Top

Menjadi Guru yang Hebat demi Menguatkan Mental Anak Didik

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Juni 2022

  |  

Edukasi

Meski keadaan kesehatan nasional sudah mulai membaik, pandemi belum usai. Pengaruh pandemi di masa kini sangat mempengaruhi mental anak-anak didik. Guru, sebagai "orang tua yang ke-2", adalah sosok yang diharapkan bisa menjadi motivator dan inspirator bagi anak-anak didik, agar mereka mau bangkit dari segala dampak negatif yang dialami, misalnya orang tua yang kehilangan pekerjaan, orang tua yang menjadi korban jiwa, atau pun persoalan keluarga lainnya.

Ciri Guru Hebat di Masa Kini

Guru yang hebat harus bisa memulihkan keadaan mental anak-anak bangsa yang membutuhkan penguatan, perhatian, dan bimbingan. Sosok guru sangat dibutuhkan untuk kembali membangun mental dan spiritual anak-anak bangsa yang terdampak pandemi. Namun, apakah peran guru sungguh-sungguh sudah bisa diandalkan? Jawaban tentu ada pada diri masing-masing guru.

Pendemi telah mengubah gaya hidup dan gaya belajar anak-anak masa kini. Penguasaan teknologi dan transformasi sumber daya bagi seorang guru sangatlah penting, walau pun tidak kalah penting pula guru bisa mengajar dengan sepenuh hati. Guru zaman sekarang dituntut untuk semakin semangat mengajar dan belajar. Tanpa belajar dan belajar, guru bisa ketinggalan zaman.

Peran Guru dalam Sebuah Lembaga (Sekolah)

Setiap pendidik pasti menyatu di dalam sebuah lembaga atau instansi. Peran suatu instansi juga sangat penting, karena apa yang menjadi keputusan dan pilihannya akan menentukan sepak terjang pada dan kualitas tenaga pendidiknya. Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan atau pengajaran yang diberikan guru kepada anak-anak didiknya. Di masa pandemi dan endemi tidak ada lagi zona nyaman bagi seorang guru. Karena keadaan dunia masih belum menentu, dan ini terjadi di semua bidang.

Pentingnya Ketrampilan Guru dalam Beradaptasi

Sosok guru yang memiliki kemampuan beradaptasi sangatlah penting. Guru yang mudah beradaptasi bisa menyesuaikan diri di segala situasi. Ia tidak hanya diam di zona nyamannya. Ia perlu punya kemauan merubah diri, bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, namun lebih pada untuk kepentingan anak-anak didiknya.

Pentingnya Ketrampilan Guru dalam Membangun Karakter

Pandemi juga banyak mempengaruhi karakter anak-anak Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena hampir setiap hari anak-anak disuguhi tontonan yang belum tentu sesuai dengan usianya. Ada pula yang orang tuanya abai, sehingga anak kecanduan perangkat komunikasi. Dalam kasus ini, sosok guru juga sangat dibutuhkan untuk memberikan nasihat-nasihat kebaikan yang bisa mencuci bersih otak anak dari pengaruh buruk konten yang tidak ramah anak. Anak menjadi semakin paham, apa yang boleh dan tidak boleh dilakuan atau pun dikonsumsi. Dan saya kira hal ini sangatlah "urgent" bagi guru masa kini.

Pentingnya Ketrampilan Guru dalam Bidang Teknologi Informasi

Mengajar dengan hati dengan terus meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang, terutama teknologi informasi adalah kunci keberhasilan guru masa kini. Teknologi memang bisa mempengaruhi karakter anak-anak didik, bisa menuju ke arah positif atau bisa ke arah negatif. Peran guru adalah belajar dan mengajar tanpa lelah agar bisa memberikan ruang bagi anak-anak didik untuk berkembang secara maksimal, termasuk dalam hal penguasaan teknologi. Semoga dengan semakin hebatnya peran guru masa kini, anak-anak Indonesia bisa memiliki karya-karya yang bisa dibanggakan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.