Top

Membangun Karakter Anak Usia 2-3 Tahun dengan Pembiasaan Harian di Rumah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Apr 2024

  |  

Parenting

Membangun karakter anak bisa dimulai sejak usia dini. Si Kecil, terutama yang berusia 2-3 tahun, perlu mulai mengenal perbedaan baik dan buruk, mengembangkan empati, mengajarkan disiplin, membangun kepercayaan diri, serta aneka karakter penting lainnya secara praktis dan melalui aneka kegiatan harian. Beberapa pembiasaan dan kegiatan harian yang bisa membangun karakter Si Kecil antara lain:

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

1. Mampu Bersyukur

Ajak Si Kecil berdoa bersama dengan mengucapkan doa-doa syukur dan ucapan terima kasih atas segala rahmat dan berkat.

2. Rajin Bangun Pagi

Ajari anak untuk bangun setiap pagi dengan senyum ceria, penuh semangat, dan melakukan kegiatan positif, misalnya melakukan senam sederhana, membaca buku, bernyanyi, dan lainnya.

3. Bersikap Ramah

Ajak Si Kecil untuk selalu memberikan salam kepada setiap anggota keluarga yang ditemui dengan bahasa yang sopan dan senyum yang tulus.

4. Gemar Menjaga Kesehatan Badan

Ajari Si Kecil tentang cara mencuci tangan, sikat gigi, berpakaian rapi, dan menjaga kesehatan setiap anggota badan.

Baca juga:

1. Membangun Karakter Anak Berhati Mulia dan Bahagia

2. Ada 32 Cara untuk Mengembangkan Karakter selama Liburan

3. Aktivitas Keluarga Seru Pembangun Karakter Anak TK dan PAUD

5. Ulet dan Rajin

Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk beraktivitas positif, terutama bermain atau melakukan kegiatan yang ia gemari.

Koleksi Cerita Anak Interaktif, RIRI: Membantu Kembangkan Karakter Si Kecil

6. Cinta Kebersamaan

Luangkan waktu bersama Si Kecil untuk makan bersama, bernyanyi bersama, dan beraktivitas bersama, sambil bercakap-cakap dan bercerita.

7. Gemar Bersosialisasi

Ajak Si Kecil untuk bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya, serta berkunjung ke tempat kerabat.

8. Mampu Menjaga Diri

Ada banyak hal-hal berbahaya yang perlu dihindari Si Kecil, misalnya bermain di tengah jalan, bermain pisau, berjalan di tepi selokan, dan lainnya. Berikan penjelasan mengenai pentingnya sikap waspada dan alasan-alasannya, misalnya berkata, “Kita harus berhati-hati saat di jalan raya, karena … .”

9. Mengontrol Emosi

Saat ia menangis atau ada dalam persoalan, berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mengungkapkan perasaan dan menceritakan persoalan yang ia hadapi.

Ajak Si Kecil Bermain dan Belajar dengan LKA / Lembar Kerja Anak GRATIS

a. Berapa Jumlah Kakiku?
b. Manakah Hewan Terkecil?
c. Keindaha Flora / Tumbuhan

10. Mampu Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ajari anak tentang cara merapikan mainan, membersihkan kamar, menggunakan alat-alat kebersihan, dan lainnya dengan memberikan contoh atau melakukannya bersama.

11. Mampu Menjaga Kebugaran

Bantu Si Kecil agar ia memiliki waktu istirahat dan tidur, serta beraktivitas fisik (diusahakan hingga terpapar sinar matahari pagi) yang cukup dan rutin sertiap hari.

12. Mampu Mengekspresikan Diri dengan Kegiatan Positif

Ajari dan dampingi Si Kecil agar terampil menggambar, bernyanyi, menari, mengerjakan craft, dan aneka kegiatan seni lainnya, sebagai wujud ekspresi diri secara positif.

13. Gemar Membaca

Mungkin ia belum terampil membaca, pastikan ia memiliki waktu beraktivitas dengan buku bacaan, meski ia hanya melihat-lihat gambarnya atau memainkannya. Berikan teladan pada Si Kecil dengan rajin membaca buku secara rutin bersama Si Kecil.

14. Berkata Jujur

Ajarkan kepada Si Kecil agar selalu berkata jujur, dan menjelaskan mengapa kita harus selalu berkata jujur, misalnya agar disayang Ayah Bunda, punya banyak teman, hati selalu bahagia, dan lainnya.

15. Bersikap Ramah dan Sopan pada Sesama

Saat bertemu dengan teman atau kerabat, ajarkan pada Si Kecil untuk bersalaman, mengucapkan salam, dan tersenyum dengan tulus. Ajarkan pula agar bisa bersikap sopan pada orang yang lebih tua.

16. Memiliki Semangat Menerima Perbedaan

Ajarkan kepada Si Kecil bahwa manusia tercipta dengan agama, suku, dan kebangsaan yang berbeda. Namun, kita semua harus saling mengasihi dan menghormati. Jangan pernah mengajarkan rasa tidak suka atau anti pada suatu agama atau suku tertentu.

17. Cinta Alam

Ajarkan kepada Si Kecil tentang menjaga alam semesta dengan hal-hal sederhana, misalnya membuang sampah pada tempatnya, membersihkan taman, mengurangi penggunaan plastik, dan lainnya.

Ayah Bunda perlu memahami bahwa Si Kecil, yang berusia 2-3 tahun, masih memiliki perasaan yang sangat sensitif. Ayah Bunda perlu menghindari pemaksaan atau kata-kata yang kasar yang mampu menyulut emosi negatif Si Kecil.

Media video dongeng juga bisa menjadi sarana pengembangan karakter anak. Silakan klik video di bawah ini untuk menonton koleksi video dongeng Riri.

Si Kecil juga merupakan pribadi yang unik dan memiliki perkembangan yang berbeda-benda, sehingga Ayah Bunda perlu bersikap fleksibel agar Si Kecil bersedia mengembangkan karakternya dengan gembira serta tulus hati dan tidak ada rasa tertekan.

Semoga dengan memberikan perhatian pada perkembangan karakter sejak usia dini, Si Kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia seiring dengan perkembangan kedewasaan dan fisiknya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Full shot smiley girl sitting cloth [1]

2. Verywellfamily.com. (2022). Ways to build character in children [2]

3. Pbs.org. (2022). Learn grow all ages character [3]

4. Micheleborba.com. (2023). 10 Tips for raising moral kids [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.