Top

Si Kecil Masuk SD? Kembangkan Keterampilan Sosial dengan Cara Mudah Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Mei 2023

  |  

Edukasi

Keterampilan sosial adalah salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan oleh anak agar ia siap masuk SD. Dilansir dari educationcorner.com, Becton Loveless mengatakan bahwa perkembangan sosial dan emosional sama pentingnya untuk pengalaman sekolah yang sukses seperti perkembangan kognitif. Perkembangan ini dimulai sebelum anak menginjakkan kaki di ruang kelas, dan terus berlanjut sepanjang karir akademisnya.

Lagu Edukasi Berjudul “Bangga Jadi Anak Indonesia”: Media Fun dan Efektif Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Semangat Cinta Tanah Air

 

Inilah panduan lengkap agar Ayah dan Bunda dapat melatih keterampilan sosial Si Kecil agar ia tumbuh menjadi anak yang hebat dan semakin siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SD (Sekolah Dasar).

1. Jadi Teladan yang Baik

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah keluarga. Agar Si Kecil memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, Ayah dan Bunda perlu sering-sering mengajaknya bercakap-cakap. Jadilah orang tua yang aktif dalam memulai pembicaraan.

Ayah dan Bunda bisa memulainya dengan menanyakan bagaimana kabarnya, menanyakan aktivitas di sekolah, menanyakan aktivitas sepulang sekolah, dan lainnya. Ayah dan Bunda juga bisa memulai pembicaraan dengan menceritakan aktivitas Anda dalam sehari.

Baca juga: 7 Tips Agar Anak Terampil Berbicara dengan Tata Bahasa yang Baik

2. Mengajak Si Kecil Beraktivitas di Luar Rumah

Ajak Si Kecil melakukan aneka aktivitas menyenangkan atau bermain di luar rumah. Ayah dan Bunda bisa mengenalkan Si Kecil kepada anak-anak tetangga, agar mereka bisa bermain bersama.

Si Kecil juga akan terpacu untuk lebih aktif berkomunikasi. Kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi, terutama saat berada di lingkungan baru juga akan berkembang dengan baik.

Baca juga: Aktivitas di Satuan PAUD untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional

3. Mengajak Si Kecil di Acara Keluarga

Acara Keluarga bisa menjadi momen yang baik untuk mengajarkan Si Kecil pentingnya bersosialisasi. Si Kecil akan berkenalan dengan orang baru dengan banyak karakter dan berbagai usia.

Jangan sungkan untuk mengajak Si Kecil untuk berkenalan kepada semua kerabat dan mengajaknya bermain dengan kerabat yang sepantaran.

MACACI (Gemar Membaca Sedari Kecil): Promo Harga Mulai dari Rp 40Ribuan

 

4. Mengenalkan Makna Empati

Ajarkan kepada Si Kecil tentang makna empati. Hal paling sederhana dari keterampilan sosial ini yang bisa diajarkan kepada Si Kecil adalah memberikan pengertian kepadanya bahwa segala yang perbuatan yang baik kepada sesama, akan membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi diri sendiri.

Jadi, Ayah dan Bunda juga perlu memberikan pengertian kepada Si Kecil agar berusaha untuk tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain dan membuat orang lain bersedih atau kecewa.

Baca juga: Cara Mengasah Jiwa Empati Anak di Era Digital

5. Mengajarkan Keterampilan Problem Solving

Keterampilan dalam menyelesaikan masalah secara mandiri perlu diajarkan kepada Si Kecil sejak dini. Ayah dan Bunda bisa memberikan tantangan kepada Si Kecil terhadap hal-hal yang belum bisa ia lakukan secara mandiri. Misalnya, menali tali sepatu, mengaitkan kancing baju, merapikan mainan, dan lainnya. Berikan penghargaan kepada Si Kecil bila ia mampu melakukan kebiasaan-kebiasaan baik itu secara mandiri.

Ayah dan Bunda juga bisa memberikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mengemukakan opini, misalnya tentang rencana liburan, menemukan solusi saat ia dalam persoalan, dan lainnya. Dan hal terpenting, dengarkan setiap pendapatnya dengan kesabaran dan penuh perhatian.

Baca juga: Kembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak dengan Cara Ini!

 

Dongeng Anak Berjudul “Bernalar Kritis”: Anak Jadi Cepat Paham Pentingnya Keterampilan Bernalar Kritis.

 

6. Mengajari Si Kecil dengan Media Edukasi Kekinian

Buku dongeng bertema pertemanan, kerja sama, bermain bersama, dan tolong-menolong adalah salah satu media edukasi menarik untuk mengajarkan keterampilan bersosialisasi agar siap masuk SD. Di era digital, Ayah dan Bunda bisa mengajarkannya dengan media:

7. Mengajak Si Kecil Liburan

Ajak Si Kecil pergi ke tempat-tempat liburan yang menyenangkan. Kesempatan ini bisa membuat Si Kecil semakin bahagia dan pastinya akan membuatnya terlihat selalu ceria saat bertemu dengan orang baru dan teman-temannya. Ia akan semakin terlihat menjadi pribadi yang menyenangkan dan menjadi teman yang asyik.

Baca juga: 8 Kegiatan Liburan Edukatif yang Bisa Dilakukan di Rumah. Apa Saja?

8. Mengenalkan Tata Krama

Ajarkan kepada Si Kecil tentang tata krama. Ayah dan Bunda bisa memulai keterampilan sosial ini dari hal-hal sederhana, misalnya cara memberi salam, cara berkenalan dengan orang baru, cara bersalaman kepada orang lain, cara berbicara yang sopan, dan lainnya.

Tanamkan dalam diri Si Kecil, bahwa Si Kecil perlu bersikap lebih sopan kepada orang yang usianya lebih tua, apalagi orang yang dihormati di lingkungan tertentu. Ini akan membuatnya lebih siap masuk SD.

Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD: Membantu Mengajarkan Pendidikan Karakter dan Ilmu Pengetahuan kepada Si Kecil.

 

9. Mengajarkan Pentingnya Berbagi

Ayah dan Bunda perlu menanamkan ke dalam hati Si Kecil bahwa berbagi itu adalah suatu hal yang menyenangkan. Lalu, jelaskan kepada Si Kecil berbagi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya berbagi sedekah kepada yang membutuhkan, mau meminjamkan mainan kepada teman, dan lainnya.

Bila Si Kecil belum siap untuk melakukan kebiasaan berbagi, Ayah dan Bunda tetap harus menjadi teladan gemar berbagi baginya.

Ajarkan Aneka Karakter Anak dengan Ratusan Buku Digital. Dapatkan dengan Klik Gambar di Bawah Ini!

Ayah dan Bunda, semoga cara-cara di atas dapat menumbuhkan keterampilan sosial Si Kecil sehingga semakin siap masuk SD.

Yuk, Bantu Si Kecil Mengembangkan Keterampilannya dalam Membuat Konten Edukasi dan Kreatif di Kelas Kreatif Gamelab.id

 


Sumber Referensi:

1. Educationcorner.com. (2022). Social skills for Kindergarten [1]

2. Freepik.com (2022). Back school two cute asian child girls [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.