Top

Luar Biasa, Cerita Rakyat Banyak Manfaatnya. Manfaat ke-5 Tak Disangka

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

01 Jan 2023

  |  

Edukasi

Ayah dan Bunda pasti tidak menyangka kalau membacakan cerita rakyat kepada anak bisa memberikan aneka manfaat bagi perkembangannya. Dilansir dari Augusthouse.com, seorang penulis dongeng asal Georgia mengatakan:

“Cerita rakyat dapat dimanfaatkan untuk membantu anak-anak mempelajari tradisi budaya lain, memberikan teladan karakter positif dari suatu tokoh, belajar memahami suatu konsekuensi saat pengambilan keputusan, dan bahkan mengembangkan keterampilan membaca yang lebih kuat.”

Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa dirasakan oleh si kecil saat Ayah dan Bunda membacakan cerita rakyat untuknya. Aneka manfaat lain dan cara menerapkannya akan dijelaskan di dalam artikel ini, sehingga sang buah hati semakin merasakan manfaatnya dengan lebih optimal. Yuk, kita simak bersama!

1. Mengembangkan Kecerdasan Bahasa dan Keterampilan Berkomunikasi

Bila si kecil belum mampu membaca dengan baik, Ayah dan Bunda bisa mendampinginya. Biarkan si kecil membaca secara mandiri sesuai dengan kemampuannya. Saat ia melihat sebuah gambar atau kejadian yang belum ia pahami, Ayah dan Bunda bisa menjelaskannya. Aktivitas ini juga bisa melatih si kecil dalam mengembangkan keterampilan berinteraksi serta berkomunikasi dengan sesama.

Pada kesempatan yang lain, Ayah dan Bunda bisa membacakan seluruh isi buku cerita rakyat, misalnya saat sebelum tidur, setelah belajar, atau setelah ia lelah bermain. Saat membacakan cerita rakyat pada si kecil ia akan belajar aneka kosakata baru dan memahami isi kalimat, isi paragraf, atau isi suatu penggalan cerita.

Ayah dan Bunda perlu membacakan dengan nada bicara yang baik, serta lafal dan suara yang jelas. Hal ini akan membantu si kecil agar memahami isi cerita dengan baik, serta membiasakan si kecil untuk berbicara dengan nada serta lafal yang baik dan jelas. Siapa tau nanti si kecil bisa menjadi story teller hebat atau MC terkenal. Ayah dan Bunda pasti bangga, bukan?

Memperkaya kosakata anak adalah salah satu cara mengembangkan kecerdasan bahasa dan keterampilan berkomunikasi anak. Mendongeng adalah aktivitas yang mengasyikkan dan bagus untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Selain mendongeng, ada satu aktivitas lain yang sangat baik untuk mengemangkan keterampilan ini. Ayah dan Bunda bisa mengajaknya bernyanyi lagu edukasi. Lagu edukasi yang Ayah dan Bunda nyanyikan atau perdengarkan kepada sang buah hati akan meningkatkan linguistic skill anak. Yuk, ajak anak bernyanyi lagu di bawah ini!

2. Mengembangkan Pengetahuan dan Kecintaan pada Budaya Daerah

Seperti kita tahu, bangsa Indonesia terbagi menjadi berbagai macam provinsi dan suku yang beraneka ragam. Setiap daerah pasti memiliki tradisi, senjata khas, makanan tradisional, pakaian adat, tarian budaya, serta aneka kekhasan yang dimiliki setiap suku atau wilayah di Indonesia.

Materi pembelajaran mengenai tradisi dan kekhasan yang ada di setiap daerah di Indonesia sering muncul di mata pelajaran IPS, PKn, dan lainnya. Membacakan cerita rakyat sejak dini kepada sang buah hati, akan membantunya memahami materi pembelajaran tentang kebudayaan ini.

Semakin banyak pengetahuan yang didapatkan si kecil tentang budaya di Indonesia, maka ia juga akan diajak untuk semakin mencintai budaya Indonesia yang begitu indah dan baik. Si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang berpegang teguh pada budaya Indonesia dan tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar yang belum tentu sesuai dengan budaya negara asalnya.

Mengembangkan pengetahuan anak tentang budaya Indonesia menjadi lebih efektif dan menyenangkan dengan mengajaknya bermain gim edukasi. Gim di bawah ini adalah salah satu gim terbaik kesukaan anak Indonesia.

3. Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan, Memahami Cerita, dan Daya Ingat Anak

Saat Anda mendengarkan suatu cerita dari seorang teman apakah anda bisa memahaminya dengan jelas? Apakah Anda bisa mengingat nama kota, nama jalan, dan kosakata baru dengan baik?

Bila Ayah dan Bunda secara rutin membacakan dongeng kepada si kecil, maka kemampuan si kecil dalam memahami isi cerita dan mengingat suatu pengetahuan baru akan lebih terasah.

Saat ia berada di kelas serta saat pembelajaran bersama guru dan siswa lainnya, ia kan lebih mampu memahami materi pembelajaran yang dijelaskan oleh gurunya.

Cara lain untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan anak adalah dengan membacakan buku dongeng. E-book adalah salah satu jenis buku yang banyak dijual dan dinikmati secara online. E-book di bawah ini bisa menjadi referensi, karena sangat bermanfaat juga untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang budaya daerah di Indonesia. Ayah dan Bunda bisa membacakan e-book di bawah ini bagi sang buah hati!

 4. Mengandung Moral Value yang Berbudaya Lokal

Keistimewaan dari cerita rakyat yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia adalah pesan moral atau moral value yang terkandung di dalamnya sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia. Seperti kita tahu bahwa bangsa Indonesia sangat memegang teguh budaya ketimuran. Norma sopan santun dan tata krama sangat dipegang teguh oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Dengan mengajarkan atau membacakan cerita rakyat yang berasal dari Indonesia, Ayah dan Bunda secara tidak langsung telah membentuk anak memiliki pribadi yang baik dan sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.

Pesan moral biasanya disampaikan di akhir cerita. Salah satu contoh cerita rakyat yang cukup terkenal dan sarat akan pesan kebaikan berjudul "Kisah Telaga Warna". Cerita rakyat berkisah tentang sepasang raja dan ratu yang memiliki seorang anak. Sang raja dan ratu selalu memenuhi segala keinginan sang anak, sehingga ia tumbuh menjadi anak yang manja.

Agar si kecil semakin memahami pesan moral di dalam sebuah cerita, Ayah dan Bunda bisa memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa menjelaskan bahwa tidak semua keinginan seorang anak perlu dituruti. Bila ada keinginan seorang anak yang tidak dituruti, bukan berarti bahwa orang tua tidak menyayangi anaknya. Namun, tentu saja orang tua lebih memahami apa yang terbaik buat anaknya. Seorang anak harus menaati nasehat dan perkataan dari orang tuanya.

Kemudian Ayah dan Bunda bisa memberikan semacam pertanyaan refleksi, misalnya, "Apakah ada permintaan Adik yang tidak Bunda penuhi?” Lalu mintalah si kecil menjelaskan mengapa ada keinginan atau permintaannya yang tidak dipenuhi oleh Bunda. Pastikan anak memahami bahwa bila ada keinginan anak yang tidak dipenuhi oleh orang tua, pasti ada penyebabnya.

Pertanyaan refleksi seperti ini akan membantu perkembangan kemampuan berpikir kritis anak dan memahami tingkat kedewasaannya dalam menyikapi suatu persoalan.

5. Melatih Kepekaan dan Kepedulian dengan Keadaan Lingkungan Sekitar

Latar belakang dari sebuah cerita rakyat Indonesia adalah situasi dan tempat yang berasal dari bangsa Indonesia. Biasanya latar belakang waktunya pun diambil dari suatu zaman yang pernah terjadi di Indonesia.

Si kecil menjadi semakin memahami keadaan masyarakat yang pernah dialami bangsa Indonesia di masa lalu. Dengan semakin mengenal sejarah bangsa Indonesia di masa lalu, anak akan diajak untuk semakin peduli dengan keadaan masyarakat di Indonesia di masa sekarang. Karena di zaman dulu hingga sekarang, pasti ada aneka kesamaannya. Baik di masa sekarang maupun masa lampau, ada orang berkecukupan ada orang yang hidup serba kekurangan, ada orang baik dan ada juga orang jahat, dan aneka kesamaan lainnya.

Melalui tokoh cerita rakyat yang baik, si kecil akan termotivasi untuk menjadi orang yang baik, agar selalu mendapatkan segala sesuatu yang baik dalam kehidupan. Ia juga akan belajar bahwa tidak semua orang Indonesia adalah orang yang berada dan sanggup mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ia akan termotivasi untuk bisa membantu masyarakat yang hidupnya serba kekurangan.

Dengan kepekaan atau rasa empatinya semoga si kecil akan termotivasi untuk membuat dunia atau masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan segala bakat, keterampilan, dan ilmu pengetahuan yang ia miliki.

Luar biasa bukan manfaat dari cerita rakyat?! Yuk, ajak si kecil untuk semakin mencintai dan sering membaca cerita rakyat, agar ia semakin merasakan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. augusthouse.com. (2022). Why are folktales important [1]

2. Freepik. (2022). Grandmother granddaughter are walking fields [2]

3. Freepik. (2022). Two little girls hand holding together having fun [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.