegiatan ini adalah mengajarkan nilai-nilai Islam, kesopanan, dan adab-adab yang baik sesuai ajaran agama.

e. Hari ke-5: Mengenal Makanan Sunnah di Bulan Ramadan

Libatkan Si Kecil saat menyajikan makanan untuk berbuka puasa, misalnya kurma, susu, madu, buah-buahan, air putih, dan makanan/minuman halal lainnya. Jelaskan kepada Si Kecil nama-nama makanan / minuman tersebut dengan kesabaran dan tata bahasa yang sopan.

f. Hari ke-6: Bermain Bersama

Ajak Si Kecil bermain bersama dengan media atau alat peraga yang bertema Islami, misalnya dengan media kartu memori, flash card, puzzle, board game dan lainnya.

Di era digital, Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil mengunduh aneka permainan bertema Islami, misalnya:

- Marbel Mengaji
- Marbel Huruf Hijaiyah
- Marbel Muslim Kids

  • Aktivitas menyenangkan ini bermanfaat untuk mengembangkan kognitif Si Kecil, terutama aneka pengetahuan tentang agama Islam. Si Kecil juga bisa belajar konsentrasi dan kesabaran saat bermain puzzle.

g. Hari ke-7: Berdoa Bersama

Ajak Si Kecil berdoa bersama sebelum berbuka puasa. Saat mengajarkan Si Kecil berdoa, Ayah Bunda perlu menjadi teladan yang baik. Ajarkan pula dengan bahasa yang sederhana. Sebelum berdoa bersama, Ayah Bunda juga bisa mengajar Si Kecil dengan Media Aplikasi edukasi, yaitu Marbel Doa Anak Muslim.

  • Manfaat dari aktivitas ini adalah mengembangkan kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan Si Kecil. Si Kecil juga akan semakin mengenal aneka doa dalam agama Islam.

Semoga rencana belajar di atas bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan terutama saat bulan Ramadan dan dalam rangka mengembangkan nilai-nilai Islam pada Si Kecil. Semoga bulan Ramadan tahun 2024 ini menjadi semakin bermakna dengan mengajak Si Kecil melakukan aneka kegiatan yang positif dan edukatif.

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.