Top

Contoh Naskah Pidato saat Acara Perpisahan PAUD yang Menyentuh Hati | Kata Sambutan Pesta Kelulusan TK

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Mei 2024

  |  

Edukasi

Memberikan pidato pada saat acara kelulusan PAUD yang menyentuh bisa menjadi momen yang istimewa. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda mempersiapkannya sebaik mungkin. Salah satu persiapan yang penting adalah membuat naskah pidato.

Naskah pidato perlu dibuat semenarik mungkin. Namun, karena tamu undangan yang menyaksikan tidak hanya orang tua atau banyak anak-anak juga, maka Anda perlu menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, dan bisa menyentuh hati.

Baca juga:
- Contoh Rundown Acara Perpisahan TK - PAUD: Agar Event Kelulusan / Wisuda Berjalan Lancar

- 9 Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking untuk Guru

- PENTAS SENI Favorit di ACARA PERPISAHAN TK - PAUD, Agar Selalu Dikenang: Plus PANDUAN LENGKAP

Berikut adalah salah satu contoh naskah pidato di acara perpisahan / kelulusan anak TK-PAUD yang sudah dikelompokkan menjadi beberapa part. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda.

1. Salam dan Kata Pembuka

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan selamat datang kami ucapkan kepada Bapak/Ibu Guru, para orang tua, dan para tamu undangan yang saya hormati.

Kembangakan Karakter Islami Anak PAUD bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

2. Ucapan Syukur

Puji dan syukur patut kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas berkat, penyertaan, dan rahmat-Nya, kita semua dapat berkumpul dalam acara yang penuh makna ini, yaitu acara kelulusan anak-anak didik PAUD angkatan ke-5 di sekolah kita.

Baca juga: Panduan LENGKAP Melatih Keterampilan Bahasa Anak agar Siap Masuk SD

3. Tujuan Acara

Hari ini, kita tidak hanya merayakan keberhasilan anak-anak didik dan buah hati kita yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat PAUD, tetapi juga momen yang istimewa di mana kita berpisah dengan mereka untuk melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya. Saatnya bagi mereka untuk mengejar mimpi-mimpi baru dan tantangan-tantangan baru. Hari ini adalah saat bagi kita pula, sebagai orang tua dan guru, untuk melepaskan mereka sambil menyerahkan segala doa dan harapan yang baik agar kelak semakin banyak menuai keberhasilan di segala bidang kehidupan.

4. Ucapan Terima Kasih untuk Guru

Tidak lupa, dari lubuk hati yang paling dalam, sepantasnya kita juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pendidik anak bangsa yang telah mempersembahkan segala ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kasih sayang kepada semua anak-anak selama ini.

Setiap pengalaman, ilmu, lagu, cerita, keceriaan, dan banyak hal yang sudah Bapak Ibu guru bagikan adalah harta yang berharga dan pondasi yang penting bagi langkah hidup anak-anak dan generasi penerus kita ini.

Baca juga: Calistung Wajib Dikuasai Anak PAUD Sebelum Masuk SD?

5. Ucapan Terima Kasih untuk Orang Tua

Tidak lupa, ucapan terima kasih juga patut kita berikan kepada orang tua, Ayah dan Bunda dari anak-anak didik, yang telah mendampingi segala karya yang dilakukan para guru dan perjuangan yang dilakukan oleh anak-anak.

Berkat pendampingan dan peran serta orang tua dalam pendidikan buah hatinya, anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang berhati mulia, cerdas, mandiri, dan bahagia. Anak-anak juga semakin mengalami perkembangan yang optimal, berkat kerja sama yang dibangun oleh para pendidik bersama orang tua. Segala ilmu yang didapatkan oleh anak-anak di sekolah semakin diperkaya dan cepat berkembang berkat peran orang tua yang terus mendampingi buah hatinya dengan penuh kasih sayang.

Aplikasi Gim Asyik untuk Bermain Seraya Belajar Anak TK-PAUD
- Belajar Huruf Bersama Marbel
- Belajar Angka Bersama Marbel

6. Kata Motivasi dan Ucapan Selamat untuk Anak-Anak Didik

Dan untuk anak-anak sekalian, proficiat! Saya mewakili para guru dan orang tua mengucapkan selamat atas perjuangan, semangat, dan karya teman-teman, sehingga mampu menyelesaikan pendidikan di tingkat PAUD.

Teman-teman adalah bunga-bunga yang indah, yang selalu menghiasi hari-hari kami.
Teman-teman adalah bintang-bintang kecil, yang selalu menerangi hati kami dan memberi keindahan dalam hati kami.

Baca juga: Si Kecil Masuk SD? Kembangkan Keterampilan Sosial dengan Cara Mudah Ini

Setiap kebersamaan kita saat bermain dan belajar adalah saat-saat berharga dalam kehidupan kami. Kami, sebagai guru dan orang tua, juga banyak belajar dari teman-teman. Kami bisa belajar tentang arti sebenarnya dari kesabaran, ketulusan, dan kebahagiaan.

Selamat meneruskan perjalanan teman-teman ke jenjang yang lebih tinggi. Tetaplah menjadi anak-anak yang baik, bertakwa kepada Tuhan, berbakti kepada orang tua, hormat pada guru, menyayangi semua teman, dan rajin belajar.

Tetaplah berjuang dan memperkaya cita-cita kalian. Semakin banyak cita-cita yang ingin kalian raih, pasti akan memacu semangat untuk belajar dan berjuang.

Hari ini adalah hari perayaan keberhasilan teman-teman sekalian. Di hari-hari selanjutnya, mungkin kita akan jarang berjumpa. Maka, selain doa yang baik, kami juga mengucapkan maaf bila secara sengaja dan tidak sengaja pernah melakukan kesalahan kepada teman-teman. Semoga kita tetap bisa menjalin tali persaudaraan dan silaturahmi yang baik agar kita semakin dilimpahi berkah dan kemudahan dalam segala hal dari Allah.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Pidato di atas bisa Anda manfaatkan sebagai sumber inspirasi. Bagaimanapun, pengalaman pribadi yang paling mengesankan bersama anak didik bisa memberikan sentuhan tersendiri bagi anak-anak didik dan orang tuanya. Apalagi bila cerita tersebut bisa memberikan inspirasi, motivasi, dan edukasi. Pasti momen Anda berpidato akan menjadi suatu pengalaman yang memorable.

Artikel terkait:
Tips Melatih Keterampilan Bercerita saat Acara Perpisahan Sekolah
Kegiatan Pembuka PAUD Seru: Bisa Dipraktikkan Saat Acara Perpisahan Sekolah
Variasi Kegiatan Seni yang Disuka Anak PAUD: Bisa Dipentaskan Saat Acara Wisuda TK/PAUD


Sumber Referensi:

1. Testbook.com. (2023). Graduation day anchoring script for kindergarten [1]

2. Tagalogtranslate.com. (2023). Example welcome speech for preschool graduation [2]

3. Freepik.com. (2022). Little boy pointing up [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.