Top

7 Ide Kegiatan Ramadan Anak Usia 1-2 Tahun di Rumah dan Manfaatnya: Full 1 Minggu

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Mar 2024

  |  

Edukasi

Selama bulan Ramadan, Ayah Bunda tentu ingin mengisinya dengan aneka kegiatan Islami yang bermanfaat untuk memperdalam iman Si kecil dan melatih aneka keterampilannya. Selain itu, tentu saja Si Kecil membutuhkan variasi kegiatan yang positif dan edukatif agar bulan Ramadan semakin bermakna.

Inilah kegiatan Ramadan yang bisa dilakukan bersama Si Kecil selama 1 minggu atau 7 hari. Setiap kegiatan akan diberikan penjelasan tentang manfaatnya, sehingga Ayah Bunda akan semakin memahami aneka keterampilan dan kecerdasan yang perlu dikembangkan dalam diri Si Kecil.

KABI (Kisah Teladan Nabi): Mengajarkan Nilai-Nilai Islami kepada Anak Usia Dini

 

 

a. Hari ke-1: Pengenalan Ramadan

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil mendengarkan aneka lagu bernuansa Ramadan. Lagu yang diperkenalkan tidak perlu terlalu banyak, cukup 1 hingga 2 lagu saja, yang penting Si Kecil bisa memahami makna dari lagu tersebut.

Setelah mendengarkan lagu, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil mengenal aneka kosakata yang terdapat dalam syair lagu dengan media gambar. Bila dalam syair lagu ada kata “masjid”, maka ajak Si Kecil bernyanyi sambil menunjukkan gambar masjid agar Si Kecil semakin memahami bentuk dan manfaat masjid, serta beberapa hal penting lainnya tentang masjid.

  • Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan Si Kecil tentang makna Ramadan dengan cara menyenangkan dan merangsang perkembangan kognitif, serta daya ingatnya.

b. Hari ke-2: Berbagi dan Memberi

Ajak Si Kecil untuk memasak kue bersama. Si Kecil bisa membantu mengelap piring atau merapikan meja makan sesuai kemampuannya.

Setelah kue matang dan dikemas menarik, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk membagikannya kepada orang-orang yang kurang mampu.

  • Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan pentingnya berbagi kepada sesama, terutama kepada yang membutuhkan, agar empati Si Kecil kian berkembang. Semoga ia akan tumbuh menjadi anak yang mampu peduli dan mengasihi sesamanya.

c. Hari ke-3: Meperkenalkan Aneka Tekstur Melalui Makanan

Ajaklah Si Kecil membeli aneka makanan yang akan disediakan untuk tamu selama bulan Ramadan. Tentu saja, makanan yang bisa dinikmati oleh para tamu setelah waktu berbuka puasa. Beberapa jenis kue dengan tekstur berbeda dan disukai anak usia dini adalah biskuit, kue nastar, dan lainnya.

Saat mengajak Si Kecil menikmatinya, Ayah Bunda bisa memperkenalkan kue yang bertekstur kasar dan lembut, atau bergelombang.

  • Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajarkan kepada Si Kecil agar mengenal tekstur dan agar Si Kecil semakin peka terhadap indera perabanya.

Ajak Si Kecil Mensyukuri Kebaikan Tuhan dengan Lagu CIPTAAN TUHAN


d. Hari ke-4: Menghias Kue Ramadan

Ajak Si Kecil menghias aneka kue Ramadan atau ragam jenis kue tradisional yang mudah dihias, misalnya kue lidah kucing, kue sagu keju, kue dadar gulung, kue lumpur, atau kue kacang.

  • Tujuan dari aktivitas ini adalah mengembangkan keterampilan motorik halus Si Kecil, serta membuat suasana Ramadan menjadi lebih berwarna dan bermakna. Si Kecil juga bisa mengembangkan daya imajinasinya untuk menghasilkan karya yang indah.

e. Hari ke-5: Menghias Lentera Ramadan

Ayah Bunda perlu menyediakan lentera Ramadan yang nantinya bisa dihias oleh Si Kecil dengan aneka dekorasi yang menarik. Ajak Si Kecil untuk menempatkan lentera Ramadan pada sebuah lampu tidur, agar lentera tersebut bisa terlihat indah saat menyala.

  • Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas Si Kecil. Si Kecil juga akan memahami manfaat cahaya, yaitu untuk menerangi ruangan yang gelap. Si Kecil juga akan memahami bahwa cahaya bisa menembus celah kecil.

Belajar huruf Hijaiyah akan menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan media belajar di bawah ini.
- Hijaiyah Letters #1
- Hijaiyah Letters #3
- Hijaiyah Letters #4

f. Har ke-6: Belajar Melakukan Mandi Wudhu

Ayah Bunda perlu menyediakan tempat mandi kecil dan mengajak Si Kecil untuk mandi wudhu. Karena Si Kecil masih berusia 1-2 tahun, Ayah Bunda perlu mengajarkannya dengan penuh kesabaran dan jangan lupa untuk memberikan contoh terlebih dahulu.

  • Kegiatan ini bermanfaat untuk memperkenalkan konsep wudhu dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Si Kecil juga akan semakin mengenal manfaat beribadah dan perlu persiapan diri sebelum melakukan ibadah.

g. Hari ke-7: Bercerita Kisah Islami

Beberapa kisah Islami yang menarik dan bisa diceritakan kepada Si Kecil adalah:
Kisah Teladan Nabi dan Dongeng Pembangun Karakter. Kisah Teladan Nabi sangat jelas manfaatnya, yaitu mengajarkan nilai-nilai Islami melalui kisah Nabi. Bila dongeng pembangun karakter yang Ayah Bunda ceritakan, maka Ayah Bunda bisa menghubungkannya dengan nilai-nilai Islami atau ayat-ayat Al-Qur’an yang mendukung.

Baca juga:
Modul Ajar & RPPH PAUD - TK Usia 2-3 Tahun: Topik : Kegiatan di Bulan Ramadan
Modul Ajar & RPPH PAUD - TK Usia 2-3 Tahun: Belajar Huruf Hijaiyah

  • Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan nilai-nilai Islami kepada Si Kecil. Agar Si Kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia sesuai dengan ajarkan agama.

Ayah Bunda perlu mendampingi Si Kecil saat melakukan aneka kegiatan di atas. Berikan contoh dengan penuh kesabaran, sehingga Si Kecil akan merasa nyaman dan senang saat belajar dan melakukan aneka aktivitas Ramadan.

Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Full shot kids playing [1]

2. Bayanulquran-academy.com. (2022). Ramadan activities for kids [2]

3. Marocmama.com (2022). Ramadan activities for kids [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.