Top

7 Aktivitas Fisik Anak PAUD yang Edukatif dan Menyehatkan

02 Oktober 2022

Dilansir dari vic.gov.au, aktivitas fisik dapat membuat anak-anak dan para remaja menjadi pribadi yang bahagia, sehat, dan tangguh. Mereka pun dipercaya mampu mengembangkan kebiasaan hidup yang lebih berkualitas. Dalam hal ini, terdapat aneka aktivitas fisik yang menyehatkan dan bisa dilakukan khususnya oleh anak-anak PAUD. Aneka kegiatan di PAUD yang edukatif dan menyehatkan tidak hanya identik dengan melakukan senam atau aneka cabang olah raga, seperti sepak bola, bola basket, dan lainnya. Lantas, apa saja kegiatan edukatif lain yang bisa diberikan pada anak-anak PAUD?

1. Kegiatan Menari

Menari tidak hanya menyehatkan tubuh karena bisa membuat tubuh anak berkeringat. Namun, aktivitas ini juga bermanfaat untuk mengembangkan konsentrasi anak, melepaskan stres, dan menyehatkan jantung anak.

2. Berkunjung ke Pasar Tradisional

Saat berada di pasar, anak bisa berjalan berkeliling dan bisa memahami cara berbelanja. Tentu saja aktivitas ini akan membuat tubuh anak menjadi lebih bugar. Mereka juga bisa mengenal dan belajar dengan cara melihat berbagai macam barang dan benda nyata yang dijual di pasar. Manfaat lain dari kegiatan ini adalah mengembangkan kecerdasan sosial anak dan mengembangkan keterampilan berwirausaha (terutama saat melakukan transaksi).

3. Kegiatan Memasak Bersama

Kegiatan ini bisa menjadi satu rangkaian dengan kegiatan berkunjung ke pasar tradisional. Setelah anak belajar cara berbelanja di pasar tradisional, anak bisa diajak untuk melakukan kegiatan memasak.

Selain menyehatkan jasmani anak, aktivitas ini bisa melatih sensorik anak. Anak menjadi paham bentuk tepung yang lembut dan halus, telur yang bentuknya lonjong, kacang hijau yang mungil dan berbentuk butiran, air yang berbentuk cair, kecap yang hitam dan kental, serta aneka tekstur dan bentuk benda lainnya. Selain itu, tentu saja anak bisa berlatih kesabaran saat menunggu masakannya matang.

4. Bermain Aneka Balapan (Racing)

Kegiatan balapan memang sudah sangat familiar dilakukan saat pelajaran olah raga. Namun, anak-anak PAUD bisa melakukan aneka balapan yang unik, lucu, dan tentu saja memiliki nilai edukasi.

Beberapa di antaranya adalah balap karung, balap bakiak, balap kelereng, memindahkan bendera, dan lainnya. Aneka balapan ini bisa dimodifikasi menjadi suatu permainan yang lebih menantang dan edukatif, misalnya balap bakiak sambil bernyanyi lagu daerah atau lomba memindahkan bendera bergambar angka.

5. Menggambar di Alam Bebas

Guru bisa mengajak anak berjalan-jalan di taman atau di sebuah wisata alam. Di tempat tersebut, anak diajak untuk melakukan kegiatan melukis dengan peralatan yang lengkap, misalnya cat air, kertas gambar atau kain kanvas, alas menggambar, dan lainnya. Guru bisa mengajak anak-anak melakukan kegiatan ini di pagi hari, agar tubuh anak terkena sinar matahari yang menyehatkan.

6. Jalan-Jalan di Pedesaan

Guru bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi sebuah desa yang masih tradisional. Anak-anak bisa diajak untuk melakukan aneka kegiatan yang biasa dilakukan oleh penduduk desa, misalnya menanam padi, berjalan menyusuri sawah, menangkap belut, memancing ikan, memberi makan hewan ternak, membuat kerajinan tangan, dan aktivitas lainnya.

Sebelum mengunjungi suatu desa, akan lebih baik jika para guru sudah bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. Hal ini perlu dilakukan agar perangkat desa setempat bisa menyiapkan segala peralatan, tempat, dan aneka aktivitas yang edukatif, aman, dan cocok untuk anak-anak. Beberapa desa bahkan sudah diatur dan dikelola sedemikian rupa menjadi suatu tempat untuk berekreasi dan belajar. Desa seperti ini biasa disebut sebagai desa wisata.

7. Kerja Bakti dan Menghias Kelas

Selain menyehatkan tubuh, aktivitas ini sangat bermanfaat untuk menguatkan rasa persaudaraan serta kerja sama, mengembangkan karakter cinta kebersihan, meningkatkan rasa empati, dan mengembangkan kecerdasan seni. Guru bisa membagi tugas kepada anak-anak untuk membawa aneka peralatan kebersihan, serta perlengkapan dan bahan untuk menghias kelas.

Kegiatan ini dapat diawali dengan acara kerja bakti dan bersih-bersih kelas. Setelah kelas bersih dan rapi, anak-anak bisa diajak untuk menghias kelas dengan aneka dekorasi dan karya kerajinan tangan mereka yang unik serta menarik.


Sumber Referensi:

          1. Freytag, C. (2021). 45 fun and healthy activities to do with your kids this summer [1]

          2. Vic.gov.au. (2022). Why kids need to get their move on [2]

Author :Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.