Top

Ternyata Belajar Masak Bisa Tingkatkan 7 Soft Skills Penting

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Mar 2023

  |  

Edukasi

Belajar memasak ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan aneka soft skills-mu. Sobat Marbel, setelah kamu membaca artikel ini, kamu pasti akan termotivasi untuk belajar memasak. Mengapa?

Dikutip dari Seriouskids.com.au, Renae mengatakan bahwa kegiatan memasak membantu mengajarkan begitu banyak keterampilan, termasuk keterampilan hidup dan dapat membantu menumbuhkan sikap menghargai makanan. Selain itu, masih banyak soft skills yang akan berkembang saat kamu belajar memasak. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Apapun jenis makanan yang kamu masak secara mandiri, kamu pasti akan menjadi orang pertama yang mencicipinya. Kamu pasti akan merasa bangga bila hasil masakanmu cukup enak.

Setelah itu, kamu bisa meminta Ayah, Bunda, atau kerabat dekat untuk mencicipi makanan yang kamu masak. Kamu akan terlatih untuk menerima masukan dari orang-orang terdekat, agar bisa memasak makanan dengan kualitas yang lebih baik. Tentu saja, hal ini akan melatih mental kamu untuk menjadi pribadi yang semakin percaya diri, serta kuat mental saat menerima kritikan atau masukan yang membangun.

Dongeng edukasi ini karya Bapak Andi Taru dan Tim Kreatif Educa Studio ini akan membuatmu semakin paham cara mengembangkan kepercayaan dirimu!

2. Melatih Keterampilan Membuat Keputusan

Karena aktivitas ini hanya sebatas hobi, maka kamu perlu memutuskan berapa kali kamu harus memasak dalam seminggu. Kamu juga perlu menentukan jadwal kapan kamu harus berbelanja.

Saat memasak, kamu juga harus memutuskan takaran bumbu masak dan bahan dasar masakan yang akan kamu buat. Terkadang kamu harus membuat takaran sendiri yang sesuai dengan selera kamu.

Bila kamu suka makanan yang asin atau gurih, terkadang kamu harus menambahkan lebih banyak garam. Segala keputusan yang kamu buat, akan menentukan kualitas hasil masakanmu. Semakin kamu sering melakukan hobi ini, kamu akan semakin terampil dalam membuat keputusan, untuk mendapatkan hasil masakan terbaik.

3. Melatih Kemampuan Menghindari Stres

Aneka kegiatan positif sangat dibutuhkan ketika suasana hatimu kurang baik. Memasak bisa menjadi salah satu pilihan yang baik. Dilansir dari Dana-farber.org, dikatakan bahwa memasak melibatkan indera kita, memasak memiliki kemampuan untuk mengaktifkan ingatan. Aroma hidangan mungkin mengingatkanmu pada rumah nenek, atau mungkin restoran atau tempat liburan favoritmu. Membiarkanmu tenggelam dalam kenangan ini saat memasak adalah cara terapeutik untuk menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Kamu bisa bermain aneka gim edukasi  di Playstore sebagai sarana belajar dan hiburan. 

4. Mengembangkan Kognitif

Kemampuan kognitif adalah keterampilan berpusat pada otak yang mengendalikan seseorang dalam melakukan tugas apapun, dari yang sederhana hingga yang paling kompleks. Di dalam sebuah artikel pada platform Scoe.org, dijelaskan bahwa memasak memungkinkan anak-anak untuk menggunakan pengetahuan yang mereka miliki dan menerapkannya dengan menghitung, mengukur, mengikuti urutan, mengikuti petunjuk, dan sebab akibat. Dengan memasak, kamu akan semakin optimal dalam melakukan tugas-tugas yang melibatkan kinerja otak.


Baca juga:

1. 6 Ciri Anak Cerdas dan Cara Menstimulasi Kecerdasannya. Kamu Salah Satunya?

2. Inilah 7 Ciri Anak Usia Dini yang Memiliki Kecerdasan Berbahasa dan Cara Membimbingnya!


5. Meningkatkan Kreativitas

Saat kamu memasak nasi goreng, kamu bisa menambahkan daging sapi dan sosis sebagai agar lebih lezat dan menggoda. Di lain waktu, kamu bisa memasak nasi goreng dengan topping daging ayam dan telur mata sapi. Kamu bisa menamai sendiri aneka versi nasi goreng buatanmu dengan nama yang unik.

Kamu juga bisa mendekorasi hasil masakanmu dengan aneka lalapan, misalnya potongan ketimun dan sayur kol agar terlihat menjadi lebih indah. Kamu juga bisa belajar cara memotong ketimun atau jenis sayur lain menjadi bentuk-bentuk yang unik dengan peralatan yang banyak dijual di toko-toko. Kreativitas kamu akan semakin berkembang bila kamu rutin melakukan aktivitas belajar memasak.

Tingkatkan kreativitasmu dengan aneka craft yang sudah disusun tematis di Duniabelajaranak.id

6. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi dan Berinteraksi

Kamu bisa bergabung pada sebuah komunitas yang beranggotakan anak-anak yang hobi memasak. Kamu bisa berbagi aneka pengetahuan tentang resep masakan, menu makanan, dan hal-hal yang berhubungan dengan proses masak memasak. Kamu akan semakin terbiasa dengan pentingnya kehidupan sosial dengan melakukan hal ini.

Ajaklah teman, kerabat, atau anggota keluargamu untuk memasak bersamamu. Kegiatan memasak bersama memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga kecerdasan sosial dan bahasamu pun akan berkembang.

7. Meningkatkan Kepedulian untuk Hidup Sehat

Saat kamu berbelanja bahan-bahan untuk memasak, kamu pasti akan memilih tempat-tempat yang terjaga kebersihannya. Kamu perlu merawat bahan-bahan untuk memasak agar tetap bersih dan segar. Sebelum memasak, beberapa bahan makanan, khususnya sayur-sayuran atau buah-buahan perlu kamu cuci terlebih dahulu.

Alat-alat untuk memasak pun perlu kamu rawat dengan baik agar tidak kotor dan tidak mudah rusak. Alat-alat masak yang karatan akan membawa dampak yang kurang baik untuk hasil masakan, bila digunakan untuk memasak. Apalagi bila masakan yang kamu buat akan dihidangkan untuk orang lain. Kamu pasti perlu mempersiapkannya dengan baik serta terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Bayangkan saja bila kelak dirimu akan sekolah di luar kota atau di luar negeri. Kalau kamu bisa memasak sendiri, tentu kamu bisa lebih hemat dan bisa menabung uang lebih banyak. Kamu tidak perlu bingung mau jajan di mana. Mau cewek atau cowok, semua perlu belajar memasak sedini mungkin. Semangat belajar, Sobat marbel!


Sumber Referensi:

1. Scoe.org. (2022). Benefits of cooking with preschooler [1]

2. Blog.dana-farber.org. (2020). How cooking can help relieve stress [2]

3. Freepik.com (2022). Happy mum teach her daughter chopping vegetable [3]

4. Freepik.com (2022). Isolated portrait cute teenage boy learning how make [4]

5. Seriouslykids.com.au. (2022). Skills that can be-learnt through cooking [5]


Ingin belajar jadi konten kreatof hebat seperti Kakak-Kakak tim Kreatif di Educa Studio? Cukup menyediakan Laptop/PC dan koneksi internet, bisa belajar langsung dengan expert di bidangnya bersama Gamelab.id

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.