Top

Variasi Kegiatan Bersama Si Kecil di Rumah Selama Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Mar 2023

  |  

Edukasi

Kebersamaan antara Ayah, Bunda, dan Si Kecil selama bulan Ramadan perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan berkesan. Ayah dan Bunda tentu membutuhkan ide-ide kegiatan yang kreatif dan bervariasi. Selain untuk mengurangi rasa bosan saat berada di rumah, kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi kenangan yang indah dan bisa membawa dampak kebahagiaan di hati Si Kecil.

Dilansir dari tist.school, dijelaskan akan pentingnya bagi anak-anak untuk memiliki banyak jenis pengalaman bermain yang berbeda. Aktivitas bermain memberi anak-anak pengalaman pada sensorik, fisik, dan kognitif yang berbeda. Pengalaman membangun koneksi di otak dapat membantu anak berkembang secara fisik, kognitif, sosial, dan emosional.

Apa saja variasi kegiatan yang bisa Ayah dan Bunda lakukan bersama Si Kecil di bulan Ramadan 2023 ini?


1. Membuat Kartu Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat kartu ucapan selamat berpuasa kepada rekan atau saudara. Si Kecil akan belajar tentang rasa peduli kepada sesama, pentingnya mendoakan orang lain, serta semakin mampu membuat kalimat positif dan motivatif.

Si Kecil juga bisa mengasah kreativitas dan daya imajinasinya saat membuat kartu ucapan dan menghiasinya. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah didapatkan, yaitu kertas warna (asturo), glitter, kertas origami, kertas emas, lem, gunting dan lainnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu:

  • Lipatlah bagian tengah kertas asturo, sehingga membuat bentuk seperti buku.
  • Berikan tulisan ucapan selamat pada bagian luar.
  • Tuliskan doa-doa dan kalimat-kalimat ucapan bertema Ramadan yang motivatif.
  • Lalu, pada bagian dan luar kartu ucapan bisa dihias dengan gliter, kertas origami, dan lainnya.

Baca juga:


2. Berbuka Puasa Bersama

Salah satu kegiatan rutin yang paling dinantikan oleh anak-anak adalah berbuka puasa bersama. Pastikan Si Kecil ikut berpartisipasi dalam menyiapkan makanan untuk berbuka bersama.

Bila Ayah dan Bunda ingin membeli jajanan pasar, biarkan Si Kecil ikut. Beri kesempatan kepada Si Kecil untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis saat ia memilih aneka jajanan pasar yang digemari.

Bila Ayah dan Bunda ingin memasak sendiri, ajaklah Si Kecil saat berbelanja di supermarket aneka bumbu masak, buah-buahan, dan sayur-mayur. Aktivitas ini bisa mengembangkan kecerdasan kognitifnya. Kosakata yang dikuasainya pun akan berkembang dengan lebih baik.

3. Membuat Kreasi Kerajinan Tangan Bernuansa Islami

Agar Si Kecil makin terampil dalam mengembangkan kreativitasnya dalam bidang seni kerajinan tangan, Ayah dan Bunda bisa mengajaknya membuat aneka craft. Kreasi craft yang dibuatpun akan lebih baik adalah yang bernuansa Islami, misalnya:


4. Menonton Video Kisah Nabi dan Beraktivitas Kreatif

Manfaat dari menonton aneka judul video tentang Kisah Nabi, karakter Si Kecil akan berkembang dengan lebih optimal. Ia akan belajar tentang aneka perbuatan baik dan perkataan yang bijaksana dari para nabi. Pengajaran tentang karakter yang dilandasi dengan nilai-nilai agama akan membawa dampak yang lebih besar.

Setelah menonton video tentang kisah Nabi, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil melakukan:

  • Tanya jawab (berdiskusi) tentang isi video.
  • Menulis ringkasan cerita
  • Story telling
  • Bermain tebak-tebakan tentang isi video.

Koleksi video tentang Kisah Nabi bisa ditemukan dengan cara mengklik gambar di bawah ini.

Koleksi video Kabi juga bisa ditemukan di kanal Youtube (Baru lho...).


5. Melakukan Ibadah Sholat Bersama

Anak usia dini, terutama anak berusia hingga 7 tahun, biasanya belum terlalu bisa atau maksimal dalam melakukan ibadah sholat. Ayah dan Bunda hanya perlu sebatas menganjurkan dan memberikan teladan yang baik dalam melakukan ibadah Sholat.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajarkan kepada Si Kecil tentang tata cara sholat dengan media gim. Gim yang dirilis oleh Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta anak Indonesia. Gim berjudul Marbel (Mari Belajar) Sholat mengajarkan kepada anak tentang tata cara sholat 5 waktu. Si Kecil akan belajar tentang urutan gerakan sholat dan doanya. Pokoknya seru, edukatif, dan membangun iman!

Agar si kecil semakin mampu melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun iman di bulan Ramadan, Ayah dan Bunda bisa mengajaknya bermain Marbel Panduan Puasa Ramadan.


Aneka variasi kegiatan di atas pasti akan memberikan semangat, menjaga pikiran anak agar selalu positif, dan bisa meningkatkan kebugaran tubuhnya. Selamat mencoba Ayah dan Bunda!


Sumber Referensi:

1. Tist.school. (2022). Importance of preschool activities for enhancing the quality of learning in kids [1]

2. Freepik.com. (2022). Medium shot girl man making cardboard house [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.