Top

Pentingnya Bergabung di PAUD bagi Sang Buah Hati

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Mei 2022

  |  

Parenting

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu lembaga pendidikan yang wajib diikuti oleh anak-anak sebelum mereka bergabung ke Sekolah Dasar. Menurut Undang-Undang no.20 tahun 2003, menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani mau pun rohani agar anak memiliki kesiapan dalam pendidikan lebih lanjut.

1. Tanggung Jawab Orang Tua

Salah satu tanggung jawab orang tua adalah memberikan kesempatan kepada buah hatinya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini sangat penting untuk mengembangkan kecerdasan, ketrampilan, dan karakter anak. Dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk bergabung di lembaga PAUD, anak juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

2. Dunia Anak adalah Dunia Bermain

Aneka aktivitas menyenangkan akan dilakukan di PAUD. Anak akan menemukan dunianya, yaitu dunia bermain. Anak juga akan mendapatkan kesempatan bermain bersama dengan anak-anak lainnya, sehingga atmosfer kebahagiaan akan semakin anak-anak rasakan.

3. Pilihlah PAUD yang Berkualitas

Agar anak benar-benar merasa nyaman bermain dan belajar di PAUD, orang tua perlu selektif dalam memilihkan lembaga PAUD untuk anaknya. PAUD yang baik memiliki guru yang berkompeten di bidangnya. Kelengkapan alat peraga dan bermain di luar mau pun di dalam ruangan juga sangatlah penting. Karena dengan alat peraga dan bermain, anak bisa bermain dan belajar dengan cara melakukan, sehingga tidak hanya melatih kecerdasan, namun juga motorik anak. Media pelajaran yang variatif dan kekinian juga perlu menjadi pertimbangan. Karena dengan media pelajaran yang bervariasi anak akan semakin bersemangat dan terhindar dari rasa bosan.

4. Orang Tua Semakin Banyak Belajar tentang Parenting

Aneka persoalan mungkin akan dialami oleh anak saat bergabung di PAUD. Orang tua akan banyak berdiskusi dengan guru untuk menemukan solusi dari setiap persoalan yang dihadapi anak saat berada di PAUD. Dari situlah orang tua bersama dengan guru akan banyak belajar tentang cara mengasuh anak. Semakin intens komunikasi antara orang tua dan guru PAUD, maka orang tua akan semakin banyak belajar cara mendidik dan mengasuh buah hatinya. Semakin intens komunikasi antara orang tua dan guru PAUD, maka orang tua akan semakin banyak belajar

5. Pertumbuhan Karakter yang Lebih Optimal

Saat bergabung di PAUD, anak akan banyak belajar tentang pendidikan karakter. Beberapa karakter penting yang bisa berkembang saat anak bergabung di PAUD adalah:

a). Ketrampilan bersosialisasi
b). Memacu semangat belajar (Menumbuhkan jiwa pembelajar) sejak dini.
c). Melatih ketrampilan berkonsentrasi dan pengelolaan emosi.
d). Mengembangkan sikap hormat pada orang tua dan teman.
e). Terbiasa menerima keanekaragaman.
f). Melatih kepercayaan diri dan keberanian melakukan hal yang baru.

Banyak sekali manfaat bergabung di PAUD bagi sang buah hati bukan? Yuk, segera "searching" lembaga-lembaga PAUD terdekat di kota Anda, lalu pilihlah PAUD terbaik bagi sang buah hati! Untuk menambah ilmu dan pengetahuan yang diajarkan di PAUD, orang tua bisa mengajak sang buah hati untuk bermain dengan aplikasi permainan edukasi yang berjudul "Belajar TK dan PAUD Bersama Marbel".

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.