Top

8 Kegiatan Anak yang Menyenangkan di Bulan Ramadan 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Mar 2023

  |  

Edukasi

Bulan Ramadan tahun 2023 telah tiba. Ayah Bunda tentu ingin agar Si Kecil mulai belajar menunaikan ibadah puasa. Agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar, ia perlu dilatih agar tetap dalam suasana hati yang baik dan senang. Aneka aktivitas mendidik dan menyenangkan bisa menjadi pilihan terbaik. Aktivitas apa saja yang bisa Ayah Bunda berikan?

1. Menonton Video Dongeng Kisah Nabi (Kabi)

Dongeng adalah kegiatan fun yang bermanfaat untuk mengembangkan kognitif Si Kecil, meningkatkan kecerdasan bahasa, memperkaya kosakata, dan membangun karakter. Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio adalah jagonya dongeng. Setelah sukses mengembangkan kanal Youtube Riri, Cerita Anak Interaktif, kini beliau telah merilis koleksi dongeng di platform Vidio.

Ada 5 dongeng terbaru Kabi atau kisah Nabi. 5 Judul dongeng terbaru bernafaskan Islami tersebut berjudul:

Kabi juga hadir dalam bentuk aplikasi kombinasi dongeng dan permainan. Koleksi lengkapnya bisa ditemukan dengan klik di sini.

2. Membuat Kerajinan Tangan Bedug Berbahan Kaleng Susu Bekas

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah kaleng bekas, kertas karton, kertas warna (asturo atau origami), stik ice cream, pentol korek, dan lem. Tutorial tentang cara membuat karya kerajinan tangan ini bisa ditemukan di platform Duniabelajaranak.id.

Si Kecil juga bisa diajak untuk membuat karya kerajinan tangan lainnya di platform Dunia Belajar Anak. Aneka kreasi kerajinan tangan di platform tersebut sudah dikelompokkan secara tematik.

3. Bermain Gim Belajar Shalat

Gim ini dirilis dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Gim ini diperuntukkan bagi anak yang berusia 4 sampai 8 tahun. Si kecil akan belajar tentang tata cara melakukan shalat lima waktu dan urutan setiap gerakan shalat beserta dengan doanya.

4. Bermain Gim Marbel Doa Anak Muslim

Terdapat 36 doa-doa untuk hafalan dan untuk dipahami si kecil dalam aplikasi ini. Doa-doa yang dipilih dalam aplikasi ini adalah doa-doa yang penting dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi game ini secara khusus untuk dibuat agar bisa dimanfaatkan sebagai media menarik untuk menghafal dan memahami doa-doa penting dalam hidup sehari-hari. Silakan diunduh gim ini di Google Play Store.

Ayah Bunda, agar Si Kecil semakin terampil dalam menulis dan membaca huruf Hijaiyah, ia juga bisa belajar dengan aplikasi Marbel Huruf Hijaiyah.

5. Belajar Pengetahuan tentang Puasa Ramadan

Gim yang cocok untuk memperluas wawasan si Kecil tentang puasa Ramadan adalah aplikasi Marbel Panduan Puasa Ramadan. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengenalkan kepada si kecil tentang indahnya Ramadan. Panduan puasa dalam aplikasi ini disusun secara lengkap dan disajikan dengan animasi serta bersifat interaktif.

6. Mengajak Si Kecil Berbelanja

Ayah dan Bunda tentu perlu merencanakan aneka menu favorit yang bisa disantap bersama saat berbuka puasa. Ajak si kecil untuk berperan aktif dengan cara mengajaknya berbelanja di supermarket agar ia bisa memilih bahan masakannya.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil saat Anda membeli aneka jajanan pasar yang bisa dinikmati bersama. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan si kecil tentang aneka bumbu masak, sayur-sayuran, serta mengenal aneka jajanan pasar, dan makanan tradisional.

7. Mengunjungi Panti Asuhan

Kegiatan yang cocok dilakukan bulan Ramadan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan sosial dan empati Si Kecil. Si kecil juga akan semakin memahami manfaat atau pentingnya berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Anak-anak era digital perlu melakukan kegiatan sosial seperti ini, agar ia semakin tumbuh menjadi anak yang baik, pandai bersosialisasi, terampil membawa diri, dan gemar bekerja sama.

8. Membersihkan Rumah Bersama

Membersihkan rumah membuat si kecil melupakan rasa lapar dalam dirinya. Membersihkan rumah juga merupakan aktivitas fisik yang baik serta bisa membuat tubuh menjadi semakin bugar.

Semoga si Kecil bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar. Aneka aktivitas di atas tentu juga akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan karakter, keterampilan, dan pengetahuan si Kecil. Selamat mempraktikkan bersama Si Kecil di rumah.


Sumber Referensi

1. Freepik.com. (2022). Happy islamic family sitting floor full shot [1]

2. Freepik.com. (2022). Little kid standing with pineapple supermarket [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.