Top

8 Tips Parenting: Menjadi Bestie Bagi Sang Buah Hati

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Des 2022

  |  

Parenting

Bagaimana cara menjadi orang tua yang sekaligus bisa menjadi bestie bagi sang buah hati? Dilansir dari nurturey.com, Tom Bronson berpendapat:

“Fokus saja pada apa yang dicari anak Anda dan jadilah orang itu. Ketika orang tua menjadi sahabat anaknya, ikatan mereka semakin kuat seiring berjalannya waktu.”

Agar bisa menjadi bestie atau sahabat terbaik serta istimewa bagi sang buah hati, Ayah dan Bunda perlu memahami aneka kebutuhan anak dan apa yang ia inginkan. Tentu saja Ayah dan Bunda membutuhkan kiat-kiat khusus agar bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan sang buah hati, sehingga bisa menjadi sahabat terbaik baginya. Apa saja kiat-kiat tersebut?

1. Bermain Bersama si Kecil

Semua anak pasti suka bermain. Ayah dan Bunda bisa menjadi sahabat atau partner bermain bagi si kecil, saat ia bermain permainan balok, puzzle, lego, dan lainnya. Ajak pula si kecil bermain permainan yang membutuhkan lawan main, misalnya bermain monopoli, ular tangga, dan lainnya. Saat bermain bersama si kecil, biarkan si kecil memenangkan permainan tersebut meski harus mengalah, agar ia semakin bersemangat melakukan permainan. Ayah dan Bunda perlu intens melakukan interaksi dan menunjukkan semangat saat bermain bersama si kecil.

Beberapa permainan online yang edukatif juga bisa menjadi pilihan bagi Ayah dan Bunda. Beberapa contoh permainan tersebut antara lain:

- Koleksi Permainan Edukatif "Marbel Belajar TK dan PAUD"
- Marbel Membaca 
- Marbel Puzzle

2. Mengajak Pergi ke Tempat Favoritnya

Biarkan si kecil memilih tempat yang hendak ia tuju saat menghabiskan waktu liburan. Ayah dan Bunda juga harus bersemangat menemani si kecil ketika berada di tempat pilihannya tersebut. Pembiasaan ini juga bisa meningkatkan kemampuan anak berpikir kritis dan daya kreativitasnya.

3. Menonton Film Favorit Bersama

Salah satu ciri seorang sahabat adalah memiliki selera yang sama. Ayah dan Bunda perlu menunjukkannya dengan bersedia dan berusaha menikmati saat menonton film kesukaan anak, meskipun film yang ditonton adalah film animasi atau kartun. Video dongeng juga bisa menjadi pilihan bagi Ayah dan Bunda untuk bisa dinikmati bersama sang buah hati. Contoh dongeng yang edukatif dan sangat menarik adalah dongeng di bawah ini.

4. Mengajak Anak Melakukan Pekerjaan Harian

Saat Ayah dan Bunda merapikan ruangan, menyapu lantai, membersihkan kamar, dan melakukan aktivitas lainnya, ajaklah si kecil terlibat dalam aktivitas tersebut. Ayah dan Bunda tidak perlu memaksa si kecil bila ia memang belum bersedia, dan biarkan ia melakukan apa yang ia mampu. Misalnya, saat Anda mencuci piring, ajak si kecil untuk mengelap sendok dan garpu.

Agar si kecil semakin rajin melakukan pekerjaan harian, tentu saja ia perlu mengenal aneka pekerjaan harian tersebut. Kenalkan dengan gim di bawah ini. Anak-anak pasti suka dan akan lebih mudah mengingat aneka pekerjaan dan kebiasaan baik yang bisa dilakukan setiap hari.

 

5. Mengapresiasi Setiap Perkembangan Anak

Ayah dan Bunda perlu memberi apresiasi kepada setiap perkembangan anak, misalnya saat ia mulai bisa merapikan buku sendiri, menyapu lantai sendiri, dan hal-hal sederhana lainnya. Hal ini akan memotivasi anak untuk terus berkembang dan meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

6. Memberikan Waktu Sendiri

Meskipun anak membutuhkan teman bermain dan melakukan aktivitas, terkadang ia juga membutuhkan ruang untuk melakukan sesuatu sendirian. Memberikan waktu kepada si kecil untuk beraktivitas sendiri bisa membuatnya merasa menjadi pribadi yang dipercaya dan dianggap lebih “dewasa”.

Baca juga:

6 Alasan Mengapa Anak-Membutuhkan Waktu Bermain Sendiri

7. Menanyakan Aktivitas Harian dan Berbagi Cerita

Setiap hari Ayah dan Bunda perlu menanyakan aneka aktivitas harian si kecil, terutama saat ia berada di sekolah dan saat ia mengikuti suatu kursus atau bimbel. Ayah dan Bunda juga bisa membagikan cerita tentang aktivitas harian saat bekerja atau pengalaman-pengalaman menarik di masa lampau.

Agar suasana mengobrol semakin asyik, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil bermain dengan alat peraga edukasi yang menarik. Anda bisa mendapatkan aneka permainan dengan media kartu, poster, papan gim, dan lainnya di Toko Marbel Junior.

8. Memasakkan Makanan Kegemaran

Ayah dan Bunda bisa memasakkan makanan kesukaan si kecil. Agar semakin merasakan kedekatan dengan si kecil, Ayah dan Bunda bisa melibatkannya dalam proses memasak dan melakukan santap makanan bersama. Agar si kecil semakin tahu cara memasak dan aneka alat masak dan alat makan lainnya, ajak bermain gim di bawah ini, yuk!

Tips parenting kali ini mengajak Ayah dan Bunda menjadi pribadi seorang bestie atau sahabat terbaik dan istimewa bagi sang buah hatii, karena sosok bestie akan sangat mudah dicontoh. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua agar bisa semakin menjadi pribadi yang baik, sehingga apa pun yang Anda lakukan bisa menjadi teladan yang baik bagi sang buah hati. Selamat belajar menjadi orang tua yang semakin baik ya, Ayah dan Bunda. Semangat!


Sumber Referensi:

1. Bronson, T. (2021). 8 simple steps to become your childs best friend [1]

2. Freepik. (2022). Two girls play slides playground selective focus [2]

3. Freepik. (2022). Young family spending time with their toddler [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.