Top

CARA PENILAIAN SEMESTER TK / PAUD: Pakai 11 Variasi Kegiatan FUN Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Nov 2023

  |  

Culture

Pembelajaran anak-anak didik usia PAUD di Semester 1 sudah hampir berakhir. Guru PAUD perlu mempersiapkan aneka aktivitas yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menilai para siswa. Hal ini sangat penting, agar saat proses pelaporan secara tertulis di buku raport, guru bisa memberikan laporan yang lebih akurat dan terperinci.

Apa saja kegiatan menarik tersebut?

Sebelum Melakukan Observasi Kemampuan Numerik, Guru Bisa Mengajak Anak Didik Menonton Video di Bawah ini.


Marbel Pelajaran TK dan PAUD: Media Menarik untuk Mengembangkan Segala Aspek Kecerdasan Anak PAUD. Unduh Aplikasi ini Secara GRATIS.


1. Portofolio Variatif dan Kreatif

  • Selama semester 1 tentu para siswa telah mengerjakan aneka aktivitas kreatif yang bervariasi. Beberapa variasi aktivitas tersebut antara lain adalah karya seni, lembar kerja, proyek, foto kegiatan, dan lainnya.
  • Guru bisa meminta para siswa dengan dibantu dengan orang tua untuk menyusun portofolio tersebut. Di era digital, portofolio bisa berupa buku / kliping atau dalam bentuk softfile.

2. Observasi Saat Melakukan Group Work

  • Mintalah para siswa untuk melakukan suatu kegiatan kelompok. Guru PAUD perlu jeli dalam melakukan penilaian. Beberapa hal penting yang bisa menjadi pertimbangan bagi guru PAUD dalam melakukan penilaian antara lain:
  1. Kemampuan mengemukakan pendapat.
  2. Kepercayaan diri dalam beropini.
  3. Keterampilan memimpin dalam kelompok.
  4. Kemampuan untuk patuh pada instruksi.
  5. Kemampuan untuk bekerja sama.
  • Beberapa contoh kegiatan berkelompok menarik antara lain bermain bersama, membuat kreasi craft bersama, membuat proyek sederhana bersama, dan lainnya.

3. Melakukan Interview

  • Ajaklah setiap siswa untuk melakukan wawancara singkat atau dengan memberikan aneka pertanyaan yang sederhana. Dengan melakukan wawancara, guru bisa menilai tentang:
  1. Keterampilan berbahasa
  2. Kecerdasan emosional
  3. Kecerdasan kognitif, dan lainnya.
  • Saat melakukan wawancara, guru bisa membiarkan siswa memainkan sesuatu dan dalam suasana yang santai, sehingga siswa tidak merasa tegang dan cemas. Suasana santai bisa membuat siswa bisa lebih terbuka, sehingga apa pun yang menjadi pemikiran dan gagasan siswa bisa diungkapkan dengan lebih baik dan tenang.

4. Melakukan Pentas Sederhana

  • Guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan atau memperagakan suatu pentas seni sederhana, bisa berupa tarian, drama, story telling, dan lainnya.
  • Kesempatan ini bisa menjadi ajang bagi para siswa untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakat serta keterampilan mereka.
  • Guru juga bisa menyiapkan hadiah-hadiah menarik bagi pemenang, agar para siswa semakin termotivasi untuk menjadi pemenang dan melakukan yang terbaik.

5. Ujian Lisan

  • Ujian lisan berhubungan dengan materi-materi yang bersifat kognitif dan pernah dipelajari anak-anak didik, misalnya dengan menanyakan:
  1. Apa saja contoh transportasi darat?
  2. Mengapa burung bisa terbang?
  3. Apa saja binatang yang memakan tumbuhan?

6. Memberikan Proyek Sederhana

  • Guru bisa meminta kepada para siswa untuk mengerjakan suatu proyek sederhana. Proyek sederhana ini bisa dikerjakan dengan bantuan orang tua.
  • Jangan lupa, mintalah setiap siswa untuk memvideokan kegiatan ini, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menilai keterampilan dan kemampuan siswa.

7. Evaluasi Kemampuan Motorik Halus dan Motorik Kasar

  • Keterampilan motorik halus dan motorik kasar adalah hal yang sangat penting dalam perkembangan siswa usia PAUD. Sebelum siswa PAUD terampil menulis, maka ia perlu memiliki keterampilan motorik halus yang baik dan perlu dilatih secara rutin.
  • Guru bisa meminta siswa untuk mewarnai gambar, menarik garis, menulis huruf / angka, dan lainnya.

8. Melakukan Pengamatan pada Perilaku Siswa

  • Guru bisa menilai atau mengamati aneka keterampilan siswa selama ia melakukan kegiatan belajar di sekolah. Agar setiap keterampilan siswa bisa tampak, guru perlu mengatur kelas agar bisa melakukan aneka variasi pembelajaran.

Baca juga:

5 Aktivitas Mudah Kembangkan Motorik Halus Anak


Ide Kreatif dan "Fun" Latihan Praktik Pra-Menulis Anak PAUD

9. Meminta Siswa Bermain Peran

  • Bermain peran bisa membuat guru memahami aneka keterampilan siswa, yaitu:
  1. Keterampilan berbahasa.
  2. Keterampilan berperilaku yang baik dan sopan.
  3. Kepercayaan diri, dan lainnya.
  • Guru bisa memilih tema-tema sederhana agar para siswa bisa lebih mudah mempraktikkannya, misalnya perilaku yang baik saat bertemu orang yang lebih tua, memberikan contoh aktivitas dokter dengan gerakan-gerakan, mempraktikkan cara melakukan transaksi, dan lainnya.

10. Menguji Kemampuan Indera Peraba, Pendengaran, dan Penglihatan

  • Guru bisa menggunakan aneka media yang menarik, agar para siswa melakukan tes ini dengan penuh semangat dan hati riang, misalnya:
  1. Menyebutkan aneka warna yang dilihat dengan media gambar.
  2. Menyebutkan aneka tekstur dengan cara meraba suatu benda atau media.
  3. Menyebutkan nama hewan dengan memperdengarkan suara dengan media audio (MP3), dan lainnya.
  • Kegiatan Observasi juga Bisa Dilakukan dengan Mengajak Anak-Anak PAUD Mengerjakan Lembar Kerja Anak. Unduh Gratis LKA dari Educa Studio.

11. Bermain Pengenalan Konsep Waktu

  • Guru memberikan aneka pertanyaan yang berhubungan dengan waktu, misalnya:
  1. Apa saja yang kalian lakukan di pagi hari?
  2. Mengapa di siang hari kita tidak boleh terlalu lama di luar rumah?
  3. Apa saja nama-nama benda yang terlihat di langit saat malam hari?

Setelah itu, guru bisa mengajak siswa untuk membuat kreasi berbentuk jam, pemandangan di siang serta malam hari, dan lainnya.

Hal yang tidak kalah penting saat melakukan aneka kegiatan di atas adalah cara guru dalam membangun suasana kelas menjadi menyenangkan dan santai. Aneka kegiatan yang dirancang juga perlu sesuai dengan perkembangan para siswa. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Scholastic.com. (2022). Preparing kindergarten [1]

2. Childdevelopment.org. (2022). Observation and assessment english [2]

3. Freepik.com. (2022). Young teacher helping her students class [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.