Top

Permainan Outbound TERBARU 2023: Paling Simpel dan Disukai Anak PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

22 Mei 2023

  |  

Edukasi

Permainan outbound sangat disukai oleh anak-anak PAUD. Permainan outbound biasanya dimainkan dalam tim. Dilansir dari Studiousguy.com, dijelaskan bahwa permainan tim bermanfaat untuk memperkuat ikatan sekelompok orang atau lebih dari dua orang dan bermanfaat untuk menyelesaikan konflik (jika ada).

MACACI (Gemar Membaca Sedari Kecil): Educa Studio hadir memberikan HARGA SPESIAL hanya Mulai dari Rp 40Ribuan untuk berlangganan aplikasi tersayang Belajar TK PAUD bersama Marbel. Ambil promonya dengan klik gambar di bawah.

 

Inilah beberapa permainan outbound yang paling disuka anak PAUD. Anda bisa mempraktikkannya bersama siswa atau mengajak orang tua bermain bersama siswa.

1. Balloon Racing

Siapkan beberapa balon yang sudah digelembungkan. Setelah itu, mintalah dua orang siswa untuk menjepit balon dengan menggunakan masing-masing perut siswa seperti gambar di atas.

Sistem permainan outound yang satu ini adalah balapan (racing). Dua atau lebih tim bisa saling berlomba adu kecepatan dimulai dari garis start hingga garis finish. Tim yang tercepat akan menjadi pemenangnya.

Baca juga: 5 Macam Permainan Balapan Favorit Anak PAUD

Manfaat dari permainan ini adalah mengembangkan fokus anak, serta melatih kekompakan dan kecepatan. Praktikkan permainan ini di tanah yang lapang agar siswa bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Baca juga: 7 Jenis Permainan Edukatif yang Paling Asyik untuk Anak PAUD


2. Mengoper Air

Alat yang dibutuhkan dalam melakukan permainan ini adalah sebuah beberapa mangkuk plastik yang dikaitkan dengan sebuah tali. Fungsi tali tersebut adalah untuk mengikat atau mengaitkan mangkuk dengan kepala peserta lomba. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dua buah ember besar. Ember besar pertama bermanfaat untuk menampung sumber air. Sedangkan, ember yang kedua bermanfaat untuk penampung air terakhir. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak siswa dan orang tua siswa untuk bermain bersama.

Baca juga: 7 Kegiatan Berkelompok di PAUD yang Menyenangkan dan Edukatif 

Walaupun permainan ini bisa dimainkan lebih dari tiga orang peserta. Namun, dalam permainan ini satu kelompok ada tiga peserta yang memiliki peran berbeda berbeda, yaitu:

  • Pengisi Air ke Dalam Mangkuk: Berada di posisi pertama. Pengisi air bertugas mengisi air ke dalam mangkuk peserta pengoper air atau peserta yang memiliki mangkuk (dikaitkan di kepala) pada posisi pertama.
  • Pengoper Air: Peserta yang memiliki mangkuk diikatkan di kepala. Para peserta ini berada di posisi kedua hingga peserta penuang air ke dalam ember.
  • Penuang Air ke Dalam Ember Akhir: Peserta ini berada di posisi yang paling akhir, bertugas menuangkan air ke dalam ember penampung air terakhir.

Hai Guru PAUD Indonesia… . Anda bisa mengajak siswa bernyanyi aneka lagu edukasi sesuai tema di aplikasi Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD

 

3. Memindahkan Mangkuk Berisi Air

Permainan akan lebih menyenangkan bila dimainkan oleh anak dan orang tua. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan karpet yang kira-kira berukuran 30 x 60 cm dan sebuah mangkuk berisi air.

Tugas peserta dalam permainan ini adalah memindahkan mangkuk berisi air dengan sebuah karpet. Permainan ini bisa dimainkan dengan sistem racing. Pemenang dalam permainan ini bukan hanya yang bisa memindahkan mangkuk berisi air dari garis start menuju garis finish dengan durasi tercepat. Namun, volume air yang tersisa saat mencapai garis start justru menjadi yang terutama.

Marbel Olahraga:  Aplikasi Gim Terbaik untuk Mengenalkan Aneka Olahraga pada Anak. Anak akan Makin Cinta Oahraga.

 

Manfaat dari permainan ini adalah meningkatkan bonding anak dan orang tua. Selain itu, permainan ini juga bermanfaat untuk melatih motorik kasar dan halus anak.

Baca juga: 5 Aktivitas Mudah Kembangkan Motorik Halus Anak 

4. Mendorong Bola

Permainan ini sangatlah praktis dan seru. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah roda sepeda bekas. Tugas peserta adalah mendorong roda sepeda dari garis start menuju garis finish dengan cepat. Peserta tidak boleh menjatuhkan roda saat mendorongnya. Agar tidak terjatuh peserta harus piawai dalam menjaga keseimbangan roda dan menstabilkan kecepatan putaran roda. Bila putaran roda semakin lambat, tentu saja kemungkinan besar roda bisa terjatuh.

Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Berlibur ke Puncak Pegunungan - Tema : Tamasya Itu Menyenangkan - Kurikulum Merdeka Belajar
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD Topik Alat Komunikasi, Media Cetak - Kurikulum Merdeka Belajar

Untuk menghindari cidera di tangan, Anda bisa meminta peserta untuk menggunakan stik atau kayu untuk memutar roda agar terus berputar atau menggelinding.

Koleksi Lembar Kerja Anak Gratis - Unduh Gratis dengan Klik Gambar di Bawah Ini

5. Melompat ke Atas Angka

Permainan ini bisa dilakukan di lantai yang halus tapi tidak licin. Anda bisa menempelkan 4 buah stiker bertuliskan angka, misalnya angka 2, 4, 1, dan 6. Stiker bisa diganti dengan kertas manila bertuliskan angka.

Siapkan pula dua buah keset yang tidak licin saat diinjak di atas lantai, yaitu:

  • Keset titik start: Keset yang diinjak siswa pada posisi awal.
  • Keset titik finish: Keset yang diinjak siswa pada posisi akhir (finish)

Cerita RIRI "Kelinci dan Kura-Kura": Mengajarkan  Sikap Pantang Menyerah pada Anak 

 

Urutan permainan ini adalah:

  • Siswa berada di titik start
  • Guru memberikan instruksi dengan mengucapkan angka, misalnya 1, 6, 4, 2.
  • Siswa melompat dari stiker bertuliskan angka 1, 6, 4, dan 2. Titik terakhir yang diinjak siswa adalah titik akhir (finish).
  • Siswa yang menyelesaikan misi dengan waktu yang tercepat akan menjadi pemenangnya.

Agar lebih seru dan menantang, guru bisa mengucapkan lebih dari 4 angka, misalnya 1, 6, 4, 2, 1, dan 6. Permainan ini bisa dimainkan dalam tim. Namun, setiap peserta dalam satu tim harus bermain secara bergantian.

Manfaat dari permainan ini adalah mengembangkan keterampilan siswa dalam mengenal angka, melatih kecepatan berpikir, mengembangkan konsentrasi, dan melatih daya juang anak.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) dari Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 


Semoga permainan-permainan di atas bermanfaat untuk mengembangkan aneka keterampilan dan kecerdasan siswa, serta membuat siswa semakin gembira dan bersemangat. Selamat mencoba!

Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id

 


Sumber Referensi:

  • Studiousguy.com. (2022). Team Building Games Kids {1}
  • Dugnatif Channel, Youtube. (2022). 10 Games edukatif outbound [2]
  • PAUD Aisyiyah Wonodri Semarang, Youtube. (2022). 7 Permainan outbound anak paud [3]
  • Ran Rikkat, Youtube. (2022). 8 Games Ibu dan Anak [4]
  • Fun english ife, Youtube. (2022). 6 Games untuk outbound [5]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.