Top

Mengajarkan Pentingnya Sekolah Meski Anak Ngebet Jadi "Content Creator"

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Jan 2022

  |  

Parenting

Menjadi "selebgram" atau "content creator" merupakan cita-cita yang banyak digandrungi anak-anak kekinian. Mungkin pemahaman anak-anak sangat sederhana, yaitu asal bisa membuat konten yang bagus, pasti bisa jadi terkenal dan bisa menghasilkan banyak uang secara instan.

Padahal tantangan untuk menjadi seorang "content creator" tidaklah mudah. Membutuhkan aneka ketrampilan dan ilmu yang perlu dikembangkan agar bisa menjadi seorang pembuat konten yang profesional, sukses, dan bisa jadi teladan.

Pendidikan atau bersekolah sangat penting dalam menunjang kesuksesan seorang "content creator". Jangan sampai keinginan anak menjadi "content creator" membuat mereka malas belajar. Bagaimana menanamkan hal ini kepada anak agar cita-cita ini bisa membuat semangat belajar anak makin besar?

1. Sekolah untuk Mengembangkan Otak atau Kecerdasan

Berikan pengertian kepada anak, bahwa saat bersekolah, kecerdasan anak akan berkembang selalu. Dengan aneka mata pelajaran yang ia pelajari, ia akan semakin banyak memahami aneka macam ilmu. Ketrampilan anak dalam menerima pengetahuan baru juga akan semakin baik sesuai perkembangan, dengan bimbingan dari seorang guru.

2. Melatih Pengembangan Karakter

Tanamkan dalam diri anak, bahwa untuk menjadi orang hebat, seseorang harus memiliki sifat dan perilaku yang baik, tak hanya cerdas secara akal. Perilaku yang kurang baik bisa menjadi semacam "bumerang" bila nantinya terpublikasikan kepada banyak orang dan menjadi viral. Di sekolah, anak akan banyak belajar pendidikan karakter, serta akhlak moral.

3. Pentingnya Bersosialisasi di Dunia Nyata

Ingatkan kepada sang buah hati, bahwa kehidupan sosial sangat penting. Mereka harus belajar memilih kata-kata yang sopan saat berbicara, mengatur nada bicara, cara memperlakukan sesama dengan baik, dan lainnya.

Selain itu, ia akan banyak belajar pengetahuan dan pengalaman baru bersama teman-teman di sekolah yang ada di dunia nyata. Banyak lho, anak-anak yang nyaman di dunia maya, tapi terlihat "kaku" saat bersosialisasi di dunia nyata. Di sekolah, anak juga akan belajar berbagi dan kerja sama.

4. Semua Mata Pelajaran itu Baik

Beberapa anak mungkin sangat menggemari suatu mata pelajaran tertentu, yang lain dinomorduakan. Pelajaran favorit biasanya adalah yang sesuai dengan minat atau cita-citanya, misalnya, anak yang ingin menjadi seorang ilmuwan, biasanya sangat menggemari pelajaran IPA atau Matematika, namun malas belajar tentang kesenian.

Berikan pengertian kepada anak, bahwa semua mata pelajaran memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan karakter, ketrampilan, dan kecerdasan.

5. Menjadi "Content Creator" sesuai Profesi atau Cita-Cita

Kenalkan kepada anak beberapa "content creator" yang membuat platform atau kanal sesuai profesi mereka. Ada youtuber yang juga berprofesi sebagai seorang dokter, guru, pilot, dan lainnya. Buatlah anak paham bahwa menjadi "content creator" tidak harus meninggalkan cita-cita, bahkan bisa saling mendukung antara keduanya.

Itulah hal penting yang perlu diajarkan kepada anak-anak. Semoga dengan mengikuti setiap kegiatan dan pembelajaran di sekolah dengan baik dan maksimal, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, dan berkarakter, serta mendukung apa pun cita-cita mereka kini dan kelak.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.