Top

5 Aktivitas Mudah Kembangkan Motorik Halus Anak Saat Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Apr 2023

  |  

Edukasi

Selama bulan Ramadan anak membutuhkan aktivitas-aktivitas sederhana, terutama yang tidak menguras banyak energi. Salah satu jenis aktivitas yang simpel dan tidak terlalu menguras banyak energi adalah aktivitas pengembangan motorik halus. Dilansir dari gov.uk, dijelaskan bahwa keterampilan motorik halus melibatkan otot kecil yang bekerja dengan otak dan sistem saraf untuk mengontrol gerakan di area seperti tangan, jari, bibir, lidah, dan mata. Mengembangkan keterampilan motorik halus membantu anak melakukan hal-hal seperti makan, menulis, memanipulasi objek, dan berpakaian.

Selain karena manfaatnya yang sangat baik, aktivitas ini juga penting sebagai pilihan aktivitas selama Si Kecil menunaikan ibadah puasa. Inilah beberapa aktivitas diantaranya!

1. Bermain Puzzle

Permainan ini bisa melatih koordinasi mata dan tangan. Dengan memainkan puzzle, anak akan belajar menghubungkan apa yang dilihat oleh mata, lalu direspon oleh kedua tangan serta jemari, untuk menyusun kepingan-kepingan gambar.

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat memainkan puzzle bisa mengembangkan motorik halus Si Kecil yang akan berguna untuk melatih keterampilannya dalam hal menulis.

Permainan puzzle angka gratis bisa diunduh di Twinkl.

 

2. Membuat Kreasi Islami Berbahan Daur Ulang Kertas Bekas

Kertas bekas di rumah Anda bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kreasi menarik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat bubur berbahan kertas bekas. Inilah urutan membuat bubur berbahan kertas bekas. Anda bisa melibatkan Si Kecil saat membuat bubur berbahan kertas bekas ini.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Mintalah Si Kecil untuk merobek-robek kertas menjadi bagian-bagian kecil dan dimasukkan ke dalam panci berisi air.
  • Setelah itu, Anda bisa meminta Si Kecil untuk mengaduk-aduk campuran air dan sobekan kertas sampai berubah menjadi bubur yang terlihat kental.
  • Tuangkan panci berisi bubur kertas ke dalam panci kosong dengan menggunakan saringan. Kumpulan kertas lunak akan tertahan di dalam saringan. Kertas lunak inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai media pembuatan aneka kreasi.
  • Anda bisa meminta Si Kecil untuk membuat aneka bentuk kreasi bertema Islami dengan kertas lunak tersebut, misalnya bentuk bintang, masjid, bulan, tulisan Arab, dan lainnya, dengan alas kertas yang berbahan agak tebal, misalnya dengan kertas karton.
  • Setelah membuat bentuk yang diinginkan, diamkan kreasi yang dalam keadaan basah tersebut di sebuah tempat yang terbuka agar terkena sinar matahari.

Unduh gim Panduan Ramadan dengan klik gambar di atas.

3. Bermain “Dot-to-Dot”

Permainan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan lembar kerja (worksheet). Tugas Si Kecil adalah menghubungkan satu titik ke titik yang lain dengan cara membuat garis. Garis yang menghubungkan antara satu titik dengan titik yang lain harus berurutan, dari angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

Di bulan Ramadan ini, Anda bisa meminta Si Kecil untuk mengerjakan lembar kerja “Dot-to-Dot” dengan tema sebagai berikut:

4. Kreasi Berbahan Kertas Origami

Kertas origami identik dengan seni melipat kertas. Namun, selain untuk membuat kreasi seni melipat kertas, sebenarnya ada banyak kreasi yang menarik dan bisa dibuat dengan bahan kertas origami. Beberapa diantaranya adalah:

Semarakkan bulan Ramadan dengan tontonan pembangun iman. Kabi (Kisah Nabi) adalah contohnya!
Kini hadir di platform Vidio.

 

5. Membuat Kreasi Berbahan Plastisin

Plastisin adalah bahan yang terbuat dari lilin dengan tekstur lunak dan memiliki aneka warna yang menarik. Kreasi berbahan plastisin bisa dibentuk dengan menggunakan tangan atau cetakan.

Media untuk membuat kreasi ini bisa dibuat secara mandiri lho. Caranya adalah:

  • Campurkan air, minyak, dan garam ke dalam panci.
  • Panaskan panci dengan api yang tidak terlalu besar.
  • Bila panci sudah dalam keadaan hangat, Anda bisa menuangkan adonan ke dalam sebuah mangkuk. Fungsi mangkuk adalah sebagai media untuk mencampur aduk adonan dengan tepung terigu.
  • Agar tercampur secara merata Anda bisa mengaduk-aduk campuran adonan dan tepung terigu tersebut.
  • Setelah adonan dan tepung terigu tercampur secara merata, Anda bisa meletakkan adonan di atas kertas lilin.
  • Anda bisa mendiamkan selama beberapa saat hingga adonan tersebut menjadi dingin.

Baca juga:

1. Modul Ajar dan RPPH PAUD Spesial Ramadan Topik: Toleransi Beragama, Sub Topik: Sikap Baik kepada Orang Tua - Kurikulum Merdeka

2. Puzzle Angka Kabi Hadir Spesial Edisi Ramadan Dari Educa Studio X Twinkl


Anda bisa membuat aneka kreasi bernafaskan Islami dengan bahan plastisin di bulan Ramadan ini, yaitu:

Gim seru untuk belajar huruf Hijaiyah! Unduh dengan meng-klik gambar di atas.

Meskipun di rumah, Si Kecil pasti akan merasa senang dan bersemangat menunaikan ibadah puasa dengan melakukan aneka kegiatan di atas. Semoga bermanfaat!

Yuk, bantu optimalkan skill dan kreativitas Si Kecil sejak dini di bulan Ramadan ini, dengan bergabung di Kelas Kreatif Gamelab.id


Sumber Referensi:

1. Gov.uk. (2023). Why fine motor skills are important [1]

2. Twinkl.co.id. (2023). Menyusun puzzle angka tema ramadan bersama kabi [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.