Top

8 Manfaat PENTING Kunjungan Anak PAUD / TK B ke Sekolah Dasar | Plus Games Seru untuk Transisi PAUD ke SD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Mei 2024

  |  

Edukasi

Transisi dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) usia TK B (usia 5 hingga 6 tahun-an) ke SD (Sekolah Dasar) adalah proses perpindahan anak-anak dari jenjang pendidikan usia dini ke jenjang pendidikan dasar.

Ada beberapa perubahan signifikan dalam kehidupan anak-anak dalam masa ini, yaitu teman belajar yang baru, guru baru, lingkungan belajar yang baru, rutinitas harian yang baru, dan tuntutan akademis yang lebih menantang.

Artikel Terkait:
- 5 SKILL KKOGNITIF TERPENTING agar Si Kecil Makin SIAP MASUK SD dan Ide Games Pengembangan Kognitif

- 9 Tips Mengenalkan Aplikasi Canva Kepada Si Kecil dari Dasar ( untuk Anak Usia PAUD dan SD )

- 8 Jenis Aktivitas Anak untuk Kesiapan Transisi PAUD ke SD

Kunjungan anak usia TK B ke jenjang SD dalam masa transisi memiliki banyak manfaat yang dapat membantu anak-anak didik untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dalam artikel ini akan dijelaskan 10 manfaatnya serta beberapa games asyik yang bisa dimainkan selama kunjungan.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio


1. Belajar Adaptasi dengan Lingkungan yang Baru

  • Anak-anak didik akan belajar mengenal ruang kelas, tempat bermain, taman bacaan, dan ruangan belajar lain. Mereka akan mengenal beberapa ruangan yang mungkin tidak ditemukan saat belajar di tingkat PAUD dan dengan suasana yang berbeda.
  • Beberapa ruang belajar yang baru dan terkesan lebih “dewasa” akan ditemukan di Sekolah Dasar, misalnya laboratorium Sains dengan peralatan yang lebih lengkap, ruang perpustakaan dengan koleksi buku yang lebih banyak serta variatif, ruang aula yang berukuran lebih besar, dan lainnya.

2. Belajar Mengikuti Rutinitas Baru

  • Agar anak-anak PAUD bisa belajar beradaptasi dengan kegiatan di SD, maka mereka perlu mengikuti rutinitas yang biasa dilakukan oleh kakak-kakak siswa SD.
  • Meskipun materi yang diajarkan belum terlalu sulit, tapi anak-anak didik akan diajak untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum SD, meskipun dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: Calistung Wajib Dikuasai Anak PAUD Sebelum Masuk SD?

3. Belajar Mengenal Guru SD

  • Pendidik PAUD biasanya mengenakan seragam yang terlihat cerah dan ceria. Sedangkan guru SD mengenakan seragam yang lebih formal. Selain itu, karakter guru SD tentu juga memiliki beberapa perbedaan dengan pendidik PAUD.
  • Calon siswa SD ini akan belajar dan berinteraksi bersama guru-guru di SD. Mereka akan mengenal pribadi guru-guru SD, sehingga akan semakin siap dan nyaman saat diajar dan dibimbing oleh guru-guru SD.

4. Mengenal Materi dari Kurikulum SD

  • Anak-anak didik PAUD akan diajak untuk beraktivitas dan melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum SD. Namun, tentu saja dengan kegiatan yang menyenangkan dan tetap ditemani kakak-kaka SD.
  • Hal ini akan membuat mereka tidak perlu khawatir dengan pembelajaran di SD, karena materi yang diajarkan di bangku SD, terutama kelas 1, belum terlalu menantang dan masih banyak melakukan kegiatan bermain sambil belajar atau pembelajaran yang menyenangkan.

Kembangkan Karakter Islami Anak bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

5. Mengembangkan Rasa Percaya Diri dan Mengurangi Kecemasan

  • Program ini juga akan berguna untuk mengembangkan kepercayaan diri anak-anak PAUD; karena mereka sudah mengenal guru-guru SD dan kakak-kakak di tingkat SD.
  • Secara otomatis, anak-anak PAUD juga akan semakin tenang dan tidak terlalu cemas saat mereka akan mengalami hari-hari pertama masuk SD. Anak-anak usia dini biasanya masih mudah merasa cemas saat berada di lingkungan baru atau yang belum pernah dikunjungi.

Baca juga: Si Kecil Masuk SD? Kembangkan Keterampilan Sosial dengan Cara Mudah Ini

6. Pengembangan Kecerdasan Sosial

  • Saat seorang anak diajak untuk berada di sebuah lingkungan yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru, mereka sedang belajar mengembangkan kecerdasan sosialnya.
  • Dengan pendampingan orang yang lebih dewasa, ia akan belajar sopan santun, langkah-langkah, dan perilaku saat berkenalan dengan orang baru. Ia akan belajar tentang pentingnya sikap ramah, berperilaku rendah hati, menjunjung tata krama, serta mematuhi aturan yang berlaku.

7. Memotivasi agar Semakin Tekun Belajar

Pembelajaran di PAUD biasanya didominasi dengan kegiatan bermain. Sedangkan di SD, para siswa akan diajak untuk semakin tertib dan disiplin dalam belajar. Pembiasaan ini akan membuat anak-anak PAUD semakin tekun belajar dengan materi pembelajaran dan kegiatan yang lebih menantang.

8. Mengembangkan Kemandirian

Anak-anak didik akan semakin terpacu mengembangkan kemandiriannya, karena pembelajaran dan kegiatan di SD tentu akan semakin menantang. Melalui aneka kegiatan, anak-anak PAUD akan memahami pula bahwa pendampingan yang diberikan oleh guru-guru SD tidak akan terlalu melekat (tidak seperti guru-guru di PAUD), sehingga anak-anak PAUD akan termotivasi untuk lebih mandiri.

Baca juga: 7 Kiat Mengembangkan Karakter Anak yang Mandiri dan Tangguh

Agar kegiatan kunjungan ini semakin menyenangkan, anak-anak didik PAUD bersama siswa-siswa SD kelas 1 perlu melakukan aneka kegiatan yang asyik, salah satunya adalah dengan melakukan aneka permainan. Beberapa permainan yang menyenangkan antara lain:

  • Meet and Greet Games

Anak-anak PAUD akan diminta untuk mengambil sebuah kertas, lalu ia akan diminta berkenalan dengan teman baru, sesuai dengan petunjuk yang tertulis dalam kertas.
Contohnya, di kertas tertulis: “Anak laki-laki, berambut pendek, berbaju merah”.

  • Membuat Gelang Persahabatan

Anak-anak PAUD diminta membuat beberapa gelang. Gelang-gelang tersebut akan diberikan kepada teman baru, yaitu kakak-kakak di SD yang mereka kenal.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan guru PAUD tentang betapa pentingnya kegiatan ini. Semoga bisa memotivasi guru PAUD pula dalam memberikan kegiatan yang berkualitas dan bermanfaat bagi anak-anak PAUD agar semakin siap masuk SD.

Artikel Terkait:
- Aktivitas Anak Usia TK / PAUD Persiapan Masuk SD: Menguatkan Motorik Kasa

- PENTAS SENI Favorit di ACARA PERPISAHAN TK - PAUD, Agar Selalu Dikenang: Plus PANDUAN LENGKAP

Sumber Referensi:

1. 3einternationalschool.org. (2022). Navigating the transition from kindergarten to elementary [1]

2. Sabre.education. (2022). Easing the transition from kindergarten to primary school [2]

3. Freepik.com. (2022). Children playing group [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.