Top

Cara Agar Anak Semangat Belajar Setelah Libur Tahun Baru, Simpel Banget!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

02 Jan 2023

  |  

Edukasi

Liburan tahun baru dan semester hendak berlalu. Ayah dan Bunda pasti ingin melihat semangat belajar si kecil kembali menggebu. Agar ia tidak terlihat bermalas-malasan saat kembali ke sekolah, tentu Ayah dan Bunda perlu ikut membantu. Dilansir dari kidscourtschool.com, seorang pendidik mengatakan:

"Saat anak-anak bersiap untuk kembali ke sekolah, setelah liburan yang menyenangkan, membantu mengarahkan pikiran dan tubuh muda siswa-siswi agar bisa berfokus kembali pada pembelajaran sehari-hari yang penuh dengan tantangan adalah hal yang penting (untuk dilakukan orang tua)."

Agar si kecil semakin siap kembali ke sekolah dengan senyum merekah, semangat yang tinggi, dan wajah yang ceria, Ayah dan Bunda bisa melakukan tips-tips simpel berikut ini!

1. Mengembalikan Rutinitas Bangun Pagi 

Saat liburan biasanya si kecil bangun lebih siang. Namun, dua atau tiga hari sebelum ia kembali ke sekolah, Ayah dan Bunda bisa membantunya bangun lebih pagi, seperti biasa saat ia tidak libur sekolah. Agar ia bisa bangun pagi dengan bersemangat, tentu ayah dan bunda bisa membantunya dengan mengingatkan agar tidak tidur terlalu larut malam dan menyarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang membuatnya kelelahan.

Agar anak bisa tidur lebih lelap, Anda bisa memutarkan dongeng dalam versi podcast (tanpa video). Selain hemat kuota, dongeng jenis ini sangat baik untuk mengembangkan daya imajinasi, karakter, dan kecerdasan anak. Untuk mendengarkan koleksi dongeng dalam bentuk podcast, Ayah dan Bunda bisa memperdengarkan kepada sang buah hati koleksi dongeng "RIRI, Cerita Anak Interaktif" yang kini hadir di Noice.id.

Baca juga:

Tidur Berkualitas Ternyata Bisa Membuat Anak Makin Cerdas

2. Mengulang Materi Pelajaran dengan Cara Menyenangkan

Agar si kecil siap menerima materi pelajaran di awal ia masuk sekolah kembali, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil mengulang materi pelajaran yang pernah ia pelajari di semester sebelumnya. Ayah dan bunda pasti tahu dong, beberapa materi pokok atau tema yang dipelajari di semester sebelumnya? Ayah dan bunda bisa melakukan tanya jawab sederhana, membaca buku bersama, bermain gim edukasi, dan metode lain agar si kecil kembali mengingat tentang materi pelajaran yang pernah ia pelajari.

Berikut ini adalah beberapa tema pembelajaran yang tersedia dalam bentuk gim edukasi:

- Gim pengenalan profesi polisi.

- Gim belajar bahasa Inggris dasar.

- Gim belajar tentang benda angkasa dan tata surya.

- Gim belajar mengenal aneka buah.

- Gim belajar teknologi transportasi.

Aneka gim di atas sangat ramah anak, sederhana, mudah, dan menyenangkan dimainkan oleh anak-anak usia dini.

3. Mengajak Berbicara Segala Hal Tentang Sekolah

Ajaklah si kecil berbicara banyak hal tentang sekolah, misalnya tentang nama-nama teman di sekolah, nama-nama bapak ibu guru serta warga sekolah lainnya, aturan-aturan di sekolah, kebiasaan-kebiasaan baik di sekolah, dan hal lain seputar sekolahnya. Ajak pula si kecil berbicara tentang pengalaman-pengalaman menyenangkan di sekolah.

Buatlah iya kembali berpikir bahwa sekolah adalah tempat yang fun dan mengajak si kecil untuk bisa menikmati setiap aktivitas di sekolah.

Ayah dan Bunda juga bisa menceritakan sebuah dongeng seru yang berlatar belakang sekolah. Salah satunya adalah dongeng berjudul "Anti Kekerasan Seksual" di bawah ini. Dongeng ini menceritakan cara menjaga bagian tubuh yang privasi dan aneka perilaku yang baik di sekolah. 

4. Berikan Hadiah Penyemangat

Sehari sebelum si kecil masuk sekolah, Ayah dan Bunda bisa memberikan hadiah penyemangat. Misalnya, saat ia bisa bangun pagi dalam 2 hari berturut-turut. Hadiah yang diberikan adalah sesuatu yang istimewa dan anak suka. Semoga dengan hadiah tersebut ia menjadi semakin termotivasi untuk bersemangat kembali ke sekolah.

Ayah dan Bunda juga bisa memberikan hadiah yang memiliki nilai edukasi, menarik, dan menyenangkan. Beberapa diantaranya tersedia di Toko Marbel Junior. Di toko ini ada banyak produk menarik untuk anak dan sangat cocok menjadi hadiah, sovenir, dan media belajar untuk si keicl.

5. Pastikan Otak Anak Tetap Bekerja

Dunia anak adalah dunia bermain. Agar otak anak tetap bekerja dan anak bisa berkonsentrasi dengan baik, Ayah dan Bunda bisa menemani anak untuk melakukan permainan pengasah serta pengaktif otak anak. Beberapa contoh permainan tersebut antara lain puzzle, rubrik, menyusun balok, teka-teki silang, labirin, flash card, dan lainnya.

Sesekali Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil bermain di luar rumah, yaitu dengan melakukan permainan petak umpet, mencari harta karun, bakiak, lempar tangkap bola, dan lainnya.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil bergabung di kelas kreator Gamelab.id. Di dalam kelas ini si kecil akan belajar aneka soft-skills anak, yaitu kreativitas, kolaburasi, berpikir kritis, dan komunikasi. Ia juga akan diajarkan tentang cara membuat produk edukatif yang bermanfaat dengan cara menyenangkan. Bila Ayah dan Bunda mau mendaftarkan secepatnya, Gamelab.id sedang menyediakan diskon menarik. Silakan cek informasi lengkapnya dengan klik gambar di bawah ini.

6. Mengajarkan Kemandirian

Saat hendak pergi berlibur dan berkunjung ke suatu tempat, tentu sang buah hati harus mengenakan sepatu, baju, celana, kaus kaki, dan lainnya. Mintalah si kecil untuk menalikan tali sepatu sendiri, memasukkan kancing baju sendiri, melepas serta menyimpan sepatunya sendiri, dan pembiasaan-pembiasaan lain yang bisa melatih kemandiriannya.

Baca juga:

7 Kiat Praktis Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak

7. Melakukan Olahraga

Satu atau dua hari sebelum anak masuk sekolah ajaklah ia melakukan olahraga. Seperti kita tahu olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, sehat, dan menghindari kemalasan dan sangat baik untuk menjaga kebugaran serta kestabilan tubuh. Setelah berolahraga si kecil pasti akan terlihat lebih ceria dan bersemangat!

Baca juga:

Aktivitas Fisik Pengganti Olahraga yang Menyenangkan dan Menyehatkan

Di tahun yang baru, semoga sang buah hati semakin memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam belajar dan menuntut ilmu.

Selamat memotivasi dan menginspirasi sang buah hati!


Sumber Referensi:

1. Kidscourtschool.com. (2022). 5 ways to get your children ready for learning after the holidays [1]

2. Freepik. (2022). Happy child with parents playing bed home [2]

3. Freepik. (2022). Single mom spending time outdoors with her children [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.