Top

9 Nilai Paling Penting untuk Diajarkan ke Anak Di Era Modern

21 Januari 2023

Sopan santun adalah salah satu karakter yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Dengan karakter ini anak-anak akan lebih terampil dalam bersosialisasi dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama. Dilansir dari Parents.com, David Lowry berpendapat:

“Terkadang anak-anak tidak menyadari bahwa mereka melakukan suatu perilaku yang tidak sopan, misalnya menyela pembicaraan, mengupil, atau mengamati penampilan orang asing secara berlebihan. Padahal mereka hanya perlu diingatkan atau bantuan untuk mengelola perasaan mereka."

Bagaimana mengajarkan sopan santun kepada si kecil? Inilah beberapa sikap santun yang perlu diajarkan kepada si kecil sejak usia dini.

1. Menjadi Teladan yang Baik

Ayah dan Bunda perlu membiasakan diri agar bersikap sopan kepada semua orang, apalagi kepada orang yang berusia lebih tua. Apa yang Anda lakukan dan Anda katakan dalam hidup sehari-hari akan dilihat dan didengar oleh si kecil, dan ia akan mencontohnya. Dengan bertutur kata dan berperilaku yang baik, Anda telah mengajarkan banyak hal kepadanya.

Baca juga:

1. Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua agar Makin Hebat dalam Mengasuh Anak

2. Tips Menghindari "Toxic Parenting"

2. Menghormati Orang yang Lebih Tua

Cara menghormati orang yang lebih tua yang perlu diajarkan kepada si kecil adalah:

  • Berbicara dengan nada suara yang baik dan kata-kata yang sopan
  • Menyapa, menundukkan kepala, atau tersenyum saat bertemu dengan orang yang lebih tua.
  • Berpamitan saat hendak bepergian.

Selain sikap hormat kepada orang yang lebih tua, si kecil juga perlu belajar tentang aneka kebiasaan baik lainnya. Ajak si kecil belajar aneka kebiasaan baik dengan bermain yuk! Salah satunya adalah gim yang diciptakan oleh Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio yang berjudul "Marbel Kebiasaan Baik".

3. Mengucapkan Kata Maaf saat Berbuat Salah

Tanamkan di dalam hati si kecil bahwa mengucapkan kata maaf bukanlah suatu kelemahan, tapi suatu kerendahan hati karena mau mengakui kesalahan dan kebesaran hati untuk mau memperbaiki diri. Ayah dan Bunda juga perlu mengucapkan kata "maaf" kepada si kecil, saat Anda berbuat salah kepadanya. Hal ini akan menjadi contoh yang sangat baik.

Kata "Maaf" adalah salah satu dari "Tiga Kata Ajaib" yang perlu diingat si kecil dalam pergaulan, agar ia memiliki semakin banyak teman dan memiliki hubungan yang baik dalam pertemanan. "Tiga Kata Ajaib" ada lagunya loh... .

4. Ringan Tangan dalam Memberi Bantuan

Agar si kecil terbiasa untuk membantu sesama yang membutuhkan, Ayah dan Bunda bisa membiasakan si kecil untuk:

  • Membantu Ayah mencuci mobil
  • Membantu ibu merapikan pakaian
  • Mengajak si kecil untuk berkegiatan sosial

"Buaya Kecil yang Baik Hati" adalah salah satu dongeng fabel yang mengajarkan tentang pentingnya sikap suka menolong. Ajak si kecil menonton dongeng seru ini yuk! Kalau mau mengajak si kecil mendengarkan versi podcast-nya, silakan klik versi podcast dongeng "Buaya Kecil yang Baik Hati".

5. Mengucapkan Kata 'Tolong' dan 'Terima Kasih'

Agar si kecil terbiasa mengucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih, Ayah dan Bunda perlu memberikan teladan dalam kehidupan sehari-hari. Saat meminta pertolongan kepada si kecil jangan lupa untuk mengucapkan kata 'tolong'. Sedangkan saat menerima bantuan dari si kecil, biasakan untuk mengucapkan kata 'terima kasih'.

6. Menyapa atau Memanggil dengan Santun

Ayah dan Bunda disarankan agar memanggil si kecil dengan nama panggilannya. Hindarilah memanggil si kecil dengan sebutan 'kamu'. Penggunaan kata 'saya' akan terdengar lebih sopan daripada kata 'aku' saat menunjuk pada diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat si kecil terbiasa menyapa atau memanggil seseorang dengan santun.

7. Berikan Pujian dan Nasihat dengan Baik serta Bijaksana

Saat si kecil melakukan suatu kebaikan atau mengalami perkembangan yang baik pada perilakunya, Ayah dan Bunda bisa memberikan pujian yang tulus. Apresiasi dalam bentuk pujian sangatlah penting, agar si kecil tidak merasa selalu dipersalahkan. Namun, saat anak melakukan kesalahan, berikanlah nasehat dengan kata-kata yang baik dan nada bicara yang lembut.

Memberikan nasihat kepada si kecil dapat juga melalui media dongeng loh... . Ada koleksi buku dongeng yang bisa Ayah dan Bunda dalam bentuk e-book. Harganya sangat terjangkau!

8. Membangun Komunikasi yang Beretika

Aktif berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan sang buah hati adalah hal yang penting. Kebiasaan ini bisa mengembangkan pribadi anak agar peduli kepada sesama, serta menjauhkannya dari sikap terlalu cuek dan mementingkan diri sendiri.

Ayah dan bunda perlu menjalin komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan menggunakan nada bicara yang lembut. Pembiasaan ini bermanfaat agar sekecil terbiasa berbicara dengan sopan dan terhindar dari kebiasaan menggunakan kata-kata yang kasar serta tidak pantas.

9. Mengajarkan 'Table Manner'

'Table Manner' ialah tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. Beberapa hal penting tentang 'table manner' yang perlu diajarkan kepada si kecil adalah:

  • Mengajarkan kebiasaan berbicara pada saat mulut tidak penuh dengan makanan.
  • Duduk di kursi dengan sikap duduk yang baik.
  • Menutup mulut atau menghindari membuat suara saat bersendawa.
  • Mengunyah dengan mulut tertutup.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Menawarkan makanan kepada orang lain dalam satu meja atau mengucapkan selamat makan saat hendak menyantap makanan yang tersedia.

Meskipun teknologi berkembang begitu pesat dan budaya luar bisa masuk dengan bebasnya, Ayah dan Bunda perlu membangun nilai-nilai sopan santun di atas agar si kecil memiliki perilaku yang baik dan mudah diterima oleh siapa pun. Hal ini tentunya juga akan membantunya dalam berelasi, terutama saat ia masuk di dunia kerja. Semoga tips di atas bermanfaat dalam mengembangkan nilai sopan santun dalam diri sang buah hati!


Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek ini, Educa Studio hendak berbagi angpao bagi pengguna aplikasi "Marbel Pelajaran TK dan PAUD". Angpao yang diberikan oleh Educa Studio berupa voucher senilai Rp 15.000 dan Rp 100.000. Bagaimana cara mendapatkannya? Silakan dibaca syarat dan ketentuannya dengan mengklik gambar di bawah ini.


Sumber Referensi:

1. Vanbuskirk, S. (2022). Ways to teach kids old fashioned manners in todays world [1]

2. Lowry, D. (2022). 25 manners kids should know [2]

3. Freepik.com. (2022). Happy asian tender son hugging mother mother s day [3]

4. Freepik.com. (2022). Asin family enjoy eating breakfast [4]

Author :Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.