Top

18 Permainan Anak TERBARU Stimulasi Kecerdasan Majemuk: Untuk PAUD Usia 2 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Des 2023

  |  

Parenting

Liburan Nataru ( Natal dan Tahun Baru ) bisa menjadi kesempatan bagi anak-anak di tingkat PAUD untuk bermain di rumah. Akan lebih baik lagi permainan yang dilakukan mampu menstimulasi kecerdasannya.

Ayah Bunda, inilah 18 Permainan mudah dan menyenangkan yang dapat menstimulasi kecerdasan Si Kecil yang berusia 2 tahun.

Aplikasi Gim "Pelajaran Anak TK dan PAUD" Membantu Si Kecil Mengembangkan Kecerdasan Majemuknya dengan Cara yang FUN.

 

 

1. Permainan Pengembangan Motorik

a. Berlari dan Merangkak Cepat

  • Ajaklah Si Kecil melakukan gerakan merangkak atau berlari kecil-kecil. Bila Si Kecil masih membutuhkan bantuan, bantulah ia.

b. Berjalan di Atas Garis

  • Bantu Si Kecil membuat sebuah garis di lantai dengan menggunakan lakban. Setelah itu, mintalah ia berjalan di atas lakban tersebut.

c. Bermain Layang-Layang

  • Ayah Bunda bisa membuat layang-layang mini sendiri. Tutorial pembuatannya bisa dilihat di Youtube. Ajak Si Kecil menerbangkan layang-layang mini tersebut.

d. Mewarnai dengan Jari

  • Ajak Si Kecil untuk membuat karya seni rupa dengan jarinya. Si Kecil bisa melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai.

e. Bermain Pasir

  • Agar lebih aman, Ayah Bunda bisa membelikan pasir kinetik yang banyak dijual di toko-toko mainan anak. Biarkan Si Kecil bermain pasir dengan alat-alat bangunan mini / mainan. Agar lebih seru, pasir bisa dicampur dengan air.

Baca juga: Tips Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun 

2. Permainan Pengembang Kreativitas dan Daya Imajinasi

a. Bermain Drama Sederhana

  • Ajak Si Kecil bermain drama dengan tema sederhana, misalnya percakapan pasien dengan dokter atau guru dengan muridnya.

b. Membuat Karya Kerajinan Tangan

  • Kreasi kerajinan tangan bisa dibuat dengan aneka bahan-bahan limbah. Temukan aneka kreasi kerajinan tangan di platform Duniabelajaranak.id.

c. Bercerita dengan Boneka Origami

  • Media boneka bisa dibuat sendiri. Ajak Si Kecil melakukan percakapan dengan kalimat sederhana dan kata-kata yang mudah dipahami anak, misalnya bertanya kabar, bertanya nama, memberi salam, dan lainnya.

d. Membuat Karya Seni dari Bahan Alam

Ajak Si Kecil mengeksplorasi kebun di sekitar rumah untuk menemukan aneka bahan alam. Salah satu contoh kreasi berbahan alam bisa ditemukan DI SINI.

e. Membuat Kreasi Berbentuk Topeng

Anak-anak biasanya sangat menyukai dunia hewan, apalagi hewan-hewan yang lucu. Yuk, ajak Si Kecil membuat kreasi topeng berbentuk kelinci.

Baca juga: 9 Kegiatan Harian yang Mencerdaskan untuk Anak Usia 0-2 Tahun 

3. Permainan Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Sosial

a. Bermain Peran

  • Ajak Si Kecil menonton aneka dongeng anak. Pilih salah satu judul dongeng yang paling ia suka dan ajak ia bercakap-cakap sambil memerankan salah satu tokoh dongeng kesukaannya.
  • Referensi dongeng anak terbaik adalah dongeng berjudul “Masuk ke Negeri Dongeng”.

b. Bernyanyi

  • Ajak Si Kecil bernyanyi lagu yang bermanfaat untuk mengembangkan karakter dengan nada dan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Salah satu judul lagu pengembang kecerdasan emosi anak adalah "3 Kata Ajaib".

c. Menceritakan Aktivitas Sehari-Hari

  • Ajak Si Kecil melakukan tanya jawab tentang aktivitas hariannya. Misalnya dengan bertanya, "Adik tadi main apa?", "Adik senang tidak?", dan pertanyaan sederhana lainnya.

d. Bermain Boneka Bayi

  • Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bercakap-cakap saat ia memainkan boneka bayinya. Ajak pula ia tentang cara merawat bayi.

4. Permainan Pengembangan Kognitif

a. Mengenal Angka

b. Belajar Kosakata

  • Ayah Bunda bisa membuat kartu gambar dan kata secara mandiri. Setelah itu, ajak Si Kecil mengucapkan setiap kata dengan memperlihatkan gambarnya.

c. Bermain Warna

  • Mintalah Si Kecil mengamati benda-benda di sekitar rumah, lalu Ayah Bunda bisa menunjuk satu benda. Tanyakan kepada Si Kecil apa warna benda tersebut.

d. Belajar Nama Hewan

  • Bernyanyilah bersama Si Kecil sebuah lagu tentang hewan. Salah satunya berjudul "Kebun Binatang".

Belajar seraya bermain adalah aktivitas yang paling disukai anak-anak usia dini. Semoga aktivitas menyenangkan di atas membuat Si Kecil merasa senang dan kecerdasan majemuknya pun akan terus berkembang. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Little boy joyful with use orange pencil color [1]

2.  Lovetoknow.com (2022). Classroom activities multiple intelligence [2]

3. Learninbp.com. (2022). Activities multiple intelligence [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.