Top

How Does It Feel to Work at StartUp?

12 Januari 2022

Dewasa ini, banyak sekali bermunculan perusahaan Startup. Bekerja di start-up juga sangat diminati dan bahkan sudah menjadi trend bagi kaum milenial, apalagi jika perusahaan itu sudah sampai level Unicorn.

Kenapa sih, anak jaman now tertarik untuk kerja di Startup?

Selain karena perusahaan Startup tersebut sudah terkenal dan punya nama besar, salah satu faktor yang membuat banyak orang tertarik untuk bekerja di perusahaan Startup adalah karena budaya kerjanya yang berbeda dengan perusahaan coorperate pada umumnya.

Nah.. bagi kalian yang punya ketertarikan untuk bekerja di salah satu perusahaan Startup, yuk intip seperti apa suasana dan budaya kerja di startup khususnya di Educa Studio. For Your Information, Educa Studio juga merupakan salah satu perusahaan Startup yang fokus pada pengembangan Software dan Game edukasi lhoo.. klik di sini untuk kepoin Educa Studio.

1. Lingkungan dan suasana kerja yang Seru!

Educa Team - Playday

Tahu kah kalian kalau lingkungan sangat mempengaruhi produktivitas dan kreativitas seseorang? Perusahaan Startup yang menuntut individu di dalamnya untuk terus berinovasi, seringkali memodifikasi lingkungan dan suasana kantor mereka menjadi senyaman mungkin sehingga karyawan dapat terus produktif serta memberikan ide-ide cemerlang demi kemajuan perusahaan.

Educa Studio juga berusaha semaksimal mungkin untuk membuat karyawannya merasa nyaman dengan mengadakan kegiatan seperti playday, dimana Educa Team berkumpul dan bermain boardgame bersama. Tanpa memandang jabatan dan senioritas.

2. Ruang diskusi lebih terbuka, Banyak kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri

Perusahaan Startup cenderung mengabaikan adanya senioritas dan tingkat jabatan. Bukan berarti tidak ada jenjang karir di perusahaan startup, hanya saja mereka tidak terlalu mempedulikan hal ini dalam berinteraksi. Akibatnya adalah, kita dapat dengan bebas menyampaikan ide atau gagasan kita.

Adanya ruang diskusi yang terbuka dan fleksibel seperti ini dapat menjadi sarana transfer ilmu yang sangat efektif. Bekerja di Startup sangatlah fleksibel dan dinamis, sehingga memungkinkan kalian untuk mempelajari banyak hal baru yang bahkan di luar bidang kalian sekalipun. Sering pula perusahaan Startup memberikan pelatihan softskill maupun hardskill bagi karyawannya sehingga kemampuan dan keterampilan karyawan dapat terus berkembang sejalan dengan berkembangnya perusahaan.

3. Pakaian bebas. Mau formal atau non-formal suka-suka kita!

Didominasi oleh anak muda yang berjiwa bebas, perusahaan Startup biasanya tidak memberikan batasan untuk karyawannya dalam gaya berpakaian. Karyawan Startup biasanya lebih memilih untuk memakai kaos oblong dan bawahan jeans saat "ngantor", namun tidak melarang juga ketika ada karyawan yang ingin tampil dengan jas dan dasi bahkan batik sekalipun.

Hal yang perlu diingat adalah tetap jaga kesopanan dan kerapian dalam berpakaian yaa..

4. Teamwork No.1!!

Semua perusahaan pasti ingin memiliki tim yang kompak dan solid, namun bagi perusahaan startup hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak adanya batas antar jabatan dan senioritas menjadikan perusahaan startup jauh lebih unggul dalam hal teamwork dan kekompakan. Hal ini juga didukung oleh banyaknya jobdesc yang beririsan dengan banyak divisi dan mudahnya interaksi antar karyawan dan atasan.

 

Perusahaan startup juga selalu melakukan segala upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan teamwork yang sudah ada ini. Contohnya Educa Studio yang mengadakan kegiatan olahraga bersama yaitu futsal setiap seminggu sekali.

5. Career path yang lebih cepat dan dinamis

Career path atau jenjang karir yang ada di perusahaan korporat mungkin lebih menjanjikan karena struktur perusahaannya sudah paten. Berbeda halnya dengan startup yang masih meraba bagaimana struktur perusahaannya nanti. Namun akan sulit bagi karyawan di perusahaan korporat untuk cepat naik ke posisi atas, bahkan ada yang memerlukan waktu hingga puluhan tahun. Bagi Kalian yang ingin bergabung di perusahaan startup tidak perlu khawatir, karena perusahaan startup juga bisa menjanjikan jenjang karir untuk kalian, bahkan akan lebih cepat naik level jika benar-benar kompeten dalam bidangnya.

Luasnya lingkup kerja di startup, membuat karyawannya cepat belajar banyak hal dan mengembangkan skillnya. Terlebih lagi jika struktur perusahaan tersebut sudah mulai terbangun, akan banyak posisi leader, supervisor, bahkan manager yang belum terisi. Hal tersebut dapat membuka peluang dan kesempatan bagi individu yang kompeten untuk cepat naik posisi, walaupun pada awalnya masuk perusahaan pada level paling bawah.

 

Bagaimana? Setelah tahu budaya kerjanya, apakah kalian jadi semakin tertarik untuk bergabung di perusahaan startup?

Jika kalian tertarik untuk merasakan seperti apa rasanya bekerja di startup, jangan ragu untuk bergabung dengan Educa Studio!

Ayo generasi kreatif Indonesia, kita bangun produk pendidikan yang CEMUMU (Cepat, Mudah, dan Muenyenangkan) bersama Educa Studio untuk anak Indonesia dan dunia! klik di sini untuk intip peluang karir di Educa Studio

Author :N. R. Heditya

HRD Educa Studio