Top

Educa Studio 2021 | Tahun Penuh Tantangan dan Pertumbuhan

Oleh Andi Taru

  |  

01 Jan 2022

  |  

Company

Halo semua, 

Selamat Tahun Baru 2022. Hari ini tepat 1 Januari 2022 saya menulis rekap penting perjalanan perusahaan kami selama 1 tahun. Perjalanan yang penuh tantangan di mana di tengah perubahan pasar dan teknologi yang begitu cepat, kami harus tetap bertumbuh. Karena dengan bertumbuh, kami bisa terus memberikan dampak positif terhadap pendidikan melalui teknologi dan kreativitas.

Gamelab Berikan Pelatihan Kewirausahaan ke 5rb Siswa SMK

Bulan Februari 2021, Gamelab mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada siswa SMK. Pelatihan Kewirausahaan Batch-1 yang diadakan Educa Studio bersama dengan Gamelab Indonesia telah berjalan sejak 1 Februari 2021. Kegiatan ini merupakan program CSR Educa Studio di tahun 2021, untuk meningkatkan pengetahuan bisnis dan semangat kewirausahaan khususnya di tingkat SMK. 

Kegiatan yang diikuti lebih dari 20 SMK dari seluruh Indonesia ini, memunculkan Afifah Putri Wulandari sebagai peserta pertama yang menyelesaikan kegiatan pelatihan dan mengerjakan tugas akhir (final test) dengan sempurna. Hal ini membanggakan sekali karena ternyata Afifah masih Kelas X. 

Selengkapnya bisa dilihat di artikel ini ya. 

 

Ulang Tahun Educa ke-10

Bulan April 2021, sejak berdiri sebagai CV (commanditaire venootschap) di tahun 2011. Maka 1 April 2021 menandai 10 tahun berdirinya Educa Studio. Wah sudah lama ya... Karena dari dulu kami selalu stay lean and small team. Nah, ceritanya kami berubah menjadi PT pada bulan Juli 2019. Sehingga menjadi PT baru 2 tahun sebenarnya. 

Perubahan dari CV ke PT menandai kami siap untuk scaling tim dan growth kenceng. Tim kami juga makin gede. Dulu awal-awal cuman berdua, kemudian stay lean di angka 8 orang. Sekarang kami sudah mencapai 32 orang, dan terus hiring.

 

Serial Animasi Marbel di Youtube

Bulan April 2021, Educa Studio meluncurkan serial animasi Marbel. Sebanyak 12 serial animasi MARBEL telah dipublikasikan lewat channel Youtube Educa Studio Official.

Selengkapnya, bisa ditonton bersama keluarga di sini ya.

 

Kelas Gratis Pertama Gamelab.ID

Bulan Mei 2021, Gamelab Indonesia meluncurkan kelas gratis pertamanya. Eh kok pertama? Karena selama ini Gamelab semua kelasnya berbabyar hehehe. Kelas Belajar GIT untuk Programmer Pemula diluncurkan dan dapat diakses 100% Free. Dapat dilihat di sini ya jika kamu tertarik untuk ikutan kelas online nya.

 

Kerja Sama Gamelab x Kemenkeu

Bulan Juni 2021, Gamelab Indonesia dipercaya oleh Kemenkeu untuk memberikan pelatihan tentang Gamification. Pembicara langsung saya sendiri sebagai CEO, turun gunung. Karena saya merasa ini sangat penting, bahagia sekali pemerintah sudah mulai aware dan peduli terhadap sisi fun. Fun itu penting di dalam implementasi sistem. Mengapa? Supaya engagement nya tinggi. 

Pelatihan Gamification ini sukses, dan seluruh peserta puas. Semoga bermanfaat ya! Siap terus bantu pemerintah untuk mewujudkan fun learning dari berbagai media: Board Game, Digital Games, Gamification, Animation, dan lain-lain.

 

Kerja Sama Educa Studio x KJRI Perancis

Bulan Juli 2021, Educa Studio bekerja sama dengan KJRI Perancis. Menghadirkan RIRI animation series untuk diputar di Marseille Perancis dalam rangka event Festival Indonesia. 

Jadi KJRI Perancis dan Educa Studio sudah berdikusi lama terkait dengan adanya Festival Indonesia yang diselenggarakan di Marseille Perancis. RIRI yang fokus mengangkat cerita dan budaya nusantara cocok untuk ditampilkan di acara tersebut karena KJRI untuk memperkenalkan nilai-nilai kehidupan dan budaya indonesia melalui dongeng. 

Setelah melalui kerja keras bersama, dimulai dari proses translasi ke bahasa perancis dan melalui proses penyesuaian, akhirnya acara ini diselenggarakan dan RIRI bisa diputar di Perancis. Keren kan ya!!! Cerita asli Indonesia, bisa diputar di manca negara. Antusiasme anak-anak di sana juga tinggi.

Selengkapnya bisa dibaca di artikel ini ya. 

 

Kerja Sama Educa Studio x Olike

Bulan Juli 2021, Educa Studio dan Olike Bekerja Sama Menghadirkan Marbel di Perangkat Olike EduTab. Olike meluncurkan tablet teranyar mereka, yaitu EduTab E1 dan E3. Dua gadget ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar anak, khususnya pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi ini.

Educa Studio dan Olike memiliki visi yang sama yaitu Fun, Smart, Innovative. Dengan hadirnya Olike EduTab ini akan memperluas jaringan penggunaan aplikasi Marbel dari Educa Studio. Begitu juga, Olike EduTab memiliki konten yang berkualitas yaitu Marbel yang sudah diunduh lebih dari 35 juta kali. 

Selengkapnya bisa dibaca di artikel ini ya.

 

Kerja Sama Educa Studio x BSSN

Bulan Juli 2021, Badan Siber dan Sandi Negara - Direktorat Proteksi Ekonomi Digital merilis Komik Literasi Keamanan Siber berjudul "Komik Generasi Cybernaut v1.0". Adapun komik ini juga merupakan pionir Komik Literasi tentang Keamanan Siber. 

Di dalam komik tersebut terdapat tokoh sentral yaitu "Cody" dan juga ada tokoh lainnya yang penamaan tokoh diambil dari semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ikka:

  • Cody : Robot ajaib yang selalu memberikan insight di setiap episode. Perannya lebih ke pengawas dan penasehat.
  • Bhibhi : Cewek sosialita yang gemar banget selancar online.
  • Ungga : Remaja usil yang suka jahil ke siapa saja.
  • Ikka : Anak kecil lugu dan sedikit cengeng

Educa Studio berkontribusi di dalam pembuatan komik ini lho, selengkapnya ada di artikel ini.

 

Kerja Sama Educa Studio x Kemendikbud

Bulan Agustus 2021, Educa Studio bekerjasama dengan Kemendikbud untuk membuat 3 video serial Cerdas Berkarakter. Berikut 3 judul yang dirilis di channel Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif: 

  • Toleransi Beragam
  • Melawan Perundungan
  • Anti Kekerasan Seksual

Educa Studio berkontribusi di dalam pembuatan animasi ini, selengkapnya dapat dilihat di sini

 

Kerja Sama Educa Studio x Huawei

Bulan September, kami bisa bekerjasama kembali dengan vendor yang luar biasa. Pada September 2021, kami bekerjasama dengan Huawei untuk peluncuran seri Huawei MatePad T Kids Edition. Huawei menggandeng Educa Studio sebagai content partner pada peluncuran produk terbaru mereka: Huawei MatePad Kids edition. Adapun produk ini menjanjikan 3 keunggulan yaitu: 

  • Designed for Kids
  • Fun Content 
  • Eye Protection

Keterangan lengkapnya dapat dibaca di artikel ini.

 

Wali Kota Salatiga Menjadi Dubber Animasi RIRI

Bulan Oktober 2021, Wali Kota Salatiga Bapak H. Yulianto S.E., M.M. berkunjung ke kantor Educa Studio. Kunjungan tersebut merupakan dukungan beliau terhadap industri ekonomi kreatif salah satunya Educa Studio sekaligus beliau berkenan menjadi dubber untuk serial animasi terbaru RIRI berjudul "Salatiga Kota Tertua di Indonesia". 

Kolaborasi antara Wali Kota Salatiga dengan Educa Studio kali ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Salatiga dalam berkontribusi di dunia pendidikan. Mengingat Educa Studio adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan konten dan teknologi pendidikan, yang sudah berdiri sejak tahun 2011.

Baca selengkapnya di artikel ini ya. 

 

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Di kuartal akhir 2021, kami mengikuti kegiatan pemerintah ( kemenparekraf ) bertajuk Apresiasi Kreasi Indonesia 2021. Mengikuti batch Semarang, Educa Studio terpilih menjadi perwakilan Semarang untuk menghadiri kegiatan puncak AKI di Jakarta pada bulan Desember lalu. 

Pada kegiatan puncak, kami mendapatkan 2 awards yaitu: 

  • Finalis Terbaik
  • Booth Terfavorit 

Kedua penghargaan tersebut, merupakan kado penutup akhir tahun yang luar biasa. Sekaligus, hadiah untuk kerja keras tim Educa Studio yang luar biasa semuanya. Terima kasih kemenparekraf, terima kasih panitia AKI 2021, dan terima kasih juga kepada Bapak menteri Sandiaga Uno. Informasi lengkap dapat dibaca di artikel ini.

Gamelab Indonesia

Gamelab.ID adalah platform yang kami kembangkan untuk membantu siswa SMK dan Mahasiswa mengoptimalkan keterampilan mereka. Masih sejalan dengan visi dan misi Educa Studio di mana kami ingin enabler pendidikan yang CEMUMUME (Cepat, Mudah, Murah, Menyenangkan). Ada 3 program yang telah kami jalankan untuk optimalisasi yaitu:

  • Program magang, di mana siswa SMK dan Mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia yang bergabung mendapatkan pelatihan kompetensi, kemudian kami bimbing untuk mengerjakan proyek nyata sehingga tidak hanya skill, mereka juga mendapatkan pengalaman, dan portofolio.
  • Program akademi, di mana siapapun yang dapat bergabung untuk meningkatkan keterampilan mereka. Melalui metode pembelajaran Active Learning kami memberikan layanan yang lebih dibanding dengan metode self-paced learning yang saat ini populer namun masih kurang optimal. Pada program ini, kami juga bekerjasama dengan pemerintah untuk optimasi keterampilan prakerja.
  • dan kelas industri, di mana kami bekerjasama dengan 100+ SMK di seluruh nusantara untuk memberikan program 4i yang terdiri (Introduction, Industry Curriculum, Internship, dan Intensive Training). Tujuannya, mewujudkan SMK BISA HEBAT di mana lulusan SMK harus siap BMW ( bekerja , melanjutkan kuliah, atau wirausaha).

Terima kasih Saya ucapkan yang sebesar-besarnya, kepada seluruh Kepala dan Manajemen SMK yang memiliki visi sama. Berjibaku, berani mendukung penuh, program yang out of the box. Demi kualitas pendidikan yang lebih baik. Kita lanjutkan perjuangan bersama di tahun 2022 ini.

Tetap Terhubung

Walau Saya dan Anda tidak berhadapan langsung saat ini atau mungkin bahkan 2 tahun belakangan ini. Namun, sekiranya melalui pernyataan resmi ini Saya mengajak Anda untuk tetap terhubung dan berpartisipasi. Banyak hal yang kami rencanakan ke depan, tentunya ada yang kami berharap semua terwujud dengan lancar seperti apa yang terjadi di tahun 2021.

Sampai penghujung tahun 2022, mewakili seluruh keluarga besar Educa Studio. Kami berharap kita semua tetap diberikan kesehatan, kesuksesan, dan kolaborasi bersama. 

Selamat hari libur!

Andi Taru, CEO Educa Studio

Pastikan Anda tidak ketinggalan informasi mendatang dengan mengikuti saya / kami di Instagram.

Bagikan artikel ini

Author :

Andi Taru

CEO dan Founder Educa Studio