Top

Perkembangan Teknologi Bikin Belajar Baca Jadi Lebih Mudah dan Fun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

15 Jan 2023

  |  

Edukasi

Seberapa pentingkah belajar membaca bagi anak-anak usia dini? Liana Loewus, di dalam artikelnya yang berjudul “How Should Reading Be Taught in a Digital Era?” mengatakan:

“Materi tentang belajar membaca tidak diragukan lagi merupakan salah satu keterampilan terpenting yang dikhususkan dalam satuan PAUD. Materi ini bermanfaat untuk mempersiapkan anak-anak dengan dasar keterampilan membaca kritis, yang menjadi kunci kesuksesan akademis mereka di masa depan - di semua mata pelajaran.”

Perkembangan teknologi melahirkan aneka media belajar yang menyenangkan, baik media online maupun media offline. Beberapa media offline, di zaman sekarang, bahkan bisa dibuat secara mandiri oleh orang tua dan guru dengan aneka aplikasi yang secara khusus diciptakan sebagai media editing dan designing picture, misalnya dengan aplikasi Canva.

Berikut ini adalah beberapa media belajar berbasis teknologi masa kini yang bisa digunakan sebagai sarana belajar-mengajar yang mudah dan menyenangkan di era digital:

1. Aplikasi “Marbel Membaca”

Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari satu juta citizen. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi ini benar-benar bermanfaat untuk mengedukasi anak dalam mengembangkan keterampilan membaca anak. Aplikasi gim ini merupakan aplikasi pendidikan untuk anak berusia 6 sampai 8 tahun. Dengan aplikasi ini anak bisa belajar mengenal huruf dari ‘a’ sampai ‘z’, membedakan antara huruf konsonan dan huruf vokal, dan cara mengeja gabungan huruf.

Anak juga bisa belajar aneka kosakata yang sederhana yang kerap digunakan dalam hidup sehari-hari, sehingga memudahkan anak dalam menghafalkan kata dan memahami makna kata tersebut. 

2. Media Flash Card

Media flash card biasanya digunakan untuk mengajar anak tentang pengenalan huruf dan aneka kosakata dengan tema tertentu (tema hewan, tumbuhan, kendaraan, dan lainnya). Anak-anak sangat menyukai media belajar yang menampilkan ragam gambar dengan aneka warna, seperti yang terdapat di dalam media flash card ini. 

Dapatkan produk flash card edukatif dengan tema belajar membaca dan mengenal huruf, serta tema lainnya di toko Marbel Junior. Mumpung sedang ada banyak promo menarik. 

Ayah dan bunda bisa menggunakan media flash card saat mengajar si kecil. Metode mengajarnya pun bisa dilakukan secara interaktif, yang akan sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman anak serta mempererat tali kasih antara orang tua dan anak. Banyak guru dan orang tua bisa membuat media flash card secara mandiri dengan aplikasi Canva.

Baca juga:

7 Variasi Permainan Edukatif dengan Media Flash Card

3. Aplikasi "Marbel Huruf" 

Sebelum belajar tentang cara membaca gabungan huruf (suku kata) dan membaca aneka kosakata, si kecil perlu belajar tentang pengenalan huruf. Aplikasi "Marbel Huruf" adalah aplikasi terbaik saat ini karena sudah dipercaya oleh satu juta pengunduh dan masih mengalami peningkatan hingga saat ini.

Dengan aplikasi ini si kecil akan belajar aneka alfabet dengan media permainan yang bervariasi. Belajar pengenalan huruf akan menjadi lebih menyenangkan, karena si kecil akan belajar pengenalan huruf tanpa merasa bahwa ia sedang belajar.

Baca juga:

10 Variasi Aktivitas untuk Mengenalkan Huruf kepada Anak

4. Belajar Baca dengan Media Poster Edukasi

Media poster edukasi juga bisa digunakan sebagai media belajar yang menarik dan menyenangkan bagi si kecil. Anak bisa belajar dengan lebih mudah karena ia tidak perlu membuka buku atau menghidupkan perangkat komunikasi. Ayah dan Bunda bisa menempelkan poster di kamar si kecil, sehingga si kecil bisa belajar kapan saja, terutama saat ia sedang berada di dalam kamar.

Dapatkan poster edukasi di Toko Marbel Junior. Ada promo menarik. Silakan klik link ini untuk mengetahui promo menariknya.

5. Belajar Sambil Menonton Video ‘Marbel Huruf’

Video “Marbel Huruf“ dirilis oleh Educa Studio di platform YouTube. Di dalam video ini si kecil akan belajar bersama Bebe, tokoh kartun lucu maskot dari Marbel, salah satu produk dari Educa Studio. 

Ada dua materi penting di dalam video "Marbel Huruf", yaitu:

a. Belajar Pengenalan Aneka Huruf
b. Belajar Pengenalan Aneka Kata dengan Awalan Huruf tertentu

Hanya dengan menontonnya, si kecil akan belajar aneka huruf dan kata dengan cara yang mudah dan menyenangkan. 

Baca juga:

8 Variasi Aktivitas Latihan Menulis Huruf yang Menyenangkan

6. Media Buku Aktivitas Anak 

Salah satu buku terbaru yang bisa digunakan sebagai media belajar membaca anak adalah buku seri "Marbel Belajar Membaca". Ada variasi aktivitas menarik di dalam buku ini, misalnya mewarnai, membaca cerita pendek, bermain, dan lainnya.

Untuk lebih meningkatkan keterampilan si kecil dalam membaca dan menulis, Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil belajar dengan media buku "Marbel Menulis". Dapatkan "Marbel Belajar Membaca" dan "Marbel Belajar Menulis" di website ini.

7. Belajar TK PAUD Bersama Marbel

Aplikasi gim Marbel Pelajaran TK dan PAUD sebenarnya tidak secara khusus diciptakan sebagai media belajar membaca. Aplikasi ini diciptakan untuk anak-anak agar lebih siap saat mereka bergabung di satuan PAUD. Anak-anak bisa belajar aneka materi dasar yang perlu dikuasai anak saat belajar di satuan PAUD.

Salah satu materi dasar tersebut adalah tentang penguatan keterampilan membaca. Anak-anak bisa belajar membaca dengan aneka permainan menarik, sederhana, dan menyenangkan.

8. Aplikasi Gim Belajar Huruf dan Membaca Kosakata Berteknologi 4D

Aplikasi ini hadir dengan teknologi terbaru, yaitu teknologi 4 dimensi atau yang sering juga disebut Augmented Reality. Media ini juga merupakan gabungan dari media belajar flash card dan aplikasi gim. Dapatkan produk ini dengan klik gambar di atas.

Si kecil pasti akan terpukau dengan tampilan gambar 3D dan 4D yang tampak di layar monitor, sehingga akan memacu semangatnya dalam belajar mengenal serta menghafal ragam huruf dan aneka kosakata. 

Anak-anak era digital memang sangat menggemari media belajar yang kekinian, karena dalam kehidupan sehari-hari mereka juga sangat akrab dengan penggunaan teknologi. Agar anak semakin semangat dalam belajar, penggunaan serta sentuhan teknologi sebagai media belajar adalah hal yang penting. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan membaca bagi sang buah hati yang sangat akrab dengan teknologi masa kini.


Sumber Referensi:

1. Loewus, L. (2016). How should reading be taught in a digital era [1]

2. Freepik.com. (2022). Mother daughter studying alphabet [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.