Top

Trex Kecil yang Malang: Cerita Anak Pembangun Karakter dan Pengetahuan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Feb 2023

  |  

Edukasi

Hai, Sobat Marbel! Sobat Marbel tentu sangat menyukai segala hal tentang dinosaurus. Dilansir dari Edition.cnn.com, Megan Marples menjelaskan bahwa, “Dinosaurus cocok dengan dunia khayalan mereka karena tidak ada yang hidup hari ini, jadi dinosaurus dianggap layaknya unicorn dan peri.” Dunia khayalan adalah dunia yang sangat lekat dengan dunia anak-anak, karena di usia ini mereka memiliki daya imajinasi yang sangat kuat.

Daya imajinasi ini akan membantu dalam mengembangkan aneka kecerdasan dan keterampilanmu. Seperti yang dipaparkan juga di Miracle-recreation.com, seorang pakar anak mengatakan, “Imajinasi membantu meningkatkan perkembangan sosial, emosional, kreatif, fisik, linguistik, dan kognitif anak-anak.”

“T Rex Kecil yang Malang” adalah sebuah dongeng yang sangat menarik dan memiliki banyak nilai edukasi serta inspirasi bagi anak-anak. Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio menggunakan peran seekor dinosaurus dalam pembuatan video animasi dongeng ini, agar anak-anak bisa menggunakan daya imajinasi mereka untuk mendapatkan pesan moral dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi Sobat Marbel.

Apa saja nilai-nilai yang bisa Sobat Marbel dapatkan dengan menonton dongeng Trex Kecil yang Malang?

1. Mengajarkan Pentingnya Bersosialisasi

Karakter Trex dalam dongeng ini sangat menyukai hidup sendiri. Padahal Sang Pencipta menciptakan manusia untuk hidup bersama-sama. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Saat Trex hidup sendiri, ia banyak mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan. Ia banyak melakukan kesalahan tanpa ada seseorang pun yang membantunya. Sobat Marbel diajak untuk memahami pentingnya bersosialisasi, kebersamaan, dan bergotong-royong.

Sobat Marbel bisa belajar tentang makna bersosialisasi dengan media dongeng di bawah ini! Silakan diunduh di aplikasi dongeng RIRI.


Baca juga:

1. Tak Terduga, Ternyata Fabel Punya Banyak Manfaat Bagi Anak

2. Ternyata Ada lho, Kisah Misteri Pembangun Akhlak Anak


2. Edukasi tentang Nilai Kejujuran

Di dalam cerita ini, Trex ingin mengambil sebuah telur milik Opi untuk dimakan. Namun, saat ia hendak mengambilnya, ternyata ia dipergoki oleh si Opi. Ia berusaha menutupi kesalahannya dengan mengatakan hal yang tidak jujur. Perilaku tidak jujur ini membuatnya mengalami hal yang kurang menyenangkan.

Nilai moral pada bagian ini adalah bahwa kita diajak untuk selalu melakukan hal yang baik dan berkata yang jujur. Perbuatan yang tidak baik dan ketidakjujuran hanya akan membuahkan hal-hal yang kurang menyenangkan terjadi dalam kehidupan kita. Bila kita rajin melakukan hal yang baik, tentu banyak hal baik juga akan terjadi dalam kehidupan kita.

Dongeng di bawah ini memuat pesan moral pentingnya kejujuran. Sobat Marbel bisa mengunduhnya dengan klik gambar di bawah ini.

3. Reminder: Waspada Beraktivitas di Luar Rumah saat Mendung

Dikutip dari Weather.gov, dijelaskan, “Banyak orang tidak menyadari bahwa petir dapat menyambar dalam jarak 25 mil (40,2 Km) jauhnya dari badai petir induknya. Jaraknya sangat jauh dari daerah curah hujan di dalam badai tersebut! Oleh karena itu, jika Anda dapat mendengar guntur, Anda berada dalam ‘jarak serang’. Segera cari tempat berlindung yang aman."

Sobat Marbel, jauhilah area terbuka saat kamu bisa mendengar suara bergemuruh, apalagi jika cuaca mulai gerimis. Bermain di dalam rumah adalah pilihan terbaik di situasi dan cuaca seperti itu.

Mau belajar Sains dengan cara asyik? Yuk bermain dengan aplikasi Marbel Sains.

4. Mengenalkan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Sobat Marbel, walaupun Trex terlihat sangat tengil dan lucu, tapi ia banyak mengajarkan ilmu pengetahuan kepadamu dengan segala tingkah dan perilakunya. Ia mengenalkan ciri-ciri makhluk hidup kepada Sobat Marbel. Apa saja itu?

  • Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya
    Setelah rumah lamanya tidak muat untuk tubuhnya yang kian membesar, Trex berusaha mencari tempat tinggal baru. Ia berpindah dari satu tempat, ke tempat lainnya. Akhirnya, ia menemukan sebuah tempat terbaik yaitu di tepi sungai yang merupakan sumber makanan dan air minum.
  • Peka Terhadap Rangsangan
    Saat Trex sedang beristirahat, ia secara tidak sengaja disengat lebah. Ia merasa sangat kesakitan. Ia segera menjauhi tempat tersebut, karena berdekatan dengan sarang lebah.
  • Mampu Bertumbuh
    Tubuh Trex semakin tinggi dan membesar. Itulah mengapa ia berusaha mencari tempat tinggal baru yang lebih besar, agar muat untuk ia tempati.
  • Bernafas dan Bergerak
    Sobat Marbel tentu sangat memahami ciri yang satu ini. Semua jenis hewan perlu bernafas untuk proses pembakaran dalam tubuh dan perlu bergerak untuk beraktivitas, terutama untuk mendapatkan makanan.
  • Berkembang Biak
    Bertelur adalah salah satu cara makhluk hidup berkembang biak. Hal ini tampak saat Trex menemukan sebuah telur.
  • Membutuhkan Makanan dan Nutrisi
    Saat Trex merasa lapar, ia berjuang mencari ikan. Ada hal lucu saat ia berusaha memasak ikan dan memakannya. Silakan menonton videonya bila ingin menemukan bagian lucu ini.

Sobat Marbel tentu tahu bahwa matahari adalah sumber dari segala kehidupan. Untuk semakin memahani manfaat sinar matahari, Sobat Marbel bisa bernyanyi lagu di bawah ini!

Walaupun terkesan tengil, tapi ia memiliki karakter yang sangat humoris. Sobat Marbel akan diajak untuk tertawa terbahak-bahak melalui setiap adegan lucu yang ia lakukan dan kata-kata yang ia ucapkan.

Dongeng tentang kisah Trex ini hanya berdurasi selama 6 menit. Namun, dongeng ini sangatlah padat dan tidak membosankan. Anak-anak akan banyak belajar hal-hal menarik yang memuat nilai karakter dan ilmu pengetahuan. Dongeng ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah, sehingga guru masih memiliki banyak waktu untuk mengajak siswa berdiskusi atau melakukan tanya jawab tentang video dongeng ini. 

Dongeng berjudul “Trex Kecil yang Malang” bisa ditonton di kanal YouTube dan aplikasi kumpulan Dongeng bernama RIRI, Cerita Anak Interaktif. Sobat Marbel juga bisa menikmati dongeng RIRI di platform di bawah ini:

Animasi, efek suara, musik latar, dan pengisi suara dari tiap karakter disajikan dengan semakin menarik dan kualitas yang lebih baik. Semoga Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio semakin bersemangat dalam menciptakan konten-konten edukasi yang semakin bervariasi dan semakin keren ya, Sobat Marbel. Semoga konten-konten dari Educa Studio bermanfaat buat Sobat Marbel!

Sobat Marbel ingin jadi konten kreator hebat? Yuk belajar bersama Kelas Kreator Gamelab.id.


Sumber Referensi:

1. Miracle-recreation.com. (2022). Importance of imagination in child development [1]

2. Marples, Megan. (2021). Dinosaur psychology children wellness scn [2]

3. Weather.gov. (2022). Lightning safety awareness week [3]

4. Freepik.com. (2021). Child having fun during playtime [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.