Top

7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

12 Mar 2023

  |  

Edukasi

Salah satu pembelajaran paling seru tema air udara api adalah saat anak-anak PAUD melakukan aktivitas dengan media air. Ada banyak kegiatan bermain dengan media air yang bisa dilakukan anak-anak. Bermain dengan air juga memiliki aneka manfaat. Dilansir dari Kidsclubchildcare.com.au, dikatakan:

“Permainan air memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar di semua jenjang usia anak. Aktivitas seperti menuangkan, menggosok, menyemprotkan, mengaduk, meremas adalah ragam gerakan penting yang mampu mengembangkan motorik halus dan koordinasi tangan-mata.”

Inilah aneka macam aktivitas dengan media air yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak.

1. Menuangkan Air

Siapkanlah 1 ember besar yang berisi air yang banyak. Sediakan pula 5 mangkuk dan sebuah gelas berbahan plastik. Mintalah siswa untuk menuangkan air dengan menggunakan gelas plastik dari ember besar ke dalam 5 mangkuk.

Siswa akan belajar pentingnya kecepatan yang disertai dengan ketenangan. Siswa akan semakin cerdas dalam mengontrol emosi saat melakukan aktivitas ini.

2. Menyemprot Pin Bowling

Untuk melakukan permainan ini Anda perlu mempersiapkan sebuah selang yang terhubung dengan keran air. Siapkan pula 10 pin bowling dan susunlah di atas meja yang letaknya cukup jauh dari lokasi selang air berada.

Mintalah siswa untuk menyemprotkan air pada 10 pin bowling tersebut dengan menggunakan selang air. Siswa yang dapat menumbangkan 10 pin bowling dalam waktu yang tercepat adalah pemenangnya.

3. Kapal Origami Berlayar

Kegiatan awal yang perlu diberikan kepada siswa adalah meminta mereka untuk membuat kreasi origami berbentuk kapal.

Setelah kreasi origami berbentuk kapal selesai dibuat, Anda bisa meminta siswa untuk meletakkan origami berbentuk kapal di atas air yang berada di dalam ember besar. Mintalah siswa untuk meniup kapal origaminya. 

Anda bisa menjelaskan siswa bahwa kapal layar bisa bergerak di lautan karena tertiup angin. 

4. Menambang Emas di Perairan

Anda perlu menyiapkan batu-batuan yang sudah diwarnai dengan aneka warna yang menarik. Ada warna merah, kuning, hijau, dan biru. Setelah catnya kering letakkanlah puluhan batuan tersebut ke dalam sebuah ember yang berisi air.

Jelaskan pada siswa bahwa batu-batuan yang berwarna kuning adalah emas. Mintalah siswa untuk menemukan batu berwarna kuning (emas) di dalam sebuah ember besar.

Berikan waktu selama 30 detik kepada setiap siswa untuk bisa menemukan batu berwarna kuning dan meletakkannya ke dalam sebuah ember kecil. Siswa yang menemukan emas terbanyak adalah pemenangnya.

Permainan ini juga bisa divariasi dengan cara meminta siswa untuk menemukan 3 buah batu berwarna kuning dan 3 buah batu berwarna merah secepatnya. Variasi permainan ini bisa berguna untuk mengembangkan keterampilan anak dalam berhitung, sambil bermain dengan warna. Anak juga akan memahami bahwa batu termasuk benda yang bisa tenggelam saat diletakkan di permukaan air.

 

Selain belajar tentang air, anak juga perlu belajar tentang api. Yuk, belajar tentang bahaya dan pemanfaatan api dengan  aplikasi gim di bawah ini!

5. Bermain Gelembung Sabun

Anda hanya perlu menyiapkan air yang sudah dicampur dengan sabun. Pastikan sabun yang digunakan adalah sabun yang aman untuk kulit anak-anak.

Siapkan pula kawat yang sudah dibentuk lingkaran dengan gagangnya sebagai pegangan. Mintalah siswa untuk mencelupkan lingkaran kawat tersebut ke dalam air yang sudah bercampur dengan sabun lalu meniupnya. Bagian yang ditiup adalah pada bagian lingkaran yang sudah dibasahi dengan air sabun.

Kegiatan bermain air dan gelembung sabun mampu mengembangkan koordinasi penglihatan mata dan motorik tangan. Siswa juga akan merasakan manfaat berolahraga bagi kebugaran tubuhnya, saat ia mengejar gelembung-gelembung sabun. 

6. Mencuci Mainan

Agar sabun yang digunakan untuk bermain gelembung sabun tidak dibuang sia-sia, Anda bisa meminta siswa untuk membersihkan mainan berbahan plastik dengan air tersebut. Ajarkan kepada siswa cara membersihkan mainan dan cara menggosoknya dengan menggunakan sebuah lap.

Siswa bisa belajar tentang cara menjaga kebersihan dan merawat mainan dengan baik. Bila ia memahami bahwa ia perlu bekerja keras untuk merawat mainannya, maka ia akan mampu menjaga mainan tersebut dengan lebih baik dan mengusahakannya untuk menggunakannya dengan lebih baik agar tidak mudah rusak.

Agar anak semakin memahami cara menjaga kebersihan air, silakan ajak si Kecil menonton lagu berjudul "Air Mengalir"!

7. Memindahkan Air dengan Spon

Alat yang perlu Anda siapkan untuk permainan air ini adalah sebuah ember kecil, sebuah corong, sebuah botol plastik air mineral berukuran besar, dan sebuah spon yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

Mintalah siswa untuk meletakkan dan memasukkan bagian ujung (lubang kecil) corong ke dalam botol. Setelah itu siswa harus memindahkan air dengan cara memasukkan spon ke dalam ember yang berisi air agar air meresap ke dalam spon.

Setelah spon menjadi basah kuyup, siswa memeras spon tepat di atas corong yang berlubang besar. Air akan masuk ke dalam botol. Mintalah siswa untuk melakukannya berkali-kali hingga botol penuh dengan air.

Siswa akan memahami bahwa air bisa meresap ke dalam celah-celah yang kecil dan air juga bisa memenuhi ruangan. Bentuk air bisa menyesuaikan diri dengan wadahnya.

Lagu berjudul "Sifat Air" membuat anak semakin paham aneka sifat air. Yuk ditonton di kanal YT Educa Studio!

8. Memindahkan Karet dengan Garpu

Siapkanlah 50 biji karet gelang dan masukkan ke dalam panci plastik yang berisi air. Siapkan pula sebuah mangkok kosong dan sebuah garpu.

Tugas siswa adalah memindahkan karet gelang dengan menggunakan garpu, dari panci plastik yang berisi air dan puluhan karet gelang ke dalam mangkuk kosong.

Secara umum, manfaat bermain air adalah mengembangkan keterampilan sosial dan emosional anak. Adanya komunikasi dan interaksi dengan teman saat bermain memungkinkan anak untuk dapat menjalin kerja sama dan mengekspresikan diri. 

Bunda PAUD di sekolah dan Ayah Bunda di rumah bisa mencoba kegiatan dengan media air di atas kepada anak-anak. Semoga bermanfaat!

Optimalkan keterampilan anak dalam membuat aneka kreasi berbasis teknologi yang edukatif dan menarik bersama Kelas Kreator Gamelab.id. Yuk, daftar dengan klik gambar di bawah ini!


Baca juga:

1. 5 Macam Permainan Balapan Favorit Anak PAUD

2. Inilah 7 Aktivitas Fisik Anak PAUD yang Edukatif dan Menyehatkan


Sumber Referesni:

      1. Kidsclubchildcare.com.au. (2022). 5 benefits of water play in early childhood development [1]

      2. Empoweredparents.co. (2022). Benefits of water play [2]

      3. Freepik.com. (2022). Thai cute little girl playing with soap bubbles park [3]

      3. Freepik.com. (2022). Child raincoat playing with plastic boat [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.