Top

Ternyata Ada lho, Kisah Misteri Pembangun Akhlak Anak. Cerita ke-5 Keren Banget!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Jan 2023

  |  

Edukasi

Dikutip dari Anikabooks.com, seorang penulis cerita anak berpendapat:

“Pesan moral dan akhlak membantu anak-anak memahami apa itu perbuatan yang mulia dan perilaku tidak baik. Cerita yang mengandung pesan moral, bila diciptakan dengan baik, dapat membantu anak-anak mengenali perilaku yang baik untuk dilakukan dan perilaku yang harus dihindari.”

Cerita anak yang ditulis dalam bentuk fabel atau cerita rakyat sering memuat pesan moral dan akhlak yang sangat bermanfaat dalam membangun karakter anak. Bagaimana dengan cerita misteri? Ternyata ada lho, kisah misteri yang khusus dibuat untuk anak, ramah anak, serta mengandung pesan moral yang bermanfaat sebagai character building. Cerita-cerita misteri yang sudah dikemas dalam bentuk animasi di bawah ini adalah beberapa contohnya:

1. Misteri Gadis Kecil di Tengah Hutan

Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak yang bernama Ben. Ben memiliki hobi berpetualang. Pada suatu hari tanpa ia sadari, ternyata dia sedang tersesat. Di saat ia sedang kebingungan, ia bertemu dengan seorang gadis yang misterius.

Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil untuk menyaksikan kisah selengkapnya dengan klik video di bawah ini.

Melalui cerita ini anak-anak diajak untuk saling bantu membantu, bila ada sesamanya yang sedang membutuhkan pertolongan. Walaupun, pada saat kita membantu orang lain terkadang ada hambatan atau orang yang menghalangi, tapi jika kita yakin bahwa apa yang kita lakukan adalah hal yang baik, kita tidak boleh menyerah.

Karena segala kebaikan yang kita lakukan untuk sesama pasti akan membawa kebaikan untuk kita juga. Yang terpenting, saat melakukan kebaikan adalah ketulusan hati kita adalah hal yang utaman.

2. Misteri Boneka dari Pohon Keramat

Danny adalah tokoh utama di dalam cerita ini. Ia tinggal di sebuah kota kecil. Suatu hari ia berjalan kaki untuk belajar di sekolah.

Danny adalah anak yang rajin dan memiliki hobi menggambar. Pada suatu hari ia bertemu dengan dua orang teman baru. Mereka mengajak Danny untuk pergi ke sebuah hutan keramat. Mereka meminta Danny untuk mengambil sebuah boneka keramat.

Apakah Danny berani mengambil boneka keramat tersebut? Bila iya, apakah yang akan terjadi pada diri Danny? Silakan tonton video selengkapnya bersama sang buah hati! Videonya ada di bawah ini ya, Ayah dan Bunda.

Pesan kebaikan dalam cerita ini adalah kita harus bersikap baik kepada sesama teman. Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan. Bila kita merasa bahwa kita lebih hebat dari orang lain, kita harus bersikap rendah hati.

Kita juga tidak boleh menggunakan kehebatan kita untuk memaksa orang lain melakukan hal yang tidak baik, mengancam, membuat orang lain merasa takut, dan perilaku tidak baik lainnya. Jadi bila kita memiliki tubuh yang kuat, kita harus menggunakan kekuatan kita untuk melindungi orang lain atau yang lemah.

3. Misteri Hilangnya Bekal Ando

Cerita ini berlatar belakang sebuah sekolah. Pada suatu hari Ando dan teman-temannya sedang bermain basket. Karena sudah kelelahan mereka memutuskan untuk beristirahat. Saat Ando membuka kotak makan siangnya, ia melihat ada beberapa potong makanan yang hilang dari kotak makan siangnya.

Setelah itu, seorang teman Ando yang berperan layaknya detektif mulai melakukan penyelidikan. Bagaimana proses penyelidikan menemukan potongan makanan ini berlangsung? Apakah pelakunya bisa tertangkap?

Cerita selengkapnya bisa ditonton pada video di bawah ini!

Ada pesan moral yang penting dan bisa dipelajari oleh si kecil melalui cerita ini. Pesan moralnya adalah bahwa kita harus mohon izin terlebih dahulu bila ingin meminta sesuatu atau meminjam sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Karena tindakan meminta atau meminjam sesuatu tanpa izin pemiliknya bisa membuat kita kehilangan kepercayaan dari orang lain. Kalaupun perbuatan tidak baik itu tidak "ketahuan", dosa kita tetap akan bertambah.

Sebaliknya, bila ada seseorang yang ingin meminta sesuatu atau meminjam sesuatu yang menjadi milik kita, maka kita harus bersikap murah hati. Sikap murah hati adalah sikap atau perbuatan baik kepada orang yang membutuhkan.

4. Kisah Horor Misteri Rumah Besar

Alkisah di sebuah desa yang letaknya di dekat sebuah hutan, Adam sedang menghabiskan waktu liburannya bersama sang kakek. Suatu hari, Adam ingin bersepeda di sekitar area hutan. Kakek sudah menasehati Adam agar tidak pergi terlalu jauh dari rumah. Namun, ternyata Adam mengabaikan nasihat kakek.

Di tengah hutan ia menemukan sebuah rumah yang mewah. Di dalam rumah ada seorang anak yang bernama William, mereka pun akhirnya berkenalan.

Apakah William adalah sosok manusia atau makhluk yang lain? Apa yang terjadi pada Adam selanjutnya?

Untuk mengetahui kisah selengkapnya, silakan menontonnya pada video di bawah ini:

Sikap taat kepada orang tua dan orang-orang yang dipercaya untuk menjaga kita, misalnya kakek, kakak, guru, paman, dan lainnya adalah hal yang penting untuk kita lakukan. Nasihat dari orang tua dan orang yang dipercaya untuk menjaga kita pasti demi kebaikan kita dan akan menjauhkan hal-hal yang tidak baik terjadi pada diri kita. Itulah pesan moral yang terdapat di dalam cerita ini.

5. Baura dan Penyihir Jahat

Baura adalah seorang anak yatim piatu. Kedua orang tuanya telah meninggal karena perbuatan orang yang jahat. Sejak kecil ia bermaksud untuk mencari orang yang telah membuat kedua orang tuanya meninggal dunia. Ia juga ingin memberantas kejahatan yang ada di dunia dengan kemampuan yang ia miliki.

Bagaimana perjuangan Baura dalam melatih kesaktiannya sehingga nantinya ia bisa menjadi seorang pendekar yang hebat? Apakah Baura berhasil menemukan orang jahat yang telah membuat kedua orang tuanya meninggal dunia?

Silakan menonton video di bawah ini untuk mengetahui kisah selengkapnya.

Sikap pantang menyerah adalah suatu sifat yang perlu kita miliki. Dengan semangat pantang menyerah kita akan menjadi pribadi yang kuat dan memiliki keinginan untuk belajar dengan giat. Walaupun terkadang kita akan mengalami kegagalan, tapi kita bisa terus bangkit untuk meraih harapan. Pesan kebaikan inilah yang bisa ditanamkan kepada si kecil saat menonton film ini.

Bagaimana? Menarik bukan, cerita-cerita di atas? Anak-anak pasti menyukainya. Semoga selain bisa menghibur, video di atas juga bisa mengedukasi sang buah hati!

Baca juga: 

1. Inilah Manfaat Fabel bagi Anak yang Tidak Diduga oleh Banyak Orang

2. Luar Biasa, Inilah Manfaat Cerita Rakyat

3. Yuk, Dengerin Podcast Cerita Anak, Hemat Kuota Kaya Manfaatnya


Sumber Referensi:

1. Anikabooks.com. (2022). Why should children read stories with morals [1]

2. Freepik.com (2022). Young asian family daughter happy using tablet [2]

3. Freepik.com (2022). Kid playing lovely baby [3]

4. Freepik.com (2022). Childrens colorful windmill toy laughing kid [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.