Top

9 Tips Penting Agar Siswa Terhindar Jadi Korban Bullying

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

09 Mar 2023

  |  

Edukasi

Bullying bisa terjadi di mana saja. Bullying juga bisa terjadi di sekolah. Dilansir dari Apa.org, dijelaskan bahwa bullying adalah bentuk perilaku agresif di mana seseorang dengan sengaja dan berulang kali menyebabkan cedera atau ketidaknyamanan orang lain. Bullying dapat berupa kontak fisik, kata-kata, atau tindakan yang lebih halus.

Sobat Marbel, ada beberapa tips sederhana untuk menghindari kasus bullying bisa terjadi kepada kamu, terutama saat kamu berada di sekolah. Apa yang bisa kamu lakukan?

1. Menjadi Pribadi yang Suka Berpikir Positif

Berpikir positif membantu kamu agar semakin mampu mengelola stres, tidak mudah berpikiran buruk, serta mampu mengelola rasa cemas, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kamu akan lebih terlihat bersemangat dan bahagia.

Dengan terlihat selalu bersemangat dan bahagia, orang lain juga akan memandang kamu lebih positif. Kamu akan lebih dihargai oleh teman-temanmu.

2. Menjaga Penampilan

Penampilan yang baik dan rapi akan membuat teman-temanmu lebih menghormatimu. Kamu juga akan lebih terlihat "pede". Penampilan yang baik dan dilengkapi dengan sikap yang baik serta ramah, akan membuat orang lain lebih segan kepadamu.

3. Bersikap Baik dengan Semua Orang dan Perluas Pergaulan

Jangan sungkan untuk meminta maaf saat kamu berbuat salah. Berikan senyuman atau salam saat bertemu dengan kawan-kawan. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih saat menerima kebaikan. Perluas pergaulan dan jangan pilih-pilih teman.

Orang yang berkeinginan untuk mem-bully kamu pasti akan berpikir dua kali, bila ia tahu kamu punya banyak relasi. Lawan pun akan menjadi kawan saat kamu mau bersikap hormat dan mengasihi.

4. Kembangkan Bakat dan Tingkatkan Prestasi

Giatlah berlatih agar bakat-bakatmu bisa terus berkembang. Belajarlah yang rajin agar prestasimu semakin meningkat. Semakin hebat dirimu dalam mengembangkan (paling tidak) salah satu bakatmu, rasa percaya diri serta rasa bangga pada dirimu juga akan berkembang.

Kalau kamu selalu mendapatkan prestasi akademis yang baik, teman-temannya juga akan semakin merasa segan padamu. Kamu juga akan terpacu untuk tampil baik dan penuh semangat dalam segala situasi dan kondisi.

Kembangkan keterampilanmu dalam berbahasa Inggris di Gamelab.id. Klik di sini untuk bergabung.

5. Tumbuhkan Mental Kuat dan Kepercayaan Diri

Janganlah mudah bersikap minder atau rendah diri saat kamu diperlakukan dengan tidak baik. Jangan mudah memperlihatkan rasa takut bila kamu tidak berbuat salah. Orang yang suka mem-bully akan beranggapan bahwa ia mendapatkan target yang salah, saat kamu bisa melawan rasa takut dan tidak terlihat lemah. Karena orang yang suka mem-bully akan mendapatkan kepuasan saat korbannya merasa takut dan terlihat cemas.

6. Be Grateful, Yakinlah Bahwa Kamu Tercipta Indah

Bersyukurlah dengan keterampilan yang kamu kuasai, wajah yang kamu miliki, orang-orang tersayang yang kamu punyai, dan segala karunia Tuhan yang saat ini ada dalam diri. Yakinlah, bahwa kamu tercipta baik dan indah. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, bila itu hanya akan membuatmu rendah diri.

Bila kamu tekun berdoa dan mengucap syukur, akan terpancar suka cita dari hatimu. Suka cita dan damai dari hatimu akan mampu dirasakan orang-orang di sekitarmu. Kamu akan menjadi pribadi yang asyik dan menyenangkan untuk dijadikan teman.

Yuk bernyanyi lagu berjudul "Ciptaan Tuhan". Lagu ini akan membuat kita semakin mampu bersyukur.

7. Kendalikan Emosi dan Jangan Mudah Terpancing untuk Melawan

Pengendalian diri sangatlah penting saat kamu sedang ditindas. Keterampilan mengelola emosi sangatlah penting dalam hal ini. Bila kamu melawan secara langsung kepada orang yang mem-bully kamu, belum tentu ia mau mengalah. Apalagi kalau ia merasa punya banyak kawan.

Bila kamu ada kesempatan untuk menghindar, sebaiknya kamu cepat menghindar atau berlari menjauhinya.

8. Ubah Emosi Negatif, Menjadi Sikap Positif

Saat kamu sedang diintimidasi, tentu ada rasa kurang nyaman dalam hatimu. Kadang pula ada rasa marah atau dendam. Sobat Marbel perlu menghindari perasaan-perasaan negatif tersebut. Rasa marah, dendam, benci, dan sedih hanya akan membuang-buang waktu dan energimu. Perkembangan pribadi dan potensimu bisa terhambat oleh karena hal itu. Ubahlah perasaan-perasaan negatif dengan perilaku yang positif. Bagaimana caranya?

Jadikanlah perlakukan tidak baik seseorang terhadapmu menjadi pemicu semangatmu untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi seseorang yang lebih hebat. Cobalah melakukan refleksi diri, karakter apa yang perlu kamu perbaiki dan keterampilan apa yang perlu kamu kembangkan. Belajarlah dari Jackie Chan dan Rihanna yang dulunya pernah jadi korban bullying. Namun, mereka kini menjadi orang yang sangat sukses. Fakta mengejutkan ini dilansir dari Telisik.id.

Kembangkan karaktermu dengan banyak menonton video dongeng di kanal Youtube Riri, Cerita Anak Interaktif, yang merupakan garapan dari Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

9. Laporkan kepada Guru atau Orang Tuamu

Jangan malu atau takut untuk melaporkan peristiwa bullying yang kamu alami kepada gurumu atau orang tuamu. Guru dan orang tuamu akan siap membantu menemukan solusi terbaik. Semakin cepat suatu peristiwa bullying bisa diselesaikan dengan baik, maka hal ini juga akan mencegah terjadinya tindakan bullying lainnya di sekolahmu.

Sobat Marbel, dengan menjadi pribadi yang baik, bisa membawa diri, percaya diri, dan bisa menjadi teman bagi siapa pun, kamu pasti akan lebih dihargai, disayangi, dan dihormati di mana pun kamu berada. Pandai-pandailah membawa diri dan jangan mudah merasa rendah diri. Yakinlah bahwa kamu berharga dan istimewa. Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu akan terhindar dari perundungan. Semangat dan suka cita selalu, Sobat Marbel!

Tingkatkan rasa percaya dirimu dengan mengoptimalkan potensi di bidang informasi teknologi. Yuk klik di sini untuk bergabung bersama Kelas Kreator Gamelab.id


Sumber Referensi:

     1. Apa.org. (2020). Bullying [1]

     2. Telisik.id. (2022). Deretan orang korban bully tapi sukses nomor 3 paling kaya di dunia [2]

     3. Freepik.com. (2022). Little cute boy enjoying raising hands with [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.