Top

6 Cara Kembangkan Diri dengan Mengoptimalkan Potensi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, setiap orang pasti memiliki potensi yang unik. Semakin cepat kamu menyadari potensi yang ada di dalam dirimu, kamu akan semakin mampu mengembangkan postensi tersebut secara maksimal. Dilansir dari middleearthnj.org, dikatakan bahwa seseorang dengan kesadaran diri tinggi, lebih sukses daripada orang dengan kesadaran diri rendah.

Kesadaran diri di sini berhubungan erat dengan kemampuan diri dalam mengenal kemampuan, talenta, atau potensi yang dimiliki. Apakah kamu sudah menyadari potensi yang kamu miliki? Bagaimana usahamu agar bisa mengembangkan potensimu agar bisa berkembang dengan lebih optimal?

1. Memiliki Harapan-Harapan

Ciptakanlah harapan yang ingin kamu capai. Jangan hanya satu harapan. Kamu bisa memiliki beberapa harapan. Harapan akan memacu kamu untuk terus bergerak dan mencapainya. Kamu tidak akan membuang waktu sehari saja, untuk hal yang sia-sia. Hari-harimu akan lebih bermakna, karena kamu akan memiliki prioritas-proritas aktivitas untuk dilakukan sebagai langkah-langkah kecil untuk mencapai harapanmu.

Harapan juga akan memotivasimu untuk bergerak maju serta terus belajar. Kegagalan bukan lagi suatu hal yang akan membuatmu terpuruk. Karena kamu akan semakin menyadari bahwa kegagalan adalah proses untuk menjadi lebih baik, lebih berhati-hati dalam melangkah, dan membuat mentalmu menjadi lebih kuat.

Selama kamu masih memiliki harapan, kamu pasti akan menjadi pribadi yang bersemangat belajar dan melakukan latihan. Seperti Baura, tokoh dalam dongeng di bawah ini!

2. Mengenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Bagaimana cara mengenal kelebihan dan kurangan diri?

a. Melakukan Hal-hal yang Baru

Jangan ragu atau malu untuk melakuan hal-hal baru yang positif. Dengan melakukan banyak hal yang baru kamu akan semakin tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, lingkungan pergaulanmu akan semakin luas, semakin banyak ilmu kamu dapatkan, dan semakin berkembang aneka keterampilanmu.

b. Hilangkan Rasa Takut atau Malu

Bila kamu masih memiliki rasa takut atau malu saat melakukan sesuatu, jangan langsung berpikir bahwa kamu tidak bisa. Kamu hanya perlu untuk mencoba dan yakinlah bila suatu saat kamu akan bisa menguasainya.

c. Introspeksi Diri

Saat kamu melakukan aneka aktivitas-aktivitas rutin maupun yang baru, tentu kamu akan semakin mengenal aktivitas apa yang paling nyaman kamu lakukan dan bisa kamu lakukan dengan lebih cepat atau efektif. Kemungkinan besar aneka kelebihanmu berhubungan dengan aktivitas tersebut.

Sedangkan untuk aktivitas-aktivitas yang kamu rasa berat atau bahkan kamu merasa terbebani saat melakukannya, ada kemungkinan kamu memiliki suatu kelemahan yang berhubungan dengan aktivitas tersebut.

Namun, saat kamu merasa kurang nyaman dalam melakukan sesuatu, jangan langsung memvonis dirimu lemah dalam aktivitas itu. Teruslah mencoba berulang kali. Siapa tahu, kamu hanya perlu lebih giat belajar untuk menjadi bisa dan menguasainya.

d. Berdamai dengan Dirimu dan Kekuranganmu

Bila kamu ada dalam suatu persoalan, segera selesaikan. Pilihlah jalan damai dan pengampunan. Yakinlah, saat kamu bisa berdamai dengan dirimu dan sesamamu langkahmu akan menjadi lebih ringan dalam menggapai harapan.

Tiada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti punya kelemahan. Hal terpenting adalah jangan merasa rendah diri atau terbebani, saat ada orang lain yang lebih hebat darimu dalam melakukan sesuatu. Berdamailah dengan kekuranganmu, dan teruslah belajar dan melakukan hal yang baru.

3. Terbuka dan Mau Menerima Kritikan

Yakinlah bahwa setiap kritikan yang Anda terima akan membuat Anda selangkah lebih maju. Mental yang kuat memang sangat dibutuhkan agar tidak mudah tumbang hanya karena kritikan. Saat menerima pujian, jangan mudah melayang. Hindari berpuas diri karena satu prestasi. Di atas langit masih ada langit. Tetap rendah hati dan semangat belajar demi prestasi yang lebih tinggi.

Kembangkan dirimu dengan aneka buku-buku menarik dan edukatif, agar kamu tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkarakter! Silakan klik gambar di bawah ini untuk bisa mendapatkan produk-produk buku menarik dan mendidik!

4. Selalu Positive Thinking

Berpikir positif akan membuatmu tetap tegar meski di saat gagal. Kamu tidak akan membuang waktumu untuk berpikir terlalu lama, karena melangkah, meski itu langkah yang kecil, akan lebih bermakna.

Kamu tidak akan memiliki lawan, karena semua adalah teman seperjuangan untuk berlomba menjadi yang terdepan. Orang yang mengalahkanmu adalah motivatormu untuk menjadi lebih giat belajar dan melakukan latihan. Jangan biarkan rasa iri dan benci akan kelebihan sesamamu menjadi beban.

5. Pergaulan yang Positif dan Berkomunitas

Perbanyak teman, terutama dengan mereka yang memiliki minat dan passion yang sama, lalu berkomunitaslah dengan mereka. Bila kamu terlalu sibuk untuk berkomunitas, berikan prioritas kepada teman atau komunitas yang bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

6. Belajar dan Belajar

Jadilah pembelajar abadi, karena zaman akan terus berganti. Teknologi berkembang pesat tiada henti. Semakin banyak ilmu yang kamu kuasai, semakin banyak kesempatan untuk berbagi. Semakin banyak kesempatan untuk berbagi dan berinteraksi, semakin banyak relasi, semakin banyak pula terbuka pintu rezeki. Selagi masih muda, teruslah belajar dan berkarya. 

Kembangkan pengetahuanmu di bidang Sains dengan gim edukasi di bawah ini!

Sobat Marbel, teruslah kembangkan diri dengan bersemangat menggali potensi. Semoga di masa depan, kamu bisa meraih mimpi dan menjadi generasi emas yang giat membangun negeri!

Kembangkan dirimu agar bisa menjadi konten kreator handal yang cerdas dan berakarakter. Bersama Kelas Kreator Gamelab.id kamu pasti bisa mewujudkannya!


Sumber Referensi:

1. Middleearthnj.org. (2020). Helping teens develop self awareness [1]

2. Freepik.com (2022). Girls exercising playground selective focus [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.