Top

Jangan Salah! Ini Cara Membaca yang Tepat Agar Daya Ingat Lebih Tajam

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

02 Mar 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, semakin banyak buku yang kamu baca, wawasanmu akan semakin luas. Dilansir dari Irisreading.com, dijelaskan bahwa membaca dapat membantu mempertajam daya ingat. Aktivitas membaca mampu meningkatkan rangsangan mental dan memungkinkan neuron baru diproduksi di otak. Semakin banyak seseorang membaca, semakin mudah mengingat hal-hal tertentu.

Perlu ada tips dan trik khusus agar kamu bisa membaca buku dengan lebih efektif, karena masih banyak aktivitas dan tugas yang perlu kamu kerjakan selain membaca buku, bukan? Inilah tips dan trik tersebut!

1. Menjaga Jarak Baca Buku

Dilansir Lasikofnv.com, dikatakan bahwa jarak membaca yang ideal, antara mata Anda dan buku, haruslah sekitar 15 inci (sekitar 40 cm). Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan demi kenyamananmu saat membaca buku dan supaya matamu tidak mudah lelah dan tetap sehat.

Perkaya ilmu dengan membaca buku-buku yang edukatif dan seru dengan ilustrasi lucu! Temukan dengan klik gambar di bawah ini!

2. Me-review Buku sebelum Membaca

Temukan gambaran besar tentang isi buku yang akan kamu baca. Kamu bisa menemukannya dengan cara membaca resensi buku atau mencari review buku yang kamu baca dari orang yang pernah membacanya, melalui media internet atau media cetak.

Selain itu kamu juga bisa mencermati bagian kata pengantar, daftar isi, dan beberapa bab yang penting di dalam buku yang kamu baca. Kamu bisa mencatatnya dan membuat ringkasan buku dalam versimu sendiri.

3. Gunakan Timer

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk bisa membaca satu halaman buku? Untuk mengetahuinya kamu bisa menggunakan pewaktu atau timer. Kamu bisa menemukan fasilitas timer di HP kamu. Pemanfaatan timer akan mempermudah kamu untuk menentukan target membaca dalam jangka waktu tertentu.

Sobat Marbel mungkin membutuhkan waktu 1 menit untuk membaca satu halaman buku. Maka, jika kamu memiliki waktu luang selama 20 menit, kamu harus bisa memanfaatkan waktumu itu untuk menyelesaikan 20 halaman buku. Selain belajar kedisiplinan, kamu juga akan belajar tentang cara memanfaatkan waktu seefektif mungkin dengan cara ini.

4. Manfaatkan Penanda Buku

Penanda buku bermanfaat untuk mengetahui halaman berapa kamu terakhir membaca satu judul buku. Kamu tidak perlu melipat kertas dari halaman buku yang kamu baca. Bukumu akan terlihat lebih rapi dan terawat bila kamu tidak pernah melipatnya.


Baca juga:

1. Apa Itu Kefasihan Membaca? Mengapa Penting Bagi Anak?

2. Inilah 6 Cara Menyenangkan untuk Mengasah Kosakata 


5. Niat yang Kuat

Tanamkan niat yang kuat dalam dirimu agar mampu membaca sebuah buku sampai tuntas. Yakinlah bahwa buku yang kamu baca akan mendatangkan manfaat dan membuat pengetahuanmu semakin luas.

6. Pilih Tema Buku yang Sesuai Hobimu dan Mendukung Cita-citamu

Bila kamu suka melukis dan ingin menjadi seorang pelukis terkenal, kamu bisa membeli buku-buku yang berhubungan dengan tekhnik melukis, cara mencampur warna cat air dengan baik, dan lainnya.

Selain akan berguna untuk mendukung langkahmu dalam mencapai cita-cita, kamu pasti akan lebih bisa menikmatinya. Kamu akan tetap merasa senang dan tidak mudah bosan meski membaca buku dalam jangka waktu yang lama.

Bila kamu gemar segala sesuatu tentang dunia Sains, kamu bisa belajar sambil bermain gim edukasi di bawah ini!

7. Perkaya Kosakata dengan Aneka Aktivitas

Carilah aktivitas-aktivitas lain selain membaca, yang bisa membantumu dalam memperkaya kosakata, misalnya dengan cara mendengarkan dongeng podcast, bernyanyi, menonton film, menonton berita, dan lainnya. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, kamu akan semakin mudah dalam memahami materi buku yang kamu baca. Tentu saja kamu juga akan semakin menikmati aktivitas membaca dan selalu semangat melakukannya. 

8. Gunakan Spidol Highlighter

Spidol jenis ini sangat akrab di masyarakat dengan sebutan spidol "stabilo". Spidol ini berguna untuk memberikan tanda pada kalimat utama dan yang terpenting dari satu atau lebih paragraf yang telah kamu baca.

Setelah kamu selesai membaca banyak bagian dari bagian buku, terkadang kamu ingin mengulas kembali perihal isi buku atau bagian penting buku dari awal. Bila kamu sudah menandai kalimat-kalimat penting dalam buku itu dengan spidol “stabilo”, kamu pasti bisa melakukannya dengan lebih cepat, dan lebih berfokus pada bagian-bagian kalimat yang sudah kamu tandai.

9. Hindarilah Membaca Per Kata

Temukanlah kalimat penting dalam satu atau dua paragraf, tanpa harus membaca semua kalimat, apalagi setiap kata dalam sebuah paragraf. Setelah menemukan kalimat penting dalam satu atau dua paragraf, kamu bisa menandai atau menggarisbawahi kalimat penting tersebut. Tips ini perlu kamu ikuti agar tidak mudah lelah ketika membaca buku.

Tingkatkan skill membaca Adikmu yang sekolah di PAUD dengan video di bawah ini!

10. Pilih Waktu dan Tempat yang Nyaman

Carilah waktu yang tepat untuk membaca buku. Kamu bisa membaca buku sebagai sarana rekreasi dan relaksasi, setelah kamu menyelesaikan tugas-tugas yang penting. Mengapa? Karena suasana hati yang tenang akan membantumu dalam memahami isi buku yang kamu baca.

Tempat yang nyaman dan tenang juga akan membuatmu lebih nyaman saat membaca buku. Atur pula posisi meja dan kursi saat membaca buku. Saat duduk di kursi, pastikan bahwa posisi kaki Anda lurus agar sirkulasi darah ke kaki tetap lancar.

Sobat Marbel, jadikanlah aktivitas membaca sebagai hobi dan kegiatan rekreasi. Kurangi scrolling media sosialmu, dan perbanyaklah membaca buku, karena aktivitas membaca buku sangat besar manfaatnya. Tetap semangat memperkaya ilmu dengan membaca buku!

Jadilah anak hebat dalam membuat konten kreatif dan edukatif di Kelas Kreator Gamelab.id. Gabung yuk!


Sumber Referensi

     1. Lasikofnv.com.  (2022). Can the habit of reading a book in bed really hurt the eyes [1]

     2. Irisreading.com. (2022 ). Does reading improve memory [2]

     3. Freepik.com. (2022). Portrait student child girl studying library [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.