Top

Ide Kegiatan Anak Usia 4-5 Tahun untuk Mengembangkan 10 Karakter Islami di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

15 Mar 2024

  |  

Edukasi

Bulan Ramadan adalah saat terbaik bagi Si Kecil untuk mengembangkan karakter positifnya. Ada 10 karakter Islami yang bisa dikembangkan melalui variasi kegiatan yang menyenangkan.

Berikut ini adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh Si Kecil yang berusia 4-5 tahun agar semakin tumbuh menjadi anak yang sholeh dan berakhlak mulia:

1. Gemar Berderma

Si Kecil bisa diajak untuk melakukan kegiatan memasak bersama. Beberapa menu makanan yang cocok dimasak bersama Si Kecil adalah sup buah, bubur kacang hijau, kue nastar, puding, kebab, dan lainnya.

Setelah selesai memasak, Si Kecil bisa diajak untuk membagikannya kepada para tetangga atau kepada mereka yang kurang mampu.

Menonton Video Animasi KABI (Kisah Teladan Nabi), bisa Menjadi Salah Satu Aktivitas Saat Si Kecil Berpuasa. Unduh Aplikasi KABI dengan Klik di SINI.

2. Ketabahan

Puzzle adalah salah satu permainan yang membutuhkan waktu yang relatif tidak singkat, serta usaha yang tidak mudah. Saat Si Kecil mulai menyerah, Ayah Bunda bisa memotivasinya agar bersemangat dan pantang menyerah untuk menyelesaikannya.

Kembangkan Keterampilan Si Kecil dengan Mengerjakan Lembar Kerja Anak. Ada Banyak Variasi LKA di Platform Educa Studio, yaitu:
- Menghitung
Menulis
Menggunting

3. Kesabaran

Ayah Bunda bisa mengajarkan kepada Si Kecil agar bersedia menunggu dengan sabar saat hendak berbuka puasa. Saat hendak mengambil makanan, Ayah Bunda bisa mengingatkan Si Kecil agar bersedia menunggu giliran saat mengambil makanan dan bersedia menikmati hidangan tanpa terburu-buru.

Adapun permainan yang cocok untuk mengajarkan karakter kesabaran kepada Si Kecil adalah permainan papan dan menggambar. Obyek yang cocok untuk digambar oleh Si Kecil adalah bulan, bintang, masjud, buah kurma, makanan, buah-buahan, dan lainnya.

4. Kesederhanaan

Ajak Si Kecil untuk tidak terikat oleh suatu benda atau yang bersifat materi, misalnya laptop, handfon, uang, atau jenis makanan tertentu. Bimbing Si Kecil agar bersedia mengurangi apa yang ia suka, misalnya bermain laptop terlalu lama, makanan kesukaan, hobi jajan, dan lainnya.

Permainan yang cocok untuk mengembangkan karakter kesederhanaan antara lain bonek, balok kayu, dan aneka permainan tradisional. Temani Si Kecil dalam bermain dengan melakukan aneka permainan tanpa layar.

5. Kelembutan Hati

Bimbing Si Kecil untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik kepada teman-temannya, misalnya memberi salam, meminta maaf kepada teman yang pernah dibuat sedih, menjaga tutur kata saat berbicara dan lainnya. Jangan lupa, Ayah Bunda juga perlu menjadi teladan. Jelaskan kepada Si Kecil bahwa saat kita melakukan hal yang baik kepada teman-teman, maka mereka juga akan bersikap baik kepada kita.

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain peran sebagai dokter yang sedang merawat pasien yang sedang sakit. Si Kecil bisa berpura-pura sebagai dokter, Ayah Bunda bisa berperan sebagai pasien yang sederhana.

Kembangkan Karakter Si Kecil Bersama RIRI (Cerita Anak Interaktif)

 

6. Bersikap Sopan

Ajarkan kepada Si Kecil adab yang baik kepada orang tua, orang yang lebih tua, dan kepada guru.

Ajarkan pula pada Si Kecil cara dan pentingnya mengucapkan kata salam kepada orang yang lebih tua, berkata “tolong” saat meminta bantuan, dan mengucapkan “maaf” saat berbuat salah.

Ayah Bunda bisa mengajarkan hal ini dengan mengajak Si Kecil bernyanyi lagu tentang “3 Kata Ajaib”.

Temukan GAMES dan AKTIVITAS ANAK PAUD di Bulan Ramadan dengan Klik EDUCA RAMADAN

7. Sikap Taat Kepada Allah

Ajarkan kepada Si Kecil tentang cara menunaikan ibadah keagamaan, seperti sholat dan aneka doa-doa sederhana sebelum melakukan aktivitas.

Permainan yang cocok untuk mengajarkan hal ini adalah dengan mengajak Si Kecil bermain “Marbel Doa Anak Muslim”.

8. Ketekunan

Ajak Si Kecil membuat jadwal kegiatan harian selama bulan Ramadan. Ayah Bunda bisa membimbing Si Kecil agar melakukan kegiatan yang bervariasi dalam sehari. Jelaskan kepada Si Kecil manfaat melakukan suatu aktivitas tertentu, agar ia semakin termotivasi untuk melakukannya.

Motivasi Si Kecil agar bisa menyelesaikan setiap tugas dan rutinitas hariannya hingga tuntas, misalnya merapikan kamar, menggambar, mewarnai, dan lainnya. Ia akan belajar ketekunan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

9. Mampu Berintrospeksi Diri

Karakter ini perlu diajarkan kepada anak usia dini, agar Si Kecil mampu mengetahui kelebihan yang ia miliki dan menerima kekurangan yang ada dalam dirinya. Ajak Si Kecil bercerita tentang aktivitas kegemarannya, pengalaman yang menyenangkan yang pernah ia alami, prestasi yang pernah ia alami, dan lainnya. Ajak pula Si Kecil bercerita tentang hal-hal yang perlu ia kembangkan dalam dirinya.

Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk menonton sebuah dongeng animasi, dan mengajaknya berdiskusi tentang isi dongeng tersebut.

Aneka kegiatan di atas bermanfaat untuk mengembangkan aneka karakter Si Kecil, terutama ragam nilai-nilai dalam agama Islam di bulan Ramadan. Semoga karakter Si Kecil semakin berkembang di bulan Ramadan ini, dan terus berkembang setelah bulan Ramadan di tahun 2024.


Sumber Referensi:

1. Home.oxfordowl.co.uk. (2022). Learning activities age 4-5 [1]

2. Sitters.co.uk. (2022). The 15 best activities for children [2]

3. Signupgenius.com. (2022). Character education activities [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.