Top

Aktivitas Keluarga Seru untuk Membangun Karakter Anak Usia TK - PAUD di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Apr 2023

  |  

Edukasi

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di bulan Ramadan. Aneka aktivitas ini bisa menumbuhkan karakter anak. Selain itu, beraktivitas bersama keluarga juga bisa mempererat bonding dalam keluarga. Jalinan komunikasi dan tali kasih dalam keluarga akan menjadi lebih erat. Inilah beberapa variasi aktivitas yang bisa menjadi pilihan bagi Anda.

1. Melakukan Permainan Ular Buta

Permainan ini bisa dilakukan oleh Ayah, Bunda, dan Si Kecil. Alat yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini 2 buah helai kain untuk penutup mata (misalnya taplak meja kecil) dan sebuah botol plastik bekas. Berikut ini adalah tutorial untuk melakukan aktivitas ini:

  • Tutup mata Ayah dan Si Kecil dengan kain penutup mata.
  • Ayah dan Si Kecil yang telah ditutup matanya berdiri kira-kira berjarak 5 meter dari botol yang telah diletakkan di atas meja.
  • Tugas Bunda adalah memberikan petunjuk dengan kata-kata agar Ayah dan Si Kecil bisa meraih botol di atas meja.

Peran dari Ayah, Bunda, dan Si Kecil bisa bergantian, siapa yang akan menjadi penunjuk arah dan siapa yang menjadi ular buta. Mainkan permainan ini di tempat yang aman, misalnya di pekarangan rumah atau di ruangan yang luas.

Aktivitas permainan ini bermanfaat untuk membangun kepercayaan di dalam keluarga. Kepercayaan diri dan keterampilan dalam membuat keputusan Si Kecil juga bisa berkembang saat melakukan permainan ini.

PARSEL (Pasti Seru Lebarannya) dari Kabi yaitu promo spesial voucher diskon sebesar 25% untuk monthly subsciption dan yearly subscription untuk aplikasi Kabi - Kisah Nabi & Buku Islam lho! Info selengkapnya, klik "Pasti Seru Lebarannya".

2. Bermain Peran

Bermain peran atau bermain drama bersama dalam keluarga adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh Ayah, Bunda, dan Si Kecil secara langsung untuk memerankan suatu cerita atau adegan dalam kehidupan nyata. Untuk mengajarkan hal ini, Ayah, Bunda, bersama Si Kecil bisa membuat aneka adegan yang mewakili suatu peristiwa dalam kehidupan nyata, misalnya:

  • Perilaku yang baik saat bertamu
  • Perilaku yang baik saat pulang sekolah
  • Perilaku yang baik saat berpamitan hendak bermain
  • Perilaku yang baik saat berjalan di depan orang tua

Ayah dan Bunda bisa membuat aneka tema menarik yang bisa diperankan oleh Si Kecil. Bila Si Kecil sudah memiliki kemampuan dalam membaca, Ayah dan Bunda bisa membuatkan naskah dramanya.

Bermain peran bisa mengembangkan aneka karakter Si Kecil. Si kecil juga semakin mampu tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.

Media video dongeng juga bisa menjadi sarana pengembangan karakter anak. Silakan klik video di bawah ini untuk menonton koleksi video dongeng Riri.

3. Menonton Video Kisah Nabi

Di era digital, ada banyak sarana hiburan yang bermanfaat untuk membangun karakter anak. Salah satunya adalah dengan mengajak Si Kecil menonton video KABI (Kisah Nabi).

Si Kecil bisa belajar aneka karakter seperti yang diteladankan oleh tokoh-tokoh di dalam video. Ayah dan Bunda perlu mendampingi Si Kecil, agar ia bisa terbantu saat menemukan kata-kata sulit atau hal-hal lain yang belum dipahami. Ayah dan Bunda perlu ada di samping Si Kecil agar siap menjawab setiap pertanyaan yang diajukan Si Kecil.

 

KABI kini hadir di platform Vidio. Silakan klik gambar di atas untuk menontonnya.

Seusai menonton video KABI, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil berdiskusi tentang kisah yang baru saja ditonton. Agar Si Kecil termotivasi untuk menjawab, Ayah dan Bunda bisa memberikan pujian, pelukan, atau memberikan hadiah bila Si Kecil mampu menjawab pertanyaan.

4. Bermain Aplikasi Gim Marbel Kebiasaan Baik

Ayah dan Bunda bisa mengunduh permainan atau gim ini di Play Store. Aplikasi ini berisi aneka permainan sederhana tentang aktivitas atau kebiasaan anak yang biasa dilakukan dalam hidup sehari-hari, misalnya:

  • Kebiasaan baik apa yang perlu dilakukan saat bermain bersama teman.
  • Kebiasaan baik apa yang perlu dilakukan saat mandi.
  • Kebiasaan baik apa yang perlu dilakukan saat berkunjung ke rumah teman.

 

Unduh Marbel Kebiasaan Baik dengan klik gambar di atas.

Saat Si Kecil memainkan gim ini, Ayah dan Bunda bisa mendampinginya. Ayah dan Bunda bisa mengingatkan Si Kecil, perilaku-perilaku apa yang sudah mampu diterapkan oleh Si Kecil dan perilaku-perilaku apa yang membutuhkan bantuan orang tua (atau butuh diingatkan orang tua) saat Si Kecil melakukannya.

Semoga aktivitas-aktivitas di atas bermanfaat bagi Si Kecil saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Aktivitas-aktivitas seru di atas juga bisa dimainkan di masa liburan Idul Fitri. Selamat mencoba!

Baca juga:

1. Rekomendasi Lagu Anak Islami: Aktivitas Anak yang Seru dan Penting di Bulan Ramadan

2. 5 Aktivitas Bulan Ramadan yang Edukatif dan Menghibur untuk Anak Usia TK - PAUD

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Happy arabic muslim family modern home having fun good time together [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.