Top

Pemanfaatan Canva untuk Tingkatkan Kualitas Kinerja Guru PAUD dalam Pembelajaran

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

26 Sep 2023

  |  

Edukasi

Canva merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan di berbagai bidang. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, guru TK - PAUD bisa memanfaatkan platform ini. Selain karena tampilannya lebih menarik, guru PAUD sering memanfaatkan platform ini karena produk yang dihasilkan melalui platform ini sangat menarik. Penggunaannya pun sangat praktis dan mudah.

Inilah beberapa media pembelajaran yang bisa dibuat oleh Guru TK - PAUD untuk mendukung kinerjanya sebagai tenaga pengajar.

1. Lembar Kerja Anak atau LKA

Beberapa hal yang penulis temukan dan merupakan keunggulan dari platform ini, terutama dalam proses pembuatan LKA adalah adanya variasi gambar, variasi teks, dan pilihan menu desain yang menarik.

FIle yang sudah jadi bisa dengan mudah diunduh dan siap cetak.

Baca juga:
Ini Dia Cara Unduh GRATIS LKA PAUD di Platform Educa Studio

2. Buku Paket

Guru juga bisa memanfaatkan platform ini untuk membuat buku paket sendiri. Guru tidak perlu meminta anak-anak didik membeli buku paket, karena guru bisa membuatkan buku paket bagi anak-anak didiknya.

Bila guru yang membuatnya secara mandiri, tentu saja akan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kumpulan LKA yang sudah Anda desain bisa Anda kompile menjadi satu buah buku paket. Buku paket tersebut bisa dipakai lagi di tahun ajaran yang baru.

3. Media Presentasi

Selain gambar dan teks yang menarik, aneka desain media presentasi juga banyak tersedia dalam platform Canva. Desain media presentasi dengan aneka topik pembelajaran PAUD, seperti alam, hewan, angkasa, kegemaran, lingkungan, dan lainnya bisa langsung digunakan.

Guru PAUD tinggal memikirkan konten atau materi apa yang ingin disampaikan kepada anak-anak didik, tanpa harus berpikir keras tentang gambar latar yang ingin digunakan. Karena setiap desain yang tersedia sudah dikemas dengan menarik dan siap pakai.

4. Membuat Sertifikat atau Penghargaan

Selama beberapa bulan pembelajaran, biasanya ada beberapa anak didik yang menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Anak-anak didik lainnya, memenangkan suatu perlombaan atau meraih suatu prestasi yang membanggakan.

Pihak sekolah dan Anda, sebagai guru, tentu ingin memberikan penghargaan kepada anak-anak didik yang hebat tersebut, bukan?

Anda bisa membuat desain sertifikat atau penghargaan dengan mudah dan cepat dengan platform Canva. Hanya dengan satu desain yang sudah jadi, Anda tinggal mengedit pada bagian nama dan jenis prestasi yang diraih anak-anak didik di sekolah Anda.

Unduh GRATIS, Aplikasi Marbel TK dan PAUD. Tersedia Aneka Media Belajar Fun dan Berbasis Teknologi dengan Animasi yang Menarik.

 

5. Membuat Kartu Belajar

Beberapa desain kartu belajar atau flash card yang menjadi pengetahuan bagi anak-anak PAUD, bahkan bisa langsung dicetak dengan ukuran yang Anda inginkan.

Beberapa tema yang sudah umum bagi anak-anak PAUD adalah pengenalan hewan, transportasi, profesi, huruf, buah, dan lainnya.

Bila Anda ingin membuat kartu belajar sendiri, Anda bisa mengedit kartu belajar yang tersedia atau membuatnya dari awal.

Koleksi Kartu Belajar TERLENGKAP Bisa Dipesan di Toko Marbel Junior. Harga Murah, Tampilah Menarik serta Cerah

 

6. Membuat Modul Ajar

Bila Anda ingin membuat modul ajar, Anda tinggal memanfaatkan aneka desain modul ajar atau rencana belajar di dalam platform ini. Kata kuncinya adalah lesson plan atau rencana belajar.

Anda tinggal melengkapinya dengan tema atau topik, tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran yang ingin Anda berikan kepada anak-anak didik.

Baca juga:
1. RPPH ( Modul Ajar ) Lengkap Kurikulum Merdeka PAUD - TK
2. Permainan PAUD - TK Terlengkap Media Belajar Bermain di Kurikulum Merdeka

7. Membuat Peta Konsep

Ada banyak variasi peta konsep yang tersedia di dalam platform Canva. Anda tinggal mengeditnya sesuai kebutuhan dan materi pembelajaran yang ingin Anda berikan kepada anak-anak didik.

8. Membuat Jadwal Pelajaran

Dengan mengetik kata kunci: "schedule" atau "jadwal pelajaran", maka akan muncul aneka ragam desain jadwal pelajaran yang variatif dan menarik.

Anda tinggal mengedit sesuai dengan kebutuhan sekolah atau jadwal pelajaran yang berlaku di sekolah.

9. Membuat Poster

Beberapa poster yang biasa dibuat oleh guru-guru PAUD adalah:

  • Poster aturan kelas
  • Poster tema besar pembelajaran sekolah
  • Poster kesepakatan kelas
  • Poster SOP Sekolah
  • Poster kata-kata mutiara
  • Poster slogan sekolah

Anda bisa membuatnya dengan mudah dan cepat. Beberapa poster sudah tersedia dengan gambar dan tulisan yang menarik. Anda bisa membubuhkan nama dan logo sekolah bila perlu.

10. Promosi Kegiatan Sekolah

Bila Anda ingin membuat poster, selebaran, brosur, flyer, dan lainnya, Anda bisa membuatnya dengan cepat dan praktis dengan platform ini. Anda bisa menghemat biaya desain yang biasa disediakan di percetakan-percetakan.

11. Membuat Media Sosial Sekolah

Aneka desain konten yang biasa Anda posting di media sosial bisa Anda buat dengan ukuran atau bentuk yang sesuai. Saat ingin mengunduhnya, Anda bisa memilih mau diunduh dalam bentuk gambar atau video.

Canva memang memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan aneka paltform atau aplikasi untuk desain lainnya. Hanya saja, Canva membutuhkan jaringan internet yang baik agar bisa lancar dalam penggunaannya.

Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Side view teacher reading story her students [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.