Top

Optimalisasi Penggunaan Media IT bagi Siswa Era Milenial

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Mar 2023

  |  

Edukasi

Penggunaan perangkat teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Begitu pula bagi siswa di era milenial, teknologi bisa menjadi sarana belajar yang efektif. Dilansir dari Soeonline.american.edu, dikatakan bahwa melalui penggunaan teknologi di dalam maupun di luar kelas, siswa dapat memperoleh keterampilan teknis abad ke-21 yang diperlukan untuk karir di masa depan.

Selain mempermudah proses pembelajar dan mengembangkan keterampilan siswa di bidang IT, penggunaan perangkat teknologi akan sangat berguna bagi karir siswa, kelak saat memasuki dunia kerja.

Sobat Marbel, inilah beberapa pemanfaatan media IT bagi siswa di era milenial yang perlu kamu cermati, agar kamu semakin mampu memanfaatkan media IT secara lebih optimal.

1. Meningkatkan Semangat Belajar

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat di zaman sekarang sangat lekat dengan penggunaan perangkat komunikasi. Perangkat IT sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Itulah mengapa penggunaan perangkat komunikasi sebagai media belajar adalah salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

Melalui media perangkat komunikasi siswa bisa bermain sambil belajar atau belajar dengan cara yang fun. Beberapa platform terbaik yang bisa digunakan sebagai media edukasi yang menyenangkan adalah:

a. Educa Studio

Educa Studio menyediakan aneka aplikasi gim edukasi, kolesi dongeng Riri Cerita Anak Interaktif, koleksi lagu edukasi, dan film edukasi. Siswa bisa belajar dengan media digital yang menarik dan menyenangkan di mana saja dan kapan saja. Salah satu produk menarik dan sudah dikenal oleh para pelajar di Indonesia adalah Marbel, karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio.

b. Disney Jr 

Disney Jr dulunya hanya dikenal sebagai channel TV edukatif.  Kini Disney Jr juga menyediakan aneka aktivitas seru dan menyenangkan bagi siswa.

c. PBS Kids

PBS Kids menyediakan aneka permainan edukasi yang menarik dan kekinian. Aneka permainan di dalam platform ini bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasan kognitif, linguistik, afektif, dan aneka keterampilan penting yang perlu dikembangkan dalam diri siswa.

d. National Geographic for Kids

National Geographic for Kids adalah salah satu platform yang terkenal di dunia. Platform ini menyajikan aneka konten yang berhubungan dengan lingkungan, kebudayaan, dan kehidupan alam. Konten-konten di dalam platform ini selain edukatif, tapi juga ramah anak.

2. Memudahkan Siswa dalam Mencari Sumber Belajar

Dengan bantuan Google.com siswa bisa mencari sumber belajar dengan cepat. Siswa tidak perlu membeli buku atau membuka halaman per halaman buku untuk menemukan ilmu pengetahuan yang dicari.

Namun, Sobat Marbel tetap perlu meluangkan waktu untuk membaca buku. Bagaimanapun paparan radiasi layar monitor juga perlu dikurangi, agar tidak mengganggu kesehatan mata.

3. Meningkatkan Kreativitas

Perangkat komunikasi menyediakan aneka platform dan aplikasi yang bisa diunduh atau diakses secara gratis, serta bisa menjadi sarana pengembangan kreativitas atau membuat karya.

Agar manfaat ini benar-benar bisa berkembang dalam diri siswa dan aman bagi anak, pendampingan dari orang tua atau guru sangat diperlukan.

Sobat Marbel bisa mencari ide-ide menarik tentang aneka kreasi yang sudah pernah diposting di aneka platform. Kamu bisa mempelajari aneka kreasi yang sudah ada dan mengembangkannya. Buatlah kreasi yang sesuai dengan bakat atau keterampilan yang paling kamu suka dan kamu kuasai.

Sobat Marbel suka membuat aneka craft? Yuk, belajar aneka craft tematik di Duniabelajaranak.id

4. Mempermudah Jalinan Komunikasi dengan Guru

Selain menggunakan buku penghubung, siswa dan guru bisa melakukan komunikasi jarak jauh. Bila ada hal-hal yang perlu ditanyakan kepada guru tentang materi yang belum dipahami, siswa bisa menghubungi guru dengan media WhatsApp.

Guru juga bisa memberikan tugas atau informasi penting lainnya dengan media Google classroom atau Schoology yang menyediakan kolom chat, agar guru dan siswa bisa berkomunikasi dengan platform tersebut.

5. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Melalui kanal Youtube siswa bisa belajar bahasa asing secara otodidak. Ada banyak video tutorial tentang cara belajar bahasa asing mulai dari level pemula hingga ahli. Siswa juga bisa belajar bahasa asing melalui aneka film, lagu-lagu, dan video dokumenter. Beberapa video juga menyediakan subtitle dengan aneka bahasa. Namun, Sobat Marbel tetap membutuhkan pendampingan dari orang tua agar bisa menemukan video yang tepat, aman, dan efektif sebagai media belajar bahasa asing.

6. Sarana Informasi bagi Pencari Beasiswa

Sobat Marbel, meskipun orang tuamu masih mampu membiayai sekolah kamu, kamu juga perlu tahu tentang cara mendapatkan beasiswa. Selain bermanfaat untuk membantu orang tuamu dalam hal finansial, kamu juga bisa memiliki tabungan yang lebih banyak kalau nantinya bisa mendapatkan beasiswa.

Selain itu, kamu juga akan terbentuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dengan masa depan kamu, karena yang menanggung biaya sekolah bukanlah orang tuamu.

Tingkatkan keterampilanmu dalam berbahasa Inggris. Karena kemampuan berbahasa Inggris sering menjadi salah satu syarat penting bagi calon penerima beasiswa. Silakan bergabung kelas bahasa Inggris untuk pemula di kelas ini! Ada kelas gratisnya.

7. Mendapatkan Informasi Terbaru

Pada zaman dahulu, masyarakat harus membeli koran untuk mendapatkan informasi terbaru. Namun, kini masyarakat bisa mendapatkan informasi yang terbaru hanya dengan mengakses internet.

Sobat Marbel juga perlu memanfaatkan internet untuk menemukan informasi atau berita terbaru. Dengan mengetahui berita atau isu terbaru, kamu akan termotivasi untuk lebih semangat dalam berkomunikasi dengan banyak orang. Karena kamu sudah memahami aneka pengetahuan terbaru yang bisa menjadi materi pembicaraan yang menarik.

Saat seorang siswa mengetahui beragam isu menarik dan terkini, ia akan mampu berbicara di depan banyak orang dengan penuh percaya diri. Sebab, ia memiliki banyak pengetahuan dari hasil membaca. 

Beberapa sumber berita atau informasi yang paling dipercaya di Indonesia adalah Kompas.com, Tribunnews.com, Detik.com, dan Liputan6.com.

Apa pun perangkat komunikasi yang sering kamu gunakan saat ini, manfaatkanlah sebagai media optimalisasi prestasi akademikmu. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin, agar cita-citamu bisa tercapai di masa depan. Semangat! 

Salah satu media hiburan yang asyik adalah mendengarkan dongeng edukasi dalam bentuk podcast. Sobat Marbel bisa menikmati koleksi dongeng Riri Cerita Anak Interaktif di platform Noice.id.


Sumber Referensi:

1. Soeonline.american.edu. (2020).  How important is technology in education benefits challenges and impact on students [1]

2. Freepik.com (2020). Happy classmates glasses sitting table together [2]

3. Freepik.com (2020). Smart boy with laptop books [3]

4. Freepik.com (2020). Asian boy sitting floor with tablet [4]


Optimalkan keterampilanmu dalam membuat konten edukasi dengan teknologi terkini bersama Kakak-Kakak Tim Kreatif Educa Studio. Yuk gabung di Kelas Kreator Gamelab.id

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.