Top

15 Ide Kegiatan untuk Anak PAUD Usia 0-1 tahun untuk Mencegah Stunting

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

24 Feb 2024

  |  

Edukasi

15 Ide kegiatan PAUD / Kelompok Bermain / KB usia 0-1 tahun berikut ini bermanfaat untuk membantu mencegah stunting. Stunting adalah kondisi gagalnya pertumbuhan yang terjadi akibat kekurangan nutrisi yang sangat kronis. Hal ini bisa berdampak terganggunya kesehatan jangka panjang.

Berikut ini adalah 15 aktivitas menyenangkan untuk PAUD untuk usia 0-1 tahun yang dapat membantu mencegah stunting, sehingga anak-anak didik bisa tumbuh dengan optimal sesuai dengan usianya:

GRATIS Lembar Kerja Anak Tema Gizi dan Makanan Anak. Silakan Klik Link di Bawah Ini

- Manakah Buah yang Terbanyak?

- Count the Fruits

- Petualangan Mencari Bagian Buah

1. Penyuluhan tentang Gizi bersama Orang Tua

Dalam kegiatan ini, orang tua akan mendapatkan berbagai informasi penting tentang perlunya menjaga keseimbangan gizi, sehingga orang tua bisa memberikan makanan yang sesuai dengan usia buah hatinya.

2. Edukasi tentang Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif

Edukasi ini diberikan kepada para orang tua anak didik agar mereka memahami pentingnya pemberian ASI kepada buah hatinya, terutama yang memiliki buah hati berusia 0 hingga 6 bulan.

3. Memantau Pertumbuhan Anak Didik

Sekolah bekerjasama dengan orang memantau pertumbuhan bayi secara berkala. Hal ini sangat penting agar baik pihak sekolah maupun orang tua bisa memahami potensi terjadinya stunting pada anak, dan bisa memberikan tindakan pencegahan secara maksimal.

4. Mengenalkan Betapa Enaknya Buah dan Sayur

Guru PAUD bisa membantu mengenalkan betapa nikmat dan enaknya buah-buahan dan aneka sayuran kepada anak-anak didik dengan aneka kegiatan menarik dan menyenangkan.

5. Memberikan Makanan Pendamping ASI

Guru PAUD membantu memberikan makanan suplemen yang baik kepada anak-anak didik. Adapun jenis makanan suplemen yang diberikan bisa yang bertekstur lembut hingga padat, serta sesuai dengan pertumbuhan dan usia anak didik.

Kembangkan Karakter Anak Didik bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

6. Pengenalan tentang Protein

Protein adalah salah satu sumber nutrisi yang bermanfaat bagi anak-anak didik yang sedang dalam masa pertumbuhan. Protein juga penting untuk menjaga imun tubuh anak-anak didik. Guru PAUD bisa mengenalkan daging, telun, ikan, dan kacang-kacangan kepada anak-anak didik dengan kegiatan yang menyenangkan.

7. Pentingnya Kesabaran dan Kasih Sayang dalam Mendidik Anak

Guru PAUD perlu memberikan aneka materi pembelajaran kepada anak-anak didik dengan cara bermain. Dan hal yang tidak kalah penting adalah kesabaran dan kasih sayang saat mendidik mereka. Teladan ini bisa mempengaruhi perkembangan karakter dan kecerdasan anak-anak didik.

8. Menyediakan Konsultasi Kesehatan

Orang tua perlu mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi tentang kesehatan kepada guru PAUD. Guru PAUD bisa bekerja sama dengan ahli gizi atau dokter yang ahli tentang gizi plus kesehatan bayi.

9. Edukasi tentang Nutrisi kepada Orang Tua

Para orang tua perlu mendapatkan aneka edukasi tentang nutrisi kepada anak-anak didik agar mereka semakin memahami kebutuhan gizi dan bisa memberikan makanan yang tepat bagi buah hatinya. Bila ada anak didik yang mengalami masalah gizi, guru PAUD bisa membantu memberikan solusi yang tepat dan efektif.

10. Memberikan Stimulasi Motorik kepada Anak Didik

Guru PAUD bisa memberikan stimulasi ini dengan cara memberikan pijatan lembut dan dengan cara mengajak anak bermain, agar otot-otot anak bisa semakin kuat dan berkembang dengan baik.

Motorik yang berkembang dengan baik akan membuat anak-anak didik bisa beraktivitas secara normal dan tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh anak.

11. Mendorong Anak Didik untuk Cinta Air Putih

Guru PAUD perlu memotivasi anak-anak didik agar menggemari air putih, misalnya dengan menganjurkan orang tua memberikan botol minum yang menarik, memberikan pujian bagi anak-anak didik yang suka air putih, menganjurkan orang tua untuk memasukkan sedikit buah pada botol air minum anak didik (agar memiliki sedikit cita rasa yang berbeda), dan menjadi teladan penyuka air putih.

12. Mengenalkan Aneka Rasa kepada Anak Didik

Pengenalan tentang aneka macam rasa bisa memberikan aneka preferensi makanan yang sehat kepada anak-anak didik. Pengenalan aneka macam rasa ini bisa dilakukan dengan cara bermain dan saat jam makan bersama (dengan mengenalkan aneka jenis makanan berbagai rasa).

Semoga variasi kegiatan di atas bisa membantu anak-anak didik agar tidak mengalami stunting. Kerja sama antara guru dan orang tua adalah salah satu faktor penting agar bisa memberikan treatment yang tepat bagi anak-anak didik.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Baby drinks milk from bottle [1]

2. Herminahospitals.com. (2022). 5 Cara ampuh cehah stunting pada anak [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.