Top

5 Aktivitas Seru dan Menyenangkan untuk Tingkatkan IQ Anak

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

09 Feb 2023

  |  

Edukasi

Hai, Sobat Marbel! Sobat Marbel tentu ingin tumbuh menjadi anak yang cerdas atau memiliki IQ yang tinggi. Ternyata, IQ bisa dikembangkan dengan aneka aktivitas yang positif, edukatif, dan menyenangkan. Dilansir dari Healthline.com, Eleesha Lockett, MS mengatakan:

“Cara terbaik untuk melatih area otak Anda ini adalah dengan terlibat dalam aktivitas dan permainan yang mencerdaskan, mempelajari keterampilan baru, dan menjaga otak Anda agar tetap aktif.”

Aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan? Yuk, kita simak bersama!

1. Melakukan Aktivitas Permainan Memori (Memory Games)

Permainan memori memang sengaja diciptakan untuk mengembangkan keterampilan memori atau mengingat sesuatu. Namun, sebenarnya permainan ini juga bisa meningkatkan keterampilan berbahasa dan berpikir kritis. Beberapa permainan memori yang bisa kamu mainkan adalah:

  • Mencari Perbedaan Gambar
    Permainan ini bertujuan untuk mencari perbedaan dua gambar yang nampak serupa. Bagian gambar yang berbeda harus kamu beri tanda silang atau lingkaran.
  • Puzzle
    Di dalam permainan ini kamu harus menyusun potongan-potongan gambar menjadi gambar yang sempurna. Di era digital, permainan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi gim berjudul Marbel Puzzle.
  • Kalimat Berantai
    Permainan ini harus kamu lakukan bersama dengan satu atau dua orang teman. Ucapkanlah satu buah kalimat kemudian mintalah temanmu untuk melanjutkan dengan membuat satu buah kalimat yang berhubungan dan menjadi sebuah cerita yang menarik.
  • Mencari Pasangan Kartu
    Kamu membutuhkan tiga pasang kartu yang bergambar sama untuk melakukan permainan ini, misalnya 2 gambar bentuk persegi, 2 gambar bentuk segitiga, dan 2 gambar bentuk bintang. Tutuplah semua kartu dengan membuat formasi yang rapi. Lalu, bukalah satu buah kartu. Bila kartu yang terbuka bergambar persegi, maka kamu harus menemukan kartu bergambar persegi lagi. Bila gagal, kamu harus menutup kedua kartu kembali. Kamu harus mencoba dan terus mencoba, hingga semua kartu terbuka dan menemukan pasangannya.

Gim memori di bawah ini sangat baik guna mengoptimalkan perkembangan IQ kamu! Silakan klik di sini untuk mengunduhnya.

2. Bermain Musik

Dilansir dari Classicfm.com, Sian Moore menjelaskan bahwa melatih diri dengan sebuah alat musik memberi Anda IQ yang lebih tinggi. Penelitian ini adalah hasil dari sebuah studi baru terhadap lebih dari 4.600 sukarelawan. Sian Moore juga menegaskan bahwa saat mempelajari alat musik, IQ seseorang bisa mengalami peningkatan hingga 10 persen.

Sobat Marbel, cobalah untuk berlatih dan memainkan satu alat musik. Kamu tidak harus ahli dalam memainkan atau alat musik. Saat kamu mau belajar untuk memainkan satu alat musik dengan tekun, secara tidak sadar kamu telah berlatih untuk mengembangkan IQ kamu.

Selain bermain alat musik, Sobat Marbel juga bisa belajar menyanyikan lagu kesukaanmu. Nyanyikanlah lagu kesukaanmu secara berulang-ulang hingga kamu menguasainya, karena kebiasaan ini akan lebih efektif untuk meningkatkan IQ kamu.

Lagu-lagu edukasi bisa menjadi pilihanmu. Yuk, pelajari dan nyanyikan!

3. Mempelajari Bahasa Baru

Luz Palmero menjelaskan bahwa mempelajari sebuah bahasa baru dapat membantu seseorang dalam mengabaikan gangguan, sehingga dapat tetap fokus, terampil dalam mengalihkan perhatian secara sadar dari satu hal ke hal yang lain, dan mengingat informasi. Mempelajari bahasa lain adalah salah satu cara paling efektif dan praktis untuk meningkatkan kecerdasan, menjaga ketajaman pikiran, dan melindungi otak dari penuaan.

Sobat Marbel, silakan mencoba untuk mempelajari suatu bahasa yang baru. Pasti juga akan bermanfaat buat masa depanmu, terutama agar bisa berelasi dengan lebih banyak orang dari dalam dan luar negeri.

Permainan di bawah ini juga bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris Sobat Marbel.

4. Melakukan Kegiatan yang Menggerakkan Badan

Sebuah esai yang ditulis pada tahun 2010 oleh peneliti Columbia, Charles Basch, memaparkan tentang bagaimana olahraga membantu menjaga aliran darah yang optimal ke seluruh tubuh. Aktivitas fisik tidak hanya mengalirkan oksigen menuju otak dalam jumlah yang cukup guna memberikan manfaat yang optimal, tetapi juga mendorong pertumbuhan sel otak.

Sobat Marbel bisa melakukan aktivitas menari, berjalan, melompat, bersepeda, melakukan permainan, skipping, dan lainnya. Pastikan aktivitas fisik yang kamu lakukan bervariasi. Selain untuk mencegah kebosanan atau mengurasngi tingkat stres, variasi aktivitas fisik juga membuat otak berkembang dengan lebih optimal.

5. Membuat Karya Art and Craft

Sebuah situs pendidikan, Classover.com, mengungkapkan bahwa seni dan kerajinan tangan benar-benar membantu anak-anak dalam hal kemampuan berkonsentrasi, keterampilan berpikir, pembelajaran visual, dan masih banyak lagi, yang mampu meningkatkan nilai IQ.

Beberapa aktivitas seni dan kerajinan tangan yang bisa dikerjakan oleh Sobat Marbel antara lain adalah mewarnai gambar, membuat karya kolase, menggambar, melukis, membuat produk seni tembikar, membuat produk tenunan, dan lainnya.

Sobat Marbel bisa menemukan aneka kerajinan tangan yang bisa kamu pelajari di platform DuniaBelajarAnak.id

Sebenarnya, masih ada banyak aktivitas yang mampu mengembangkan IQ kamu. Di era digital seperti sekarang, gawai bisa menjadi sarana untuk mengembangkan IQ. Namun, bila aktivitas tersebut tidak melibatkan aktivitas fisik (menggerakkan badan) dan aktivitas sosial, tentu saja penggunaan perangkat teknologi justru bisa menjadi bumerang buat kamu. Tetaplah melakukan variasi kegiatan dan jangan lupa untuk melakukan aktivitas bersama teman sebaya serta bersama keluarga. Semangat belajar Sobat Marbel!

Sobat Marbel, apakah kamu tertarik belajar agar bisa menjadi content creator hebat? Silakan bergabung dengan kelas kreator di Gamelab.id.


Sumber Referensi:

  1. Classover.com. (2021). Importance of art and craft [1]
  2. Kilka, B. (2016). Why active kids are smarter kids [2]
  3. Classicfm.com. (2021). Learning musical instrument increases iq 10 percent [3]
  4. Indiatoday.in. (2021). How music can benefit you in improving your iq [4]
  5. Eleesha Lockett, MS. (2022). How to increase iq [5]
  6. Palmero, L. (2022). Learning a new language helps brain development [6]
  7. Freepik.com. (2022). Kid observing studying educational globe model classroom [7]
  8. Freepik.com. (2022). Free photo boy playing with plastic blocks in library room school [8] 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.