Top

9 Manfaat Aktivitas Menjelajah Alam bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

15 Des 2022

  |  

Parenting

Aktivitas menjelajah alam sangat disukai anak-anak. Selain sebagai sarana rekreasi, aktivitas ini sangatlah penting bagi perkembangan anak. Alex Vance seorang pakar parenting berpendapat:

“Menghabiskan waktu di alam meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, disiplin diri, kreativitas, kebugaran fisik, dan hubungan sosial yang lebih baik bagi anak-anak. Aktivitas ini juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan membuat mereka lebih bersemangat dalam pembelajaran di sekolah.”

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap, mengapa aktivitas ini perlu dilakukan bersama di dalam keluarga.

1. Sarana Rekreasi yang Mengedukasi

Anak-anak sangat menyukai hal-hal baru. Pengalaman menjelajah alam memberikan suasana baru bagi anak untuk mendapatkan aneka pengetahuan baru. Suasana alam yang menyegarkan bisa menjadi pembangkit semangat bagi si kecil. Saat menemukan aneka hewan atau tanaman, bantu si kecil untuk menyebutkan nama, jenis, dan ciri-cirinya.

Setelah mengajak si kecil mempelajari aneka jenis tanaman saat menjelajah alam, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil belajar macam flora dengan gim "Marbel Flora".

2. Melatih Panca Indera

Saat menjelajah alam si kecil akan merasakan hangatnya mentari pagi, mencium aroma bunga, meraba aneka jenis tanaman, melihat ragam serangga, dan bisa merasakan nikmatnya buah segar yang mungkin mereka temui. Semakin banyak panca indera yang dilibatkan dalam aktivitas belajar, anak akan semakin mudah memahami dan menghafalkan pengetahuan baru yang ia pelajari.

3. Mengembangkan Kepercayaan Diri

Saat beraktivitas di alam, si kecil lebih memungkinkan untuk melakukan aneka aktivitas tanpa ada banyak dinding atau benda yang membatasi ruang geraknya. Ia bisa lebih bebas mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengamati hal-hal menarik yang ditemui. Kebebasan dalam mengeksplorasi alam ini bisa menstimulasi kepercayaan diri anak.

Ayah dan Bunda juga bisa memanfaatkan media dongeng untuk membangun kepercayaan diri sang buah hati. Silakan tonton dongeng di bawah ini!

4. Melatih Anak untuk Tetap Aktif

Ayah dan Bunda tentu tidak ingin sang buah hati terlalu terikat dengan gawai atau game online bukan? Aktivitas menjelajah alam memacu anak untuk lebih aktif bergerak dan melakukan kegiatan yang mengedukasi serta menyehatkan. Saat anak bergerak aktif, dampak positif lainnya adalah anak tidak akan mudah stres dan semakin bersemangat dalam belajar.

Baca juga:

8 Kegiatan Liburan Edukatif yang Bisa Dilakukan di Rumah. Apa Saja?

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Saat anak mengamati sebuah serangga, terkadang anak harus merangkak. Kaki, lutut, dan tangannya harus menyentuh tanah. Ada kemungkinan ada bakteri, virus, atau kuman yang menempel pada tubuh anak. Namun, sebenarnya kebiasaan ini justru sangat baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh pada anak. Hal yang terpenting, setelah selesai melakukan aktivitas mengeksplorasi alam, ajak si kecil untuk mandi yang bersih, istirahat yang cukup, dan minum multivitamin.

6. Mengembangkan Kreativitas

Saat menjelajah alam, biarkan si kecil memainkan dahan pohon layaknya sebuah pedang, membuat kalung dengan bahan daun-daunan, dan kreativitas lainnya dari bahan alam. Aktivitas ini akan mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak.

7. Mengajarkan Anak untuk Bersyukur kepada Tuhan

Saat memberikan kesempatan kepada anak untuk menjelajah alam, ia akan melihat begitu indah panorama ciptaan Tuhan, menghirup udara segar, menemukan aneka bunga yang indah dan lainnya. Ayah dan Bunda bisa menjelaskan kepada anak bahwa semua keindahan ini adalah ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri. Jelaskan pula kepada si kecil bahwa salah satu cara mensyukuri ciptaan Tuhan adalah dengan merawat dan menjaganya.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil mensyukuri segala ciptaan Tuhan dengan lagu "Ciptaan Tuhan".

8. Melatih Cara Melindungi Diri

Saat menjelajah alam anak-anak perlu berhati-hati agar tidak terpeleset, menjauhi tumbuhan yang berduri, serta meningkatkan kewaspadaan agar kepalanya tidak terantuk dahan pohon. Si kecil menjadi semakin tau cara melindungi dan menjaga diri agar terhindar dari mara bahaya dan kecelakaan.

Ingin mengembangkan keterampilan si kecil cara melindungi diri? Yuk, ajarkan dengan gim "Merbel Kebiasaan Baru"

 

9. Menambah Pengalaman dan Kenangan Baru yang Indah

Aneka aktivitas di rumah dan di sekolah lebih sering dilakukan di dalam ruangan dan dibatasi oleh dinding. Melakukan aneka kegiatan di alam bebas akan memberikan suasana yang berbeda, tentu saja membangkitkan memori anak untuk mendapatkan suatu pengalaman dan kenangan baru dalam hidup si kecil yang indah. Aneka pengalaman dan kenangan yang indah di dalam hidup si kecil bisa membangkitkan rasa bahagia dan semangat anak dalam beraktivitas.

Ayah dan Bunda, sebentar lagi ada liburan panjang. Yuk, ajak si kecil menjelajah alam agar mendapatkan aneka manfaatnya bagi perkembangan kecerdasan dan keterampilannya. Si kecil pasti juga akan semakin sehat dan ceria. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Vance, A. (2021). How to take a nature walk with kids [1]

2. Freepik. (2022). Happy little asian girl having fun among blooming sunflowers [2]

3. Freepik. (2022). Grandmother playing with granddaughter outdoors park [3]

4. Freepik. (2022). Hand drawn 5 senses [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.