Top

Daftar 6 Kegiatan Sekolah yang Edukatif Terbaru di Bulan Ramadan 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Mar 2023

  |  

Edukasi

Dalam setiap kegiatan di sekolah atau di kelas, siswa perlu lebih aktif dibandingkan dengan gurunya. Dikutip dari cdc.gov, dijelaskan bahwa aktivitas fisik dan tingkat kebugaran fisik yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan kinerja kognitif (misalnya, konsentrasi, memori) di kalangan siswa.

Di bulan Ramadan 2023 ini, para siswa sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, bukan berarti mereka harus diam saja di kelas. Para siswa membutuhkan suatu pembelajaran yang memungkinkan mereka untuk tetap aktif bergerak. Inilah kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi pilihan.

1. Membacakan Dongeng untuk Anak

Guru bisa membacakan buku dongeng tentang kisah Nabi dan tokoh-tokoh teladan kepada siswa. Membacakan buku kepada siswa bisa mengembangkan kognitif, memperkaya kosakata, mengasah keterampilan berbahasa, dan membangun moral akhlak.

Setelah membacakan buku dongeng kepada siswa, guru bisa mengajaknya berdiskusi, bermain game, dan bertanya jawab.

Selain membacakan buku dongeng, guru juga bisa mengajak siswa untuk menonton video tentang kisah Nabi. Inilah dongeng-dongeng yang bisa menjadi pilihan untuk bisa ditonton via platform Vidio.

Setelah menonton video Kabi (kisah Nabi), guru bisa mengajak siswa untuk bertanya jawab atau mengadakan quiz atau tebak-tebakan dengan materi video yang baru saya ditonton.


2. Melakukan Shalat Berjamaah dan Mengaji Bersama

Guru bisa mengajarkan cara melakukan ibadah sholat secara berjamaah dengan memberikan contoh langsung kepada siswa. Selain itu, Guru juga bisa mengajak siswa untuk belajar membaca huruf Hijaiyah dan membaca Iqro.

Ajak Si Kecil bermain dan belajar dengan media Gim Marbel Hijaiyah yuk!

Bunda bisa memberikan tugas praktik kepada siswa untuk melakukannya sholat atau mengaji bersama orang tua. Mintalah siswa untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam bentuk foto maupun video.

Ajak anak didik belajar sholat dengan media gim Marbel Sholat

3. Berbagi Takjil

Mengajak siswa berbagi takjil di bulan suci, bisa melatih sifat empati dan jiwa penolong. Selain itu, siswa juga akan berlatih melakukan kerja sama dan mengembangkan kecerdasan sosial.

Agar nama lembaga atau sekolah semakin dikenal banyak orang, Guru bisa memberikan label atau cap pada kemasan makanan atau minuman yang dibagikan. Guru dan pemiliki sekolah tentu ingin agar sekolah Anda semakin dipenuhi oleh banyak murid bukan?

Semakin banyak siswa yang mendaftarkan diri ke sekolah, tentu saja para guru akan semakin memiliki banyak kesempatan berbagi ilmu.


4. Berkegiatan Amal ke Panti Asuhan

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajarkan kepada siswa akan pentingnya membantu sesama yang membutuhkan. Selain itu, siswa juga akan belajar tentang pentingnya bersedekah yang merupakan salah satu ajaran agama yang perlu diamalkan.

Selain memberikan sumbangan, guru juga bisa mengajak siswa untuk bermain bersama dengan anak-anak panti. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menampilkan sesuatu yang bisa membuat anak-anak penghuni panti merasa gembira; misalnya dengan menampilkan tarian, menyanyikan sebuah lagu, dan lainnya. Guru juga bisa mempersembahkan suatu penampilan, misalnya mendongeng atau bernyanyi di hadapan siswa dan anak-anak panti asuhan.

Aktivitas bermain sambil belajar yang menyenangkan adalah dengan media gim Marbel Ayo Berpuasa.


5. Membuat Celengan dengan Bahan Kaleng Bekas

Karena bahan yang digunakan adalah kaleng bekas, maka secara tidak langsung Anda telah mengajarkan kepada siswa akan pentingnya merawat lingkungan dan bumi. Tentu saja hal ini juga bisa melatih kreativitas siswa.

Cara membuatnya cukup mudah. Siswa hanya diminta untuk mempersiapkan satu buah kaleng susu bekas ukuran sedang atau besar. Anda hanya perlu membantu untuk melubangi bagian atas kaleng susu bekas tersebut. Setelah itu, guru bisa meminta siswa untuk menghias celengan.

Akan lebih baik bila celengan sedekah ini dibuat di awal bulan Ramadan. Setiap hari siswa harus memasukkan uang ke dalam celengan berapapun jumlahnya. Setelah bulan Ramadan usai, Anda bisa mengajak siswa untuk menghitung bersama uang yang didapatkan di dalam celengan. Uang hasil menabung tersebut bisa disedekahkan kepada yang membutuhkan atau sebagai dana tambahan saat melakukan suatu kegiatan sosial.

Aneka kreativitas di bulan Ramadan dan sesuai materi PAUD bisa ditemukan di Duniabelajaranak.id

6. Tukar Parcel

Manfaat dari kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa empati, peduli, dan sifat saling membantu kepada teman atau kerabat dekat. Jalinan pertemanan atau persahabatan pun diharapkan akan semakin erat setelah melakukan kegiatan ini.

Anda hanya perlu meminta siswa untuk membawa sebuah parcel senilai jumlah uang tertentu, misalnya Rp 20.000,00. Bila nilai uang yang ditentukan adalah Rp 20.000,00, maka semua siswa harus membawa parcel dengan nilai barang atau makanan senilai Rp 20.000,00.

Saat berada di sekolah, para guru akan mengadakan suatu acara yang bernama tukar parcel. Parcel yang dibawa oleh seorang siswa akan ditukarkan dengan parcel temannya secara acak, bisa dengan melakukan suatu permainan atau dengan sistem undian.

Semoga aneka pilihan kegiatan di atas bisa membuat siswa semakin bersemangat menunaikan ibadah puasa. Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio juga membuka kesempatan kepada siswa untuk belajar membuat konten dengan basis teknologi masa kini. Ajak siswa bergabung di Kelas Kreatif Gamelab.id.

Gamelab.id juga membuka kesempatan kepada sekolah-sekolah di Indonesia untuk bekerja sama tentang pelatihan pemanfaatan teknologi bagi anak, remaja, hingga dewasa. Info lengkap, klik gambar di bawah ini!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Kid observing studying educational globe model classroom [1]

2. Cdc.gov. (2022). Physical activity facts [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.