Top

Rekomendasi Permainan Ngabuburit untuk PAUD yang Seru dan Menyehatkan di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Mar 2023

  |  

Edukasi

Bulan Ramadan pasti akan lebih menyenangkan bila diisi dengan kegiatan ngabuburit yang asyik dan menyehatkan di sekolah. Siswa PAUD yang sudah belajar untuk menunaikan ibadah puasa akan menjadi lebih bugar dan dalam situasi hati yang senang.  Aktivitas game dengan cara melompat adalah salah satunya.

Dilansir dari Avondale.uptownjungle.com, dijelaskan bahwa melalui lompatan, anak-anak mulai memahami tubuh mereka jauh lebih baik, yang mengarah pada peningkatan yang cukup besar dalam koordinasi bagian tubuh lainnya. Selain itu, melompat adalah salah satu aktivitas fisik untuk membakar kalori. Aktivitas melompat sangat bagus untuk mengatasi potensi masalah berat badan.

Inilah beberapa rekomendasi ngabuburit lewat game dan aktivitas seru serta terbaru dengan cara melompat yang bisa dipraktikkan kepada siswa usia PAUD. Semoga bisa menjadi aktivitas yang digemari siswa PAUD di sekolah kala bulan Ramadan.


1. Melompat di Atas Spon Busa Berangka 1-8

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan permainan ini adalah spon busa keras. Spon busa yang biasa digunakan adalah yang berbahan keras, berbentuk persegi, bergerigi, dan bisa dirangkai (bisa dialihfungsikan menjadi karpet). Berikan tulisan angka 1, 2, 3, hingga 8 pada spon busa tersebut (biasanya tersedia juga spon busa yang sudah bertuliskan angka).

Susunlah spon busa tersebut dengan jarak kira-kira 30 cm dari setiap masing-masing spon busa. Susunan spon busa bisa berbentuk garis lurus atau vertikal. Anda juga bisa menyusunnya dengan posisi zigzag.

Tugas siswa adalah melompat dari satu spon busa ke spon busa yang lain sesuai dengan urutan angka yang tepat dari 1 sampai 8.

Permainan ini akan lebih aman bila dilakukan di luar ruangan. Hindarilah meletakkan spon busa di lantai yang licin.

Aneka video Kisah Nabi (Kabi) karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio kini hadir di Vidio.com


2. Melompati Rintangan Susunan Gelas

Siapkanlah 9 buah gelas plastik. Buatlah sebuah rintangan dengan menggunakan tiga buah gelas plastik. Bila saat ini anda menyiapkan 9 buah plastik maka anda bisa membuat 3 buah rintangan. Setiap rintangan perlu diberi jarak sebesar 30 cm.

Tugas siswa adalah melompati rintangan pertama, rintangan kedua, dan yang terakhir adalah melompati rintangan ketiga. Setelah itu siswa bisa berbalik arah dan melakukan hal yang sama.

Jumlah rintangan dan bentuk susunan gelas bisa dimodifikasi untuk menciptakan game siswa PAUD yang lebih menantang.


3. Melompat di Atas Garis

Buatlah sebuah garis yang panjang dengan bahan spon busa. Panjang garis tersebut kira-kira adalah 3 meter. Beberapa variasi gerakan melompat dengan media garis berbahan spon busa tersebut adalah:

a. Melompat di Atas Garis Lurus

Siswa melakukan gerakan melompat maju ke depan dan mendarat dengan cara kedua kaki menginjak garis. Siswa melakukan gerakan yang sama ke depan (dengan cara melompat) sampai ujung garis.

b. Melompat di Atas Garis Zigzag

Siswa melompat tepat di atas garis dengan posisi miring atau melakukan gerakan zigzag. Siswa melakukan gerakan melompat miring secara berulang-ulang tanpa menyentuh garis menuju ujung garis.

Kembangkan aneka keterampilan anak PAUD dengan aplikasi game seru di bawah ini! Unduh dengan klik gambarnya!


4. Lompat Jauh

Siapkan karpet spon yang berbentuk persegi dan bertuliskan angka 1 sampai 8 (seperti yang digunakan di aktivitas no 1). Susunlah karpet spon hingga membentuk garis lurus. Susunan angka yang tertulis pada karpet spon s adalah berurutan dari 1 sampai 8.

Mintalah siswa untuk membuat ancang-ancang dan melompat sejauh mungkin hingga mendarat di karpet terjauh. Siswa boleh mengulangnya hingga dua kali lompatan. 

Setelah melakukan 2 kali lompatan, Anda bisa menjumlahkan angka yang dicapai siswa tersebut.

Mari bergabung di acara "SOLASIDO#4", Seminar plus sharing asyik gratis dan dapat sertifikat dengan klik gambar di atas!


Baca juga:

1. Raha, Aktivitas di Sekolah untuk Mengembangkan Ketrampilan Literasi

2. Inilah 7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air


5. Melompat dengan Satu Kaki

Gerakan dari aktivitas ini cukup mudah. Siswa hanya mengangkat satu buah kakinya dan memintanya melakukan gerakan melompat. Beberapa variasi gerakan melompat yang bisa dilakukan adalah:

a. Melompat Maju dan Mundur

Siswa melakukan gerakan melopat ke arah depan atau ke belakang. Guru bisa menentukan berapa kali siswa harus melompat maju atau mundur.

b. Melompat dan Bertepuk dengan Iringan Lagu

Lagu yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas ini adalah lagu berjudul “Bila Kau Suka Hati”. Berikut ini adalah syair lagu yang bisa divariasi, sehingga aktivitas yang dilakukan siswa juga bisa bervariasi:

“Bila kau suka hati tepuk tangan (bertepuk)” atau “Bila kau suka hati yuk melompat (melompat)”

c. Melompat di Tempat

Siswa diminta melompat di tempat sesuai dengan perintah guru. Bila Anda mengatakan “lompat tiga kali”, maka siswa harus melompat di tempat sebanyak tiga kali. Perintah bisa dimodifikasi menjadi "lompat tiga kali ke depan dan dua kali ke kiri". 

Ada banyak dongeng edukatif pembangun karakter karya Pak Andi Taru dan tim Educa Studio di Vidio.com

6. Gerak Lagu Melompat

Gerak lagu sangat bermanfaat untuk mengembangkan fisik dan motorik anak usia dini. Dengan melakukan gerak dan lagu, siswa juga akan melatih aneka kecerdasan majemuk mereka, yaitu kecerdasan fisik, sosial, emosional, bahasa, kognitif, seni, dan moral.

Bebebrapa contoh judul lagu yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan gerakan melompat adalah:
1. "Let’s Start Jump"
2. "Rabbits Jump"
3. "Jump" bersama Miss Patty

Rekomendasi aktivitas ngabuburit dan game dengan gerakan melompat bisa meningkatkan kebugaran dan semangat siswa di kelas. Yuk, ajak anak melakukannya selama bulan Ramadan. Semoga ibadah siswa PAUD menjadi lebih lancar!

Mau dapat voucher berlangganan video Kisah Nabi (Kabi) senilai  Rp 15.000,- dan 100.000,-? Yuk, gabung ikuti promonya dengan klik gambar di bawah ini!


Sumber Referensi:

     1. Avondale.uptownjungle.com. (2019). Jumping good when kids babies [1]

     2. Freepik.com. (2022). Silhouette children playing [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.