Top

Ide TEMA DRAMA MUSIKAL di Acara PERPISAHAN ANAK TK / PAUD | Disertai Ringkasan Cerita Tiap Tema

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

15 Mei 2024

  |  

Edukasi

Drama musikal adalah salah satu pentas seni favorit yang keren untuk ditampilkan pada saat acara perpisahan anak TK / PAUD. Dalam sebuah drama musikal anak-anak didik bisa menampilkan aneka bakat dan keterampilan mereka, misalnya berakting, bernyanyi, menari, berpuisi, memainkan alat musik, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait:
PENTAS SENI Favorit di ACARA PERPISAHAN TK - PAUD, Agar Selalu Dikenang: Plus PANDUAN LENGKAP

Contoh Rundown Acara Perpisahan TK - PAUD: Agar Event Kelulusan / Wisuda Berjalan Lancar

Agar bisa memberikan penampilan terbaik, tentu saja guru PAUD, sebagai pendamping, pelatih, dan pengemban aneka tugas dalam acara perpisahan / kelulusan / pelepasan anak PAUD membutuhkan ide-ide tema drama musikal, yang nantinya bisa dikembangkan sesuai dengan kreativitas para guru dan siswa.

Inilah 5 ide tema drama musikal yang menarik, keren, dan kekinian yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam penulisan naskah dan jalan cerita. Ide cerita ini dilengkapi dengan cerita singkatnya yang akan memudahkan guru dalam menentukan tema cerita, mengembangkan pesan-pesan moral, dan ide-ide pengembangan cerita lainnya.

1. Berpetualang di Dunia Fantasi

  • Drama ini menceritakan tentang beberapa anak yang menemukan buku ajaib. Setelah itu, anak-anak tersebut akan memasuki dunia fantasi setelah membuka dan membaca beberapa kisah dalam buku tersebut.
  • Saat berada di dunia fantasi, anak-anak akan menjadi aneka tokoh dongeng atau cerita rakyat terkenal, baik dari mancanegara maupun dari tanah air, misalnya Cinderella, Si Pitung, Pinokio, Gatot Kaca, Putri Salju, dan lainnya.
  • Di dunia fantasi anak-anak akan berpetualang untuk menyelesaikan misi, yaitu melakukan aneka kebaikan. Setiap tokoh akan menyelesaikan misi dengan cara melakukan kebaikan dengan berbagai cara.

RIRI (Cerita Anak Interaktif): Koleksi Dongeng Animatif, Edukatif, dan Inspiratif untuk Anak PAUD - SD

2. Berpetualang Mengelilingi Bumi

  • Tema cerita dalam drama musikal ini mengambil setting di sebuah padang rumput yang luas. Anak-anak yang berasal dari berbagai ragam suku, diajak oleh Bapak Badut (atau tokoh menarik lainnya) untuk berpetualang mengelilingi bumi dengan balon udara.
  • Saat berada di udara, anak-anak akan diajak untuk mendarat di berbagai tempat terkenal di dunia. Di setiap tempat, mereka akan diajak untuk menyaksikan berbagai macam pentas seni menarik.
  • Anak-anak akan diajak untuk mengenal aneka budaya, baik dalam negeri, maupun luar negeri.

Baca juga: 8 Jenis Aktivitas Anak untuk Kesiapan Transisi PAUD ke SD

3. Berpetualang di Hutan Belantara

Tonton Koleksi Lagu Anak Lainnya Bersama KOLAK (Koleksi Lagu Anak)

  • Drama musikal ini berkisah tentang aneka ragam hewan yang berjuang mempertahankan kelestarian hutan dari para pemburu.
  • Anak-anak, yang berperan sebagai aneka ragam satwa, akan menampilkan kebolehan mereka dengan aneka kostum hewan dan penduduk dari suku tertentu di Indonesia.
  • Dengan menampilkan kemampuan / kebolehan mereka, para hewan dan penduduk lokal akan berusaha untuk menyadarkan para pemburu dan perusak hutan agar mampu menjaga kelestarian hutan.

Baca juga:
13 Tema Permainan Drama yang Disuka Anak PAUD ( Kegiatan Kurikulum Merdeka )
- Anak PAUD Percaya Diri dengan Sosiodrama: Apa Itu, Manfaat, Langkah-Langkah Praktik dan Contohnya

4. Berjuang Mendapatkan Bintang

  • Drama musikal ini mengisahkan anak-anak hebat dengan segala kemampuan mereka yang unik. Namun, mereka memiliki cita-cita atau harapan yang sama, yaitu ingin mendapatkan bintang. Anak-anak yang mendapatkan bintang dari Sang Matahari, akan mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan harapan mereka.
  • Anak-anak akan berjuang melakukan yang terbaik dan menampilkan bakat-bakat mereka yang unik.
  • Di akhir cerita, semua anak-anak akan mendapatkan bintang yang melambangkan tidak ada yang sia-sia dari sebuah perjuangan dan usaha.

Ragam tema di atas bisa menjadi pilihan bagi guru-guru PAUD agar bisa membuat suasana acara perpisahan menjadi semakin menarik dan bermakna. Agar penampilan anak-anak didik semakin menarik, tentu saja perlu didukung dengan dekorasi, kostum, dan tata musik yang kekinian.


Sumber Referensi:

1. Teachstarter.com. (2022). Kindergarten graduation ideas [1]

2. Mrsbsbeehive.com. (2022). Graduation songs for kids [2]

3. Freepik.com. (2022). Group dancer kids [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.