Top

Mudahnya Mengasuh Anak yang Masih Aktif-Aktifnya Agar Tumbuh Optimal

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

04 Des 2022

  |  

Parenting

Buah hati Anda suka bergerak secara aktif? Jangan khawatir! Tracy Trautner, seorang penulis di website canr.msu.edu berpendapat:

“Menjadi aktif sejak usia dini dapat mengarahkan seseorang pada gaya hidup sehat seumur hidup”

Anak-anak memang memiliki energi yang ekstra. Kelebihan ini memungkinkan anak untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat dan memberi kesempatan kepadanya untuk banyak belajar dengan segala aktivitas yang dilakukan, dan tentu saja dengan bergerak aktif anak akan semakin sehat secara jasmani dan rohani.

A. Mengapa si kecil aktif bergerak?

Ada beberapa manfaat yang perlu Ayah dan Bunda pahami mengapa si kecil aktif bergerak, yaitu:

  1. Bisa Memanfaatkan Waktu Istirahat yang Berkualitas
    Setelah menghabiskan energinya dengan banyak aktivitas, maka ia akan lebih mampu tidur dengan lelap. Dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas, maka ia akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan kesehatan mental yang baik.

    Baca juga: Tidur Berkualitas Membuat Anak Menjadi Cerdas
  2. Menjaga Metabolisme Tubuh
    Anak yang aktif bergerak akan mengeluarkan keringat. Berkeringat dapat memacu sirkulasi dan mendorong pengeluaran asam laktat, serta membakar kalori. Asam laktat adalah zat yang ada di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kelelahan serta nyeri otot.

  3. Nafsu Makan Meningkat
    Semakin banyak energi yang dikeluarkan anak saat ia aktif bergerak, maka secara otomatis tubuh akan menjadi lebih membutuhkan makanan sebagai sumber energi.

    Baca juga: 7 Tips agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah
  4. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi
    Anak yang aktif akan cenderung banyak melakukan kegiatan yang bervariasi, baik kegiatan yang bersifat individu, maupun kegiatan yang bersifat sosial atau beraktivitas bersama teman. Beraktivitas bersama teman atau bermain bersama akan melatih anak untuk memahami arti sikap toleransi, sikap saling menghormati, dan sikap menghargai perbedaan.

    Baca juga: Tips Menstimulasi Kecerdasan Sosial
  5. Anak Lebih Bahagia
    Beraktivitas dengan aneka kegiatan yang positif akan mengurangi waktu bagi anak berpikir atau merasakan hal-hal yang negatif, misalnya merasa khawatir, overthinking, rasa sesal yang mendalam karena pernah melakukan kesalahan, dan lainnya. Si kecil pasti akan semakin merasa bahagia bila beraktivitas bersama orang tua, karena akan memiliki lebih banyak waktu berbagi dan bercerita.
    Kegiatan bernyanyi adalah salah satu aktivitas positif yang bisa diajarkan kepada si kecil. Yuk ajak ia bernyanyi lagu "Senyuman, Sedekah Sederhana" 



    Agar si kecil semakin merasakan manfaat-manfaat dari bergerak aktif, Ayah dan Bunda perlu memotivasi dan membimbingnya. Hal ini akan membuat anak cenderung melakukan banyak aktivitas yang positif, sehingga manfaatnya pun akan semakin dirasakan si kecil secara lebih optimal.

B. Bagaimana Cara Memberikan Pola Asuh yang Tepat?

  1. Penguasaan Teknologi yang Baik
    Anak-anak zaman digital sangat lekat dengan penggunaan aneka perangkat komunikasi. Ayah dan Bunda perlu selangkah lebih maju dalam hal penguasaan perangkat komunikasi, agar bisa membimbing dan mendampingi si kecil dengan baik serta bijaksana.
    Agar si kecil semakin memiliki keterampilan yang baik dalam hal penggunaan teknologi, yuk, ajak ia bergabung di kelas Gamelab.id
    .

  2. Menjadi teladan yang baik
    Ayah dan Bunda bisa melakukan aneka aktivitas dan kebiasaan baik di rumah, misalnya merapikan baju, membersihkan kamar, membersihkan kebun, dan lainnya. Dengan melihat aktivitas yang positif dan dilakukan oleh Ayah dan Bunda sehari-hari, anak pasti akan banyak belajar dan mau meniru atau meneladaninya.
    Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil bermain "Marbel Kebiasaan Baik". Gim edukasi ini bermanfaat untuk membangun karakter anak.
     

  3. Beraktivitas Sesuai Bakat dan Minat Anak
    Anak pasti akan melakukan aktivitasnya dengan suka hati dan tanpa rasa terpaksa saat ia melakukan aktivitas yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Kebiasaan ini juga akan membuat bakat anak semakin berkembang dengan lebih maksimal.
    Bila si kecil memiliki hobi memasak, Ayah dan Bunda bisa mengajari anak tentang banyak hal yang berhubungan dengan kegiatan memasak melalui media gim "Marbel Restaurant" atau "Marbel Memasak"


  4. Mengatur Penggunaan Perangkat Komunikasi
    Ayah dan Bunda perlu bersikap tegas dan bijaksana dalam membantu si kecil agar bisa menggunakan perangkat komunikasi, seperti gawai, laptop, televisi, dan perangkat lainnya dengan baik serta tidak berlebihan. Banyak anak mengalami kecanduan terhadap suatu perangkat komunikasi, sehingga ia enggan beraktivitas fisik dan berinteraksi sosial.
    Bila Ayah dan Bunda ingin membangun karakter anak dengan media dongeng, jangan lupa pula untuk mengunduh aplikasi "Riri - Cerita Anak Interaktif" di perangkat komunikasi Anda.


  5. Peran Aktif Orang Tua Sangat Menentukan
    Orang tua zaman digital memang perlu menjadi orang tua yang kreatif agar bisa memberikan aktivitas positif bagi si kecil. Ayah dan Bunda perlu aktif belajar aneka kerajinan tangan, tutorial menggambar, dan aneka soft-skill lainnya yang nantinya bisa diajarkan kepada si kecil.
    Bila si kecil aktif bergerak dengan banyak melakukan aneka aktivitas yang positif dan bermanfaat, semoga kelak ia bisa tumbuh menjadi anak yang terampil dalam bekerja, bersosialisasi, dan memiliki semangat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Ayah dan Bunda, jangan biarkan keaktifan si kecil digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Semoga dengan membaca artikel ini, Ayah dan Bunda semakin memiliki pengetahuan dan pandangan yang lebih luas agar mampu membimbing dan mendidik si kecil agar bisa melakukan hal-hal yang positif, edukatif, dan bermanfaat untuk perkembangan sang buah hati. Selamat mencoba!

Gim edukasi "Marbel Pelajaran TK dan PAUD" bisa menjadi pilihan terbaik bagi si kecil agar semakin mampu mengembangkan keterampilan anak dalam membaca, mengenal angka, berhitung, belajar warna, dan aneka materi penting bagi anak usia dini. Silakan diunduh aplikasi di bawah ini ya, Ayah dan Bunda.


Sumber Referensi:

1. Trautner, T. (2017). Benefits of children being active [1]

2. Freepik. (2022). Portrait happy young father son bike father son playing park sunset time [2]

3. Freepik. (2022). Portrait asian dad little girl training skateboard smiling man walking alley holding daughters hands [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.