Top

Yuk, Ingatkan si Kecil Beberapa Hal Ini sebelum Kembali Bersekolah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

01 Jan 2022

  |  

Parenting

Libur Nataru dan akhir semester satu segera berlalu. Saatnya anak-anak kembali ke sekolah dengan semangat baru. Walaupun libur tidak terlalu panjang, tentu anak-anak harus segera kembali sekolah bertemu teman-teman dan guru.

Apa saja yang perlu anak persiapkan dan perlu Ayah dan Bunda bantu?

1. Senyum, Salam, Sapa

Senyum, salam, dan sapa adalah hal yang sederhana. Namun bisa membuat hati kita bahagia, juga kepada siapa pun kita bisa memberikannya. Ajarkan hal ini saat anak bertemu dengan teman-teman di sekolah, walau pun saat pembelajaran berlangsung secara daring.

2. Kelengkapan Alat Tulis dan Perangkat Belajar

Pandemi masih belum berakhir. Beberapa sekolah menerapkan sistem pembelajaran "blended learning", di mana pembelajaran berlangsung kadang secara tatap muka dan kadang jarak jauh ( online ). Mulailah membantu atau mendampingi anak membuat "check list" kelengkapan alat tulis dan perangkat belajar lainnya (laptop, mouse, dan lainnya), termasuk kuota internet.

3. Doa dan Motivasi

Usia anak-anak masih mudah disugesti, apalagi keluar dari mulut orang yang dipercaya dan disayang. Sebagai orang tua, berikan motivasi dan doa yang positif untuk anak. Ucapkan kalimat, "Semangat ya Nak", "Kamu anak yang baik", "Tetap fokus saat pelajar", dan lainnya. Ucapkan dengan penuh suka cita dan semangat, agar energi itu juga dirasakan oleh sang buah hati.

4. Pentingnya Bersosialisasi

Terlalu lama belajar secara online, tentu saja membawa dampak kurang baik dalam hal interaksi sosial. Dalam hal ini, tentu saja orang tua harus meminta bantuan dari guru yang akan lebih sering berinteraksi dengan sang buah hati saat di sekolah. Salah satunya adalah dengan membuat kelompok kecil di sekolah, sehingga paling tidak anak-anak akan memiliki sahabat atau teman yang merasa sudah dekat di dalam kelompok kecil tersebut. Bila sepulang sekolah anak masih merasa "sendiri", silakan komunikasikan kepada guru agar bisa menciptakan suatu kegiatan yang membuat mereka bisa akrab satu sama lain.

5. Membuat Perencanaan dan "To-Do List" Harian

Perencanaan dalam hal ini bisa berhubungan dengan jadwal pelajaran, buku-buku yang harus disiapkan setiap hari, materi-materi yang akan dipelajari di hari-hari mendatang, dan lainnya. Sedangkan "to-do list" berhubungan dengan apa yang bisa mereka kerjakan hari ini. Bantu anak dengan membuatkannya sebuah daftar, sebagai misi yang harus diselesaikan anak hari ini. Pasti hari-hari anak akan jadi lebih seru!

Dengan persiapan yang baik di awal masuk sekolah, semoga anak kian semangat menjalani pendidikan dengan hati yang sumringah. Persiapan hati, raga, dan materi yang mumpuni, serta dukungan Ayah dan Bunda yang disayangi, semoga bisa membantu anak menjadi anak yang baik, cerdas, dan berprestasi, terutama di semester ini.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.